Pendekatan Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization and Intellectualy (SAVI) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self-Efficacy Siswa
Abstract
Penelitian ini didasari dari observasi awal mengenai rendahnya kemampuan komunikasi matematis (KKM) siswa di SMAN 1 Hulu Kuantan. Maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan melihat perbedaan KKM antara siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization and Intellectualy (SAVI) dengan siswa yang mengkuti pembelajaran saintifik berdasarkan self-efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian factorial experiment. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes KKM, angket self-efficacy, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data bisa diambil kesimpulan bahwa:1) terdapat perbedaan yang signifikan antara KKM siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran SAVI dengan siswa yang mengkuti pembelajaran saintifik, 2) terdapat perbedaan yang signifikan antara KKM siswa yang memiliki self-efficacy tinggi, sedang dan rendah. Dengan demikian, disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran SAVI berpengaruh terhadap KKM berdasarkan self-efficacy siswa SMAN 1 Hulu Kuantan dan dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran matematika di sekolah terutama dalam mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis.
Full Text:
PDFReferences
Abda, M. I., Muliana, M., & Fonna, M. (2020). Implementation of Somatic, Auditory, Visual and Intellectual (SAVI) Approaches to Improve Student’s Mathematics Communication Skills in SMK Negeri 1 Nisam. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(6), 422–428. https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i6.2729
Ayu Made Monik Kencawati, S., Sariyasa, S., & Nyoman Yudi Hartawan, I. G. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 13–23. https://doi.org/10.21831/pg.v15i1.33006
Azizah, N. A. N., & Purwaningrum, J. P. (2022). Pendekatan Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) dalam Upaya MEngembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Program Linier. PEDAMATH: Journal on Pedagogical Mathematics, 4(2), 25–33.
Budiyanto, A., Kusumaningsih, W., & Dini R, N. D. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran SAVI dan TTW Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berbantu Macromedia Flash. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(3), 202–212. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i3.5879
Chaer, M. T. (2016). Self Efficacy dan Pendidikan (Kajian Teori Kognitif Sosial dan Implikasinya dalam Pendidikan Agama Islam). AL-Murabbi: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 3(1), 106–122.
Daryanto, D., & Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.
Dwi Murti, E., Nasir, N., & Sastra Negara, H. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: Dampak Model Pembelajaran SAVI ditinjau dari Kemandirian Belajar Matematis. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 119–129. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4072
Eka Lestari, K., & Mokhammad Ridwan, Y. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Hendriana, H., Euis Eti, R., & Utami, S. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.
Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 153–164. https://doi.org/ttp://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.2033
I Ansari, B. (2018). Komunikasi Matematik Strategi Berfikir dan Manajemen Belajar: Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Yayasan Pena.
Melati, S. R., Nur Aeni, A., & Isrok’atun, I. (2017). Perbandingan Pengaruh Antara Pendekatan SAVI dan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 991–1000. https://doi.org/10.17509/jpi.v2i1.11247
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Mohammad Archi, M. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. Malang: CV IRDH.
Nirwana, N., Susanti, E., & Susanto, D. (2021). Pengaruh Penerapan Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(4), 251–258. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i4.451
Nissa, A. K., Majid, A., & Lailiyah, S. (2022). Konsep Self Efficacy pada Karakter Remaja dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Basicedu, 6(4), 7526–7531. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3552
Nuraeni, Y., & Ihsan Imami, A. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK Pada Materi Sistem Persamaan Tiga Variabel. MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 195–202.
Nurhanurawati, N., Widyastuti, W., & Ramadhan, R. (2021). Dampak Self Efficacy terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (Jumadika), 3(2), 51–58.
https://doi.org/10.30598/jumadikavol3iss2year2021page51-58
Oktavianingsih, S., & Warmi, A. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Tiga Variabel. MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 480–491.
Sari Siregar, D. (2018). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran SAVI Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMPN 4 Padang Sidimpuan. JurnaL MathEdu (Mathematic Education Journal), 1(3), 27–31.
Sartika, N. S., Dwi Arifiyanti, S., & Ramadina, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs MA Cikaliung. Jurnal Math-UMB.EDU, 7(3), 19–26. https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v7i3.903
Syaifuddin Azwar. (2010). Penyusun Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Umam, K., & Azhar, E. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual and Intellectual). JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(2), 53–57. http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.1038
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i4.19724
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: