Etnomatematika Budaya Melayu Riau: Bentuk Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Materi Segitiga dan Segiempat

Sonia Ramadanita, Suci Yuniati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Etnomatematika Budaya Melayu Riau Pada Materi Segitiga dan Segiempat yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan Model Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri 2 Inhil. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis etnomatematika pada materi segitiga dan segiempat. Instrumen pengumpulan data berupa Angket dan Tes hasil belajar Siswa. Untuk mengetahui kelayakan produk peneliti menyebar angket kepada ahli materi dan ahli teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas, LKS berbasis etnomatematika dinyatakan sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 90,75%. Hasil uji praktikalitas kelompok kecil dengan jumlah responden 16 siswa diperoleh bahwa LKS berbasis etnomatematika dinyatakan sangat praktis dengan persentse tingkat kepraktisan 86,2%. Berdasarkan hasil post-test diperoleh nilai π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” sebesar 11,72 dan nilai π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ pada taraf signifikan

5% sebesar 2,04 maka π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” > π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ atau 11,72 > 2,04, sehingga π»π‘Ž diterima dan π»π‘œ ditolak. Artinya terdapat perbedaan kemampuan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS matematika berbasis etnomatematika yang telah dikembangkan ini memiliki dampak terhadap hasil belajar siswa pada materi segitiga dan segiempat. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan telah Valid, Praktis dan Efektif.


Full Text:

PDF

References


Astuti, P., Hartono, Y., Bunayati, H., & Indaryanti, I. (2017). Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Pemodelan Matematika untuk Melatih Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 61–78. https://doi.org/10.22342/jpm.11.2.4613.61-78

Disnawati, H., & Nahak, S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Etnomatematika Tenun Timor pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Elemen, 5(1), 64. https://doi.org/10.29408/jel.v5i1.1022

Hasanuddin, H. (2017). Etnomatematika Melayu: Pertautan Antara Matematika Dan Budaya Pada Masyarakat Melayu Riau. Sosial Budaya, 14(2), 136. https://doi.org/10.24014/sb.v14i2.4429

Mawaddah, S. (2017). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis dengan Pendekatan Etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia dengan Tema β€œMembangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif,” 501–511.

Nuh, Z. M., & Dardiri. (2016). Etnomatematika Dalam Sistem Pembilangan Pada Masyarakat Melayu Riau. Kutubkhanah: Jurnal Penelitian sosial keagamaan, 19(2), 220–238.

Paridatunapisah, D., Purwaningsih, D., & Ardani, A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII MTs Nurul Huda Pangebatan. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1). Diambil dari

https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/1056

Rewatus, A., Leton, S. I., Fernandez, A. J., & Suciati, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 645–656. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.276

Suraji, S., Zulkarnain, Z., & Saragih, S. (2020). Application of Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) Learning Models Based on Riau Malay Culture on the Ability to Use Mathematical Problems of Junior High School Students. Journal of Educational Sciences, 4(3), 643–656. https://doi.org/10.31258/jes.4.3.p.643-656

Tamara, K. J., Astuti, R., & Saputro, M. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Etnomatematika pada Rumah Tradisional Melayu Bermuatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Juwara Jurnal Wawasan Dan Aksara, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.58740/juwara.v1i1.5

Wahyuni, A., Aji, A., Tias, W., & Sani, B. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa: Penguatan Peran Matematika dan Pendidikan Matematika untuk Indonesia yang Lebih Baik, (1), 111–118.

Wati, D. K., Saragih, S., & Murni, A. (2022). Kevalidan dan Kepraktisan Bahan Ajar Matematika Berbantuan FlipHtml5 untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP/MTs pada Materi Koordinat Kartesius. JURING (Journal for Research in Mathematics

Learning), 5(3), 177–188. https://doi.org/10.24014/juring.v5i3.17424

Yuberti, Y. (2014). β€œPenelitian Dan Pengembangan” Yang Belum Diminati Dan Perspektifnya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 3(2), 1–15. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v3i2.69




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i1.21858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Β 

Indexed by:

Β  Β  Β 

Β 

View My Stats

Β 

Flag Counter