Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Aplikasi Padlet pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP/MTs Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Sutra Kasih, Syarifah Nur Siregar, Yenita Roza

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar materi himpunan yang valid dan praktis untuk digunakan peserta didik kelas VII SMP/MTs dengan berbantuan aplikasi Padlet untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek uji coba pada penelitian ini terdiri dari uji coba kelompok kecil yakni 6 orang siswa dan uji coba kelompok besar terdiri dari 24 siswa, uji coba yang terdiri dari uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar dilakukan mengingat wabah pandemi Covid sudah meredah dan proses belajar mengajar sudah kembali normal serta diharapkan penelitian ini lebih efektif dalam melihat KPMM peserta didik kelas VII SMPN 1 Kuok. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi dan lembar angket respon peserta didik. Hasil validasi dari tiga validator menunjukkan rata- rata 92,7% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan bahan ajar pada uji kelompok kecil adalah 90,5% dengan kategori sangat praktis serta rata-rata praktikalitas uji kelompok besar 89,6% dengan kategori sangat praktis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan pada proses pembelajaran matematika pada materi himpunan serta dapat memfasilitasi KPMM peserta didik dilihat dari hasil kerja dari uji kompetensi setiap subbab materi himpunan.

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran (kelima). Bandung: Rosdakarya.

Alghozi, A. A., Salsabila, U. H., Sari, S. R., Astuti, R. T., & Sulistyowati, H. (2021). Penggunaan Platform Padlet sebagai Media Pembelajaran Daring pada Perkuliahan Teknologi Pendidikan Islam di Masa Pandemi Covid-19. ANWARUL, 1(1), 137–152. https://doi.org/10.58578/anwarul.v1i1.52

Anggraeni, E. D., & Dewi, N. R. (2021). Kajian Teori: Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 179–188.

Astuti, A., Adlina, A., Mayasari, F., Borneo, I. N. E., Ismayanty, I., & Sinaga, V. (2021). Efektivas Penggunaan Padlet pada Pembelajaran Daring. Journal Fascho in Education Conference-Proceedings, 2(1). https://doi.org/10.54626/proceedings.v2i1.110

Ayuningtyas, A. D., & Setiana, D. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 11–19. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1630

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2018). Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (Pos USBN) Tahun Pelajaran 2018/2019. Diambil dari https://repositori.kemdikbud.go.id/8856/1/%280048%29%20POS%20USBN%202018-2019%20versi%2029%20nov%20final.pdf

Daryanto, & Darmiatun, S. (2013). Menyusun modul: Bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar / Daryanto ; editor, Suryatri Darmiatun | OPAC Perpustakaan Nasional RI. Yogyakarta: Gava Media. Diambil dari https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=989414

Fitriana, N., Muhandaz, R., & Risnawati, R. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Learning Cycle 5E untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 021–031. https://doi.org/10.24014/juring.v2i1.7496

Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa SMP berdasarkan teori belajar ausubel. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182–192. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644

Ghareb, M. I., & Mohammed, S. A. (2017). The Future of Technology-based Classroom. UHD Journal of Science and Technology, 1(1), 27–32. https://doi.org/10.21928/uhdjst.v1n1y2017.pp27-32

Harahap, Y. N., Hasratuddin, H., & Firmansyah, F. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik Berbantu Autograph Di SMP. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(2), 54–63. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i2.25822

Kemendikbud. (2016). Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah.

Lestari, I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.

Maskur, R., Permatasari, D., & Rakhmawati, R. M. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Rhythm Reading Vocal pada Materi Konsep Pecahan Kelas VII SMP. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 78–87. (Siswa SMP). https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23562

Masni, E. D. (2018). Pendekatan Pembelajaran Metakognitif Advance Organizer dan Scientific Discovery Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Kebiasaan Berpikir Matematis Siswa Kelas VIII. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 62–77.

Masruroh, M., Zaenuri, Z., Walid, W., & Waluya, S. B. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Pembelajaran Berbasis Etnomatematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1751–1760. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1056

Nalasari, K. A., Suarni, N. K., & Wibawa, I. M. C. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Google Sites pada Tema 9 Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(2), 135–146. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i2.658

Nindiawati, D., Subandowo, M., & Rusmawati, R. D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(1), 140–150. https://doi.org/10.17977/um039v6i12021p140

Pusmenjar. (2020). Laporan Hasil Ujian Sekolah Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP/MTs tahun 2019/2020. Diambil dari http://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil

Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Resiliensi Matematis Siswa SMP. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 187–202. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3619

Richardo, R., Martyanti, A., & Suhartini, S. (2018). Analisis Validitas dan Praktiklitas Lembar Kerja Siswa Berbasis Etnomatematika dalam Konteks Yogyakarta. Journal of Mathematics Education and Science, 1(2), 77–83. https://doi.org/10.32665/james.v1iOctober.41

Rismayanti, T. A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Model Search Solve Create Share (SSCS) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 183–190. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.6345

Santoso, R. B., Azmy, B., & Yustitia, V. (2022). Padlet Application-Based Media on Many Facets Building Materials: : Learning Media Innovation for Elementary Schools. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(2), 123–134. https://doi.org/10.30738/union.v10i2.12224

Sari, P. K., & Ratu, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran ELMOBAR (Elektronik Modul Aljabar) Untuk Siswa kelas VII SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 602–614. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.221

Tjiptiany, E. N., As’ari, A. R., & Muksar, M. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuiri Untuk Membantu Siswa SMA Kelas X dalam Memahami Materi Peluang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 1938–1942. https://doi.org/10.17977/jp.v1i10.6973

Widiyahti, U. N., Suprapto, E., & Adamura, F. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berkarakter melalui Permainan Edukatif Matcindo Sebagai Learning Exercise bagi Siswa. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(1), 59–70. https://doi.org/10.25273/jipm.v4i1.839

Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258–274. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.563




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i3.20072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter