Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Aplikasi Padlet pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP/MTs Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran (kelima). Bandung: Rosdakarya.
Alghozi, A. A., Salsabila, U. H., Sari, S. R., Astuti, R. T., & Sulistyowati, H. (2021). Penggunaan Platform Padlet sebagai Media Pembelajaran Daring pada Perkuliahan Teknologi Pendidikan Islam di Masa Pandemi Covid-19. ANWARUL, 1(1), 137–152. https://doi.org/10.58578/anwarul.v1i1.52
Anggraeni, E. D., & Dewi, N. R. (2021). Kajian Teori: Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 179–188.
Astuti, A., Adlina, A., Mayasari, F., Borneo, I. N. E., Ismayanty, I., & Sinaga, V. (2021). Efektivas Penggunaan Padlet pada Pembelajaran Daring. Journal Fascho in Education Conference-Proceedings, 2(1). https://doi.org/10.54626/proceedings.v2i1.110
Ayuningtyas, A. D., & Setiana, D. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 11–19. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1630
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2018). Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (Pos USBN) Tahun Pelajaran 2018/2019. Diambil dari https://repositori.kemdikbud.go.id/8856/1/%280048%29%20POS%20USBN%202018-2019%20versi%2029%20nov%20final.pdf
Daryanto, & Darmiatun, S. (2013). Menyusun modul: Bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar / Daryanto ; editor, Suryatri Darmiatun | OPAC Perpustakaan Nasional RI. Yogyakarta: Gava Media. Diambil dari https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=989414
Fitriana, N., Muhandaz, R., & Risnawati, R. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Learning Cycle 5E untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 021–031. https://doi.org/10.24014/juring.v2i1.7496
Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa SMP berdasarkan teori belajar ausubel. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182–192. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644
Ghareb, M. I., & Mohammed, S. A. (2017). The Future of Technology-based Classroom. UHD Journal of Science and Technology, 1(1), 27–32. https://doi.org/10.21928/uhdjst.v1n1y2017.pp27-32
Harahap, Y. N., Hasratuddin, H., & Firmansyah, F. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik Berbantu Autograph Di SMP. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(2), 54–63. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i2.25822
Kemendikbud. (2016). Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah.
Lestari, I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.
Maskur, R., Permatasari, D., & Rakhmawati, R. M. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Rhythm Reading Vocal pada Materi Konsep Pecahan Kelas VII SMP. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 78–87. (Siswa SMP). https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23562
Masni, E. D. (2018). Pendekatan Pembelajaran Metakognitif Advance Organizer dan Scientific Discovery Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Kebiasaan Berpikir Matematis Siswa Kelas VIII. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 62–77.
Masruroh, M., Zaenuri, Z., Walid, W., & Waluya, S. B. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Pembelajaran Berbasis Etnomatematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1751–1760. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1056
Nalasari, K. A., Suarni, N. K., & Wibawa, I. M. C. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Google Sites pada Tema 9 Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(2), 135–146. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i2.658
Nindiawati, D., Subandowo, M., & Rusmawati, R. D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(1), 140–150. https://doi.org/10.17977/um039v6i12021p140
Pusmenjar. (2020). Laporan Hasil Ujian Sekolah Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP/MTs tahun 2019/2020. Diambil dari http://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil
Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Resiliensi Matematis Siswa SMP. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 187–202. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3619
Richardo, R., Martyanti, A., & Suhartini, S. (2018). Analisis Validitas dan Praktiklitas Lembar Kerja Siswa Berbasis Etnomatematika dalam Konteks Yogyakarta. Journal of Mathematics Education and Science, 1(2), 77–83. https://doi.org/10.32665/james.v1iOctober.41
Rismayanti, T. A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Model Search Solve Create Share (SSCS) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 183–190. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.6345
Santoso, R. B., Azmy, B., & Yustitia, V. (2022). Padlet Application-Based Media on Many Facets Building Materials: : Learning Media Innovation for Elementary Schools. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(2), 123–134. https://doi.org/10.30738/union.v10i2.12224
Sari, P. K., & Ratu, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran ELMOBAR (Elektronik Modul Aljabar) Untuk Siswa kelas VII SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 602–614. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.221
Tjiptiany, E. N., As’ari, A. R., & Muksar, M. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuiri Untuk Membantu Siswa SMA Kelas X dalam Memahami Materi Peluang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 1938–1942. https://doi.org/10.17977/jp.v1i10.6973
Widiyahti, U. N., Suprapto, E., & Adamura, F. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berkarakter melalui Permainan Edukatif Matcindo Sebagai Learning Exercise bagi Siswa. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(1), 59–70. https://doi.org/10.25273/jipm.v4i1.839
Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258–274. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.563
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i3.20072
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: