Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Pua
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas VIII SMPN 3 Sungai Pua, Agam Indonesia pada pelajaran matematika. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Pua tahun pelajaran 2022/2023 yang mengalami kesulitan belajar pada pelajaran matematika dengan jumlah 58 orang. Karena pada penelitian ini jumlah subjek pada populasi kurang dari 100 orang dan dalam pengumpulan data penelitian menggunakan angket, maka untuk subjek diambil seluruhnya yaitu sebanyak 58 orang yang mengalami kesulitan belajar pada pelajaran matematika dengan perolehan hasil belajar yang belum memenuhi batas ketuntasan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, kesulitan belajar yang dialami siswa kelas VIII pada pelajaran matematika dapat disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Sebesar 66,94 % penyebab kesulitan belajar siswa pada pelajaran matematika berasal dari pengaruh faktor internal yang berkategorikan tinggi, dengan rincian 8,76 % dari aspek fisiologis dan 58,18 % dari aspek psikologis. Sebesar 33,06 % penyebab kesulitan belajar siswa pada pelajaran matematika berasal dari pengaruh faktor eksternal yang berkategorikan cukup, dengan rincian 11,13 % dari faktor keluarga, 16,41 % dari faktor sekolah, serta 5,51 % dari faktor media massa & lingkungan social. Dapat disimpulkan bahwa faktor internal memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan faktor eksternal dalam menyebabkan siswa kelas VIII SMPN 3 Sungai Pua TP.2022/2023 mengalami kesulitan belajar pada pelajaran matematika. Penelitian ini memberikan informasi yang berharga kepada guru agar lebih memperhatikan siswa yang mengalami kesulitan belajar dan bagi siswa dapat memberikan sumbangan pemikiran dalam rangka meningkatkan kualitas belajarnya.
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Ank Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Andri, A., Dores, O. J., & Lina, A. H. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa SDN 01 Nanga Kantuk. J-PiMat, 2(1), 158–167. https://dx.doi.org/10.31932/j-pimat.v2i1.688
Atiaturrahmaniah, A., Kudsiah, M., & Ulfa, E. M. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas IV SDN Sukaraja. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 268–278. https://doi.org/10.29408/didika.v7i2.4657
Bahri Djamarah, S. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dellasari, D., Imansyah, F., & Marleni, M. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan pada Siswa Kelas IV SD Negeri 53 Prabumulih. ANTHOR: Education and Learning Journal, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.31004/anthor.v1i1.1
Febrina, M., Hermansyah, B., & Marleni, M. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Jarak, Waktu dan Kecepatan pada Siswa Kelas V SDN 24 Banyuasin 1. ANTHOR: Education and Learning Journal, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.31004/anthor.v1i1.3
Imamuddin, M., Isnaniah, I., Aulia, A., Zulmuqim, Z., & Nurdin, S. (2020). Analisis Faktor Internal dan Eksternal Kesulitan Belajar Siswa Madrasah dalam Belajar Mata Pelajaran Matematika. 4(1), 16–31. http://dx.doi.org/10.22373/jppm.v4i1.7284
Iqbal, M., Aniswita, A., & Hutabarat, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IX Pada Materi Persamaan Kuadrat di SMP Negeri 3 Tualang. KOLONI, 1(4), 570–580. https://doi.org/10.31004/koloni.v1i4.371
Junita, S., Rahmi, A., & Fitri, H. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Perhatian Orangtua terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Baso Tahun Pelajaran 2018/2019. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 088–098. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i1.6879
Latifa, P., Isnaniah, I., & Elva, E. (2022). Kesulitan Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Persamaan Linear Satu Variabel di SMP N 2 Ampek Angkek. KOLONI, 1(4), 416–423. https://doi.org/10.31004/koloni.v1i4.342
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian pendidikan matematika. Refika Aditama.
Martina, M., Khodijah, N., & Syarnubi, S. (2019). Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Tulung selapan Kabupaten OKI. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(2), 164–180. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i2.3235
Novita, N., Isnaniah, I., & Joni, D. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Kelas XI-MIPA pada Materi Trigonometri di SMA N 1 Kecamatan Gunuang Omeh. 1(4), 381–392. https://doi.org/10.31004/koloni.v1i4.333
Oktavia, S., Imamuddin, M., Syafira, N., Rahmi, F., & Iqbal, M. (2022). Anlisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika di Kelas VII MTs Muhammadiyah Tanjung Ampalu. KOLONI, 1(4), 476–482. https://doi.org/10.31004/koloni.v1i4.349
Rizki, M., Murtinugraha, R. E., & Saleh, R. (2016). Faktor-Faktor Peyebab Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik: Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.21009/jpensil.v5i1.8144
Sofyan, A., Imamuddin, M., & Ramli, E. (2022). Upaya Meningkatkan MInat Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Kelas XI Pada Materi Trigonometri. KOLONI, 1(4), 306–312. https://doi.org/10.31004/koloni.v1i4.324
Subini, N. (2015). Mengatasi Kesulitan Pada Anak. Jakarta: Javalitera.
Wardani, N. (2022). The Effect of Mathematics Anxiety of Students Learning Outcomes in Class X High School. NUCLEUS, 3(2), 155–161. https://doi.org/10.37010/nuc.v3i2.992
Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24–32. https://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.852
Yuliana, E., & Nurfiani, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Handphone Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) Kelas XI di MA NW Dames Tahun pelajaran 2020/2021. Al-Amin Journal: Educational and Social Studies, 6(01), 59–68.
Zuschaiya, D., Wari, E., Agustina, Y., & Lailiyah, S. (2021). Pengaruh Kesiapan Belajar dan Kemampuan Berhitung Terhadaap Hasil Belajar Matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(3), 517–528. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.p%25p
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i1.21683
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: