Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP
Abstract
Penelitian ini berupaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP kelas VII dalam materi penyajian data dengan mengimplementasikan PBL. Siswa kelas 7B SMP Negeri 3 Banguntapan tahun pelajaran 2021–2022 diambil sebagai subyek penelitian. Penelitian ini mengkaji pada langkah perencanaan dari model ADDIE. Data yang dikumpukan dilakukan dengan dua alat yaitu tes dan pedoman observasi. Untuk mendapatkan informasi hasil belajar dilakukan tes sedangkan bagaimana setiap kegiatan pembelajaran melalui observasi. Skor rata-rata 69 diperoleh dari data hasil belajar untuk materi yang digunakan pada pra siklus, dengan hasil tes ketuntasan sebesar 56,25%. Di Siklus pertama, skor rata-rata adalah 72 dari 100, dan hanya 68,75% yang tuntas. Pada Siklus kedua, skor rata-rata adalah 75,25 dari 100, dan 81,25% yang tuntas. Artinya skor meningkat 12,5% dari awal hingga Siklus pertama, lalu meningkat lagi 12,5% dari Siklus pertama ke Siklus kedua. Siklus II, 91,67% siswa lebih aktif dari pada Siklus I, dan 90,59% guru lebih aktif dari pada Siklus I. Artinya model pembelajaran PBL dapat membantu siswa menjadi lebih baik hasil belajaranya pada materi penyajian data.
Full Text:
PDFReferences
Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 2(2), 123–133. doi: 10.32507/attadib.v2i2.414
Dewantara, A. H., B, A., & Harnida, H. (2021). Kreativitas Guru dalam Memanfaatkan Media Berbasis IT ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Al-Gurfah: Journal of Primary Education, 1(1), 15–28.
Febriyanti, E., Kusmarni, Y., & Ma’mur, T. (2021). Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Digital pada Pembelajaran Sejarah Daring (Studi Deskriptif Terhadap Guru Sejarah SMA Di Kota Bandung). FACTUM: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 10(2), 147–154.
Fitriani, N., Hidayah, I. S., & Nurfauziah, P. (2021). Live Worksheet Realistic Mathematics Education Berbantuan Geogebra: Meningkatkan Abstraksi Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 37–50. doi: 10.33603/jnpm.v5i1.4526
Goldschmidt, K. (2020). The COVID-19 Pandemic: Technology use to Support the Wellbeing of Children. Journal of Pediatric Nursing, 53, 88–90. doi: 10.1016/j.pedn.2020.04.013
Harefa, D. (2020). Peningkatan Strategi Hasil Belajar IPA Fisika pada Proses Pembelajaran Team Gateway. Jurnal: Ilmiah Aquinas, 3(2), 161–186.
Hidayat, R. A., Roesminingsih, R., & Suprijono, A. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Menggunakan Garismatika dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Basicedu, 6(5), 7913–7922. doi: 10.31004/basicedu.v6i5.3661
Husnidar, H., & Hayati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 67–72. doi: 10.51179/asimetris.v2i2.811
Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat, 2(1). doi: 10.26877/jipmat.v2i1.1480
Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199. doi: 10.5281/zenodo.3892262
Kemendikbud. (2016). Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah.
Laili, A. N., Faizah, A. S. N., Amanah, N., & Pratiwi, E. Y. R. (2022). Analisis Efek Pemberian Reward dan Ice Breaker Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III SDN Kaliwungu 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1213–1215. doi: 10.31004/jpdk.v4i3.4755
Martias, L. D. (2021). Statistika Deskriptif sebagai Kumpulan Informasi. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 16(1), 40–59. doi: 10.14421/fhrs.2021.161.40-59
Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Pola Bilangan di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74. doi: 10.31980/mosharafa.v7i1.342
Maskur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186. doi: 10.24042/ajpm.v8i2.2014
Miranti, K., Rusyadi, A., & Fahmi. (2022). Melatih Keterampilan Psikomotorik Siswa melalui Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS). Journal of Banua Science Education, 2(2), 93–98. doi: https://doi.org/10.20527/jbse.v2i2.106
Mulyani, S. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Masa Pandemi Covid 19. Navigation Physics : Journal of Physics Education, 2(2), 84–89. doi: 10.30998/npjpe.v2i2.489
Murdiana, M., Jumri, R., & Damara, B. E. P. (2020). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 152–160. doi: 10.33369/jpmr.v5i2.11450
Nasaruddin, N. (2015). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 21–30. doi: 10.24256/jpmipa.v3i2.232
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 8–18. doi: 10.24853/fbc.2.2.8-18
Nugroho, W. (2021). Pendekatan Problem Based Learning Model Diskusi Kelompok Berbantuan Video YouTube untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Statistika. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(2), 211–226. doi: 10.21043/jmtk.v4i2.12259
Nuraeni, A., Rosita, T., & Novianti, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Team Assisted Individualization (TAI), Student Team Achievement Division (STAD) dan Percaya Diri Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V di SDN Gugus I Kecamatan Cilincing. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 1273–1289.
Nurbaiti, S. I., Irawati, R., & Panjaitan, R. L. (2016). Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 1001–1010. doi: 10.17509/jpi.v1i1.3015
Nurhayati, S. (2022). Problem Based Learning dengan Aplikasi Screencast-O-Matic dan Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3078–3084.
Permatasari, K. T., Apriyani, E., & Fitriyana, Z. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berupa Alat Peraga Jam Sudut. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 9(2), 83–88. doi: 10.21831/jpms.v9i2.25823
Rahayu, R. M., & Bernard, M. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMK melalui Pendekatan Problem-Based Learning. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 567–578. doi: 10.22460/jpmi.v5i2.10235
Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Resiliensi Matematis Siswa SMP. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 187–202. doi: 10.25157/teorema.v5i2.3619
Rahmawati, R., Heleni, S., & Armis, A. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-B SMP PGRI Pekanbaru Tahun Pelajaran 2019/2020. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(4), 375–384. doi: 10.24014/juring.v3i4.10218
Rani, A. R. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Tinggi dengan Menerapkan Model Problem Based Learning. Journal on Teacher Education, 3(2), 213–221. doi: 10.31004/jote.v3i2.3608
Rezkia, M., & Rivilla, S. R. (2017). Kreativitas Guru Matematika Kelas VIII dalam Pembelajaran Matematika di MTsN Model Martapura. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 81–94. doi: 10.18592/jpm.v2i1.1169
Septian, A., & Ramadhanty, C. L. (2020). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 4(1), 56–63. doi: 10.30738/wa.v4i1.7782
Simbolon, N. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 1(2). doi: 10.24114/esjpgsd.v1i2.1323
Sopanda, L., Sari, S. K. N., & Mardiana, M. (2022). Integrasi Geogebra dan Problem-Based Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi SPLDV. Juwara Jurnal Wawasan Dan Aksara, 2(1), 25–36. doi: 10.58740/juwara.v2i1.36
Widana, I. W., & Diartiani, P. A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika. Emasains : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 10(1), 88–98. doi: 10.5281/zenodo.4657740
Winata, K. adya, & Hasanah, A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Interaksi Sosial Untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, 9(1), 22–32. doi: 10.36232/pendidikan.v9i1.639
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i2.21736
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: