Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Powtoon Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Materi Perbandingan Trigonometri

Miar Tini, Yenita Roza, Susda Heleni

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematis peserta didik dan minimnya sumber belajar matematika yang inovatif sesuai kurikulum 2013. Mengembangkan video pembelajaran berbantuan Powtoon berbasis pendekatan kontekstual untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman matematis pada materi perbandingan trigonometri kelas X merupakan tujuan dari penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Develop. Model penelitian yang digunakan adalah 4-D (Define, Design, Develop, Desseminate. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi oleh ahli dan amgket respon peserta didik. Teknik pengumpulan dara penelitian ini adalah studi literatur, studi dokumen dan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis  menggunakan skala likert. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Simpang Kanan kelas X. Ipa 1. Anggota populasi diilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata dalam populasi tersebut (simple random sampling). Berdasarkan hasil uji ahli diperoleh rerata 3,79 kategori sangat valid untuk komponen materi dan untuk komponen media diperoleh rerata 3,66 kategori sangat valid. Video pembelajaran sudah dinyatakan valid selanjutnya dilakukan uji keterbacaan yang dengan melakukan uji skala kecil dan uji skala besar. Pada uji skala kecil dilaksanakan oleh 9 peserta didik dengan total persentase keterbacaanya 84% kriteria baik. Uji skala besar melibatkan 25 siswa dengan total persentase keterbacaanya 89% kriteria baik. Kesimpulan hasil penelitian ini diperoleh video pembelajaran berbantuan Powtoon berdasarkan pendekatan kontekstual sangat valid dan keterbacaannya baik untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman matematis pada materi perbandingan trigonometri.


Full Text:

PDF

References


Agustan, S. (2016). Usage of Contextual Approach to Increase Student’s Understanding in Learning Mathematics. IOSR Journal of Mathematics (IOSR-JM), 12(6), 118–122. https://doi.org/10.9790/5728-120601118122

Anita, R. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Teks Anekdot Berbasis Animasi Pada Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan (Universitas Bandar Lampung). Universitas Bandar Lampung.

Apriadi, H. (2021). Video Animasi Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. NPM (Jurnal Nasional Pendidikan, 5(1), 173–187. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3621

Ardila, A., Marzal, J., & Siburian, J. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa dalam Memahami Materi Trigonometri Kelas X IPS. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(01), 423–444. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1064

Ariawan, R., Utami, R., Herlina, S., & Istikomah, E. (2022). Pengembangan Modul Ajar dengan Model Problem Based Learning Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 71–82. https://doi.org/10.30656/gauss.v5i1.3930

Ariyantika, D., Farida, F., & Rakhmawati, R. (2019). Pengembangan Pocket Book of Mathematic pada Siswa Berkebutuhan Khusus untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 175–183. https://doi.org/10.24127/AJPM.V8I1.1821

Brame, C. J. (2016). Effective Educational Videos: Principles and Guidelines for Maximizing Student Learning from Video Content. CBE Life Sciences Education, 15(4), es6.1-es6.6. https://doi.org/10.1187/CBE.16-03-0125

Cholid, C., Ahmadi, A., & Oktaviani, D. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Pada Siswa Kelas X Pada Materi Perbandingan Trigonometri Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 89–100. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i1.5720

Deliviana, E. (2017). Aplikasi powtoon sebagai media pembelajaran: manfaat dan problematikanya. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Ke 56 Universitas Negeri Makassar, 1–6. Makassar: Penerbit UNM.

Ekowati, C., Darwis, M., Upa, H., & Tahmir, S. (2015). The Application of Contextual Approach in Learning Mathematics to Improve Students Motivation at SMPN 1 Kupang. International Education Studied, 8(8), 81–86. https://doi.org/10.5539/ies.v8n8p81

Horizon, S., & Armiati, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Vektor untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 10(2), 62–69.

Karim, A. (2017). Analisis Pendekatan Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) di SMPN 2 Teluk Jambe Timur, Karawang. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 144–152. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1578

Mulhamah, M., & Putrawangsa, S. (2016). Penerapan pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Sriwijaya, 10(1), 58–79.

Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Purwanto, Y., & Rizki, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(1), 67–77. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.95

Rahmawati, N., & Roesdiana, L. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. Journal.Uniku.Ac.Id, 8(1), 17–32. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v8i1.5579

Sudijono, A. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Suendarti, M., & Liberna, H. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Perbandingan Trigonometri Pada Siswa SMA. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 326–339. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4917

Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 126–137. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1588

Suraji, S., & Maimunah, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. SJME (Suska Journal of Mathematics Education), 4(1), 130–139. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897

Susanti, E., Murni, A., & Anggraini, R. D. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Kelas X MIA 2 MAN 2 Model Pekanbaru melalui Penerapan Discovery Learning. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 1–11.

Suseno, P., Ismail, Y., & Ismail, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif berbasis Multimedia. Jambura: Journal of Mathematics Education, 59(2), 59–74. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7272

Wahyuni, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Index Card Match (ICM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA YLPI. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 47–51. https://doi.org/10.33654/math.v2i1.27

Widyastuti, E. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Alphamath: Journal of Mathematics Eduication, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.30595/alphamath.v1i1.208

Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. JPSI (Jurnal Pendidikan Sains Indonesia), 8(2), 269–279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i2.20165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter