Pengembangan Bahan Ajar Materi Statistika dan Peluang berbasis Predict Observe Explain

Finola Marta Putri, Khairunnisa Khairunnisa, Rahma Bella Aghnia, Ahriyati Ahriyati

Abstract


Penelitian ini merupakan metode penelitian dan pengembangan yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk bahan ajar berupa Lembar Aktivitas Mahasiswa (LAM) berbasis Predict Observe Explain (POE) untuk materi statistika dan peluang pada mata kuliah matematika sekolah II bagi mahasiswa calon guru matematika. Instrumen yang digunakan adalah non tes berupa angket. Teknik pengumpulan data berupa angket yang divalidasi oleh dosen ahli dan uji keterbacaan kepada alumni mahasiswa. Kesimpulan penelitian ini adalah bahan ajar berbasis POE materi statistika dan peluang pada mata kuliah matematika sekolah II bagi mahasiswa calon guru matematika dikembangkan menggunakan modifikasi penelitian dan pengembangan Sugiyono level 4 dengan rincian yaitu a) Potensi masalah yang terdiri dari studi literatur dan pengumpulan informasi; b) Rancangan produk; c)Validasi desain; d) Revisi desain; e) Pembuatan produk; f) Uji coba terbatas; g)Revisi produk I; h) Uji coba lapangan utama; i) Revisi produk II. Implikasi penelitian ini berdampak pada perlunya penambahan gambar yang sesuai dengan situasi masalah atau yang memotivasi mahasiswa. Rekomendasi bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan produk bahan ajar berupa LAM) berbasis POE pada materi yang berbeda seperti materi dimensi tiga serta barisan dan deret.


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Amal, A., Hindarto, N., & Rifa’i, A. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Predict, Observe, Discuss, dan Explain (PODE) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Sekolah Dasar Negeri Kompleks IKIP. Journal of Primary Education, 2(2), 84–90. https://doi.org/10.15294/jpe.v2i2.3067

Ario, M. (2017). Profil Penguasaan Materi Matematika Sekolah Mahasiswa Pendidikan Matematika Semester VI. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(3), 385–392. https://doi.org/10.24127/AJPM.V6I3.1129

Hasyim, F. (2018). Mengukur Kemampuan Berpikir Analitis dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Calon Guru Fisika STKIP Al Hikmah Surabaya. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(1), 80–89. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i1.591

Hija, A., Nirawati, R., & Prihatiningtyas, N. C. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Peluang Kelas X MIPA. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 25–33. https://doi.org/10.26737/JPMI.V1I1.79

Jamal, F. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal MAJU (Jurnal Pendidikan Matematika)1, 1(1), 18–36.

Kusumaningtyas, A. E., Ibnu, S., & Fariati. (2017). Dampak Bahan Ajar dengan Strategi POE pada Kesalahan Konsep IkatN Kimia Mahasiswa Semester I Jurusan Kimia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(3), 322–324. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V2I3.8584

Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Purnama, A., Wijaya, T. T., Dewi, S. N., & Zulfah, Z. (2020). Analisis Buku Siswa Matematika SMA dari Indonesia dan China pada Materi Peluang dan Statistik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 813–822. https://doi.org/10.31004/CENDEKIA.V4I2.305

Sarah, S., Khanif, A., & Saputra, A. T. (2021). The Effectiveness of POE (Predict-Observe-Explain) Learning Model for Improving Student Analytical Skills. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 6(1), 23–29. https://doi.org/10.26737/JIPF.V6I1.1846

Suanto, E., Armis, A., & Suhermi, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berazaskan Experiential Learning Untuk Meningkatkan Kemahiran Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1300–1310. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.365

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Sumaryanta, Priatna, N., & Sugiman. (2019). Pemetaan Hasil Ujian Nasional Matematika. Idealmathedu: Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 6(1), 543–557. https://doi.org/10.53717/IDEALMATHEDU.V6I1.38

Supriadi, A., & Ningsih, Y. L. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa pada Materi Distribusi Peluang. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 14–25. https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i2.7678

Wirodikromo, S., & Darmanto, M. (2019). Matematika untuk SMA/MA Jilid 3 Kelas XII Kelompok Wajib. Jakarta: Erlangga.

Yunus, H., & Alam, H. V. (2015). Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Jakarta: Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i1.20673

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter