Pengaruh Kedisiplinan dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 IV Koto Tahun Pelajaran 2022/2023
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kedisiplinan dan kemandirian siswa kelas VIII SMPN 1 IV Koto tahun pelajaran 2022/2023 dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan penelitian korelasional dengan metode kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 26 siswa kelas VIII SMPN 1 IV Koto. Angket kedisiplinan dan kemandirian digunakan sebagai instrumen selain soal tes matematika untuk mengumpulkan data. Data dianalisis dengan menggunakan uji regresi parsial dan berganda. Hasil yang diperoleh dari persamaan regresi kedisiplinaan belajar terhadap hasil belajar adalah , dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,480 yang menunjukkan hubungan sedang dan koefisien determinan KD = 23,06%. Uji signifikan diperoleh . Selanjutnya persamaan regresi kemandirian belajar terhadap hasil belajar adalah dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,432 yang menunjukkan hubungan sedang dan koefisien determinan KD = 18,63%. Uji signifikan diperoleh . Dan persamaan regresi berganda yang diperoleh adalah dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,554 yang menunjukkan hubungan sedang dan koefisien determinan KD = 30,68%. Uji signifikan diperoleh . Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika, ada pengaruh signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika, dan ada pengaruh kedisiplinan dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika.
Full Text:
PDFReferences
Agustin, N. (2021). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa. In Antologi Esai: Pengenalan Lapangan Persekolahan I Mahasiswa PLP I PGSD, FKIP, UAD. Yogyakarta: UAD Press.
Al Hifnawi, M. I. (2007). Tafsir Al-Qurthubi Juz ’Amma. Jakarta: Pustaka Azzam.
Amral. (2020). Penerapan Everyone Is A Teacher Here (EHT) melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bogor: Guepedia.
Ananda, R., & Zebar, A. (2021). Pendidikan Karakter (Implementasi Wahdatul Ulum dalam Pembelajaran). Medan: Pusdikra Mitra Jaya.
Ariananda, E. S., Hasan, S., & Rakhman, M. (2014). Pengaruh Kedisiplinan Siswa di Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa Teknik Pendingin. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 233–238.
Ayundhaningrum, Y., & Siagian, R. E. F. (2017). Pengaruh Kedisiplinan dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1), 23–32. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i1.2060
Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal on Education, 1(2), 382–389. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.78
Ekawati, S. (2016). Pengaruh Kedisiplinan dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Pedagogy, 1(2), 119–130.
Handayani, E. S., & Subakti, H. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633
Indah, R. P., & Farida, A. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 41–47. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i1.1641
Isnaini, F., & Ekhsan, M. (2018). Strategi Self-Management untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar. Sukoharjo: CV. Sindunata.
Isnaniah. (2017). Peningkatan Kreativitas dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Perkuliahan Media Pembelajaran Matematika. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 83–91. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3549
Kristin, F., & Fransiska, F. K. S. (2019). Pengaruh Kedisiplinan Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Konsep Dasar IPS. JPIS: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 31–37. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.17810
Mulyawati, Y., Sumardi, & Elvira, S. (2019). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 01–14. https://doi.org/10.33751/pedagog.v3i1.980
Musbikin, I. (2021). Pendidikan Karakter Disiplin. Bandung: Nusa Media.
Pratiwi, D., Nurrahmah, A., & Marliani, N. (2021). Pengaruh Kedisiplinan Belajar terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 341–348. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish.
Sekretaris Negara Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Siagian, H., Pangaribuan, J. J., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1363–1369. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.528
Siregar, R. S., Kato, I., Sari, I. N., Subakti, H., Halim, N. M., Sakirman, … Salim, N. A. (2021). Dasar-dasar Pendidikan. Medan: Kita Menulis.
Sobri, M. (2020). Kontribusi Kemandirian dan Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar. Bogor: Guepedia.
Sobri, M., & Moerdiyanto. (2014). Pengaruh Kedisiplinan dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya. Jurnal Harmoni Sosial, 1(1), 43–56. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i1.2427
Wirantasa, U. (2017). Pengaruh Kedisiplinan Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 83–95. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1272
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i2.22330
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: