Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Segiempat melalui Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Brain Based Learning
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Brain-Based Learning (BBL) guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi bangun datar segiempat. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang mencakup tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Uji validitas menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan layak digunakan, dengan skor rata-rata 87,5% dan 86,29% dari validator ahli materi dan pendidikan. Uji praktikalitas menunjukkan bahwa LKS sangat praktis dan mudah digunakan oleh siswa serta relevan dengan tujuan pembelajaran. Uji efektivitas menggunakan uji t menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan LKS berbasis BBL. Penelitian ini menambah wawasan dalam penggunaan bahan ajar berbasis Brain-Based Learning dan memberikan rekomendasi untuk penelitian lebih lanjut guna memperluas implementasi LKS di berbagai materi dan jenjang pendidikan.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, A., & Munawwaroh, F. (2024). Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Educatio, 10(1), 155–162. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6313
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer US. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Deswani. (2011). Proses Keperawatan dan Berpikir Kritis. Salemba Medika.
Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa SMP Berdasarkan Teori Belajar Ausubel. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182–192. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644 Copyright
Indartiningsih, D., Nursalim, M., & Rahmasari, D. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dengan Brain Based Learning: Systematic Literature Review. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(2), 183–198. https://doi.org/10.36526/tr.v7i2.3243
Jensen, E. R. (2008). Brain-Based Learning: The New Paradigm of Teaching.
Khotimah, K. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Brain Based Learning pada Materi Peluang SIswa Kelas IX. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika (JP2M), 3(2), 183–191.
Majid, A. (2012). Perencanaan pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Maulidia, M., Zaura, B., & Annisa, D. (2024). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Discovery Learning di SMP Negeri 9 Banda Aceh. Jurnal Peluang, 12(1), 59–66. https://doi.org/10.24815/jp.v12i1.34392
Prastowo, A. (2014). Pengembangan bahan ajar tematik. Kencana Prenadamedia Group.
Prihatin, J., Siswati, B. H., Suratno, S., Hariyadi, S., Wahono, B., & Febrianti, I. (2024). Pengembangan Buku Ajar Digital Berbasis Brain-Based Learning pada Materi Sistem Pencernaan Dilengkapi Media Story Picture Serta Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 5(1), 1-11.
Putri, A. A., & Savitri, E. N. (2023). Keefektifan Model Brain Based Learning Melalui Hands on Activity untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Efficacy. In Proceeding Seminar Nasional IPA, 698–704.
Rahayu, N. F., Hadi, W. P., Wahyuni, E. A., Sutarja, M. C., & Hartinigsih, T. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Model Pembelajaran Brain Based Learning Berbantuan Brain Gym. Jurnal Natural Science Educational Research, 6(3), 102–114.
Rahmayani, V., Yuniati, S., Kurniati, A., & Rahmi, D. (2023). Pendekatan Brain Based Learning dalam Bentuk Pengembangan Lembar Kerja Siswa untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Matematis. Journal For Reasearch In Mathematics Learning, 6(4), 351–360. https://doi.org/10.24014/juring.v6i4.24710
Risantia, G., & Zetriuslita. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Brain Based Learning (BBL) Menggunakan Pemainan Teka-Teki Silang pada Materi Pola Bilangan di Kelas VIII SMPN 6 Siak Hulu. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 810–819. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1872 810
Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang, 605–612.
Syarifudin, A., Dhewy, R. C., Nurmala, E., & Agustina, S. (2021). Pengaruh Model Brain Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Segi Empat. JEDMA: Jurnal Edukasi Matematika, 1(2), 1–7.
Tiruneh, D. T., & Cock, M. De. (2018). Designing Learning Environments for Critical Thinking: Examining Effective Instructional Approaches. Int J of Sci and Math Educ, 16, 1065–1089. https://doi.org/10.1007/s10763-017-9829-z
Ulfa, F. K. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis dan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Brain-Based Learning. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 106. https://doi.org/10.33474/jpm.v6i2.5537
Widodo, H. (2019). Pendekatan Brain Based Learning sebagai Basis Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam, 8(1). https://doi.org/10.47736/tajdidukasi.v8i1.307
Yarti, J. A., & Hasanuddin, H. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran BBL (Brain Based Learning) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Self Efficacy Siswa SMK. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(1), 031. https://doi.org/10.24014/juring.v3i1.8966
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i3.22635
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: