Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Problem Based Learning dengan Berbantuan Software Geogebra pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMP

Zetriuslita Zetriuslita, Desy Lestari, Agus Dahlia, Endang Istikomah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan keefektifan dari perangkat pembelajaran matematika berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan software Geogebra pada materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP. Jenis penelitian pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi, angket respon peserta didik dan angket respon guru serta soal tes. teknik pengumpulan data menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa persentase validitas pada silabus yaitu  91,66% dengan kriteria “sangat valid”. Persentase validitas RPP yaitu 93,65% dengan kriteria “sangat valid“. Dan persentase validitas LKPD yaitu 87,78% dengan kriteria “sangat valid“. adapun persentase kepraktisan angket respon peserta didik pada LKPD yaitu 91,3% dengan kriteria “sangat praktis”, dan persentase kepraktisan angket respon guru pada RPP diperoleh 96,42% dengan kriteria “sangat praktis”. Dan adapun persentase efektifitas dari hasil soal pretest dan posttest yaitu 79,5% dengan kriteria “efektif”. Dengan demikian perangkat pembelajaran matematika dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan software Geogebra pada materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP telah teruji kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya. Sehingga perangkat pembelajaran layak untuk digunakan.


Full Text:

PDF

References


Anggreini, E., Zulkarnain, & Ariawan, R. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Problem Based Learning pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di Kelas X SMK Yabri Terpadu Pekanbaru. Aksiomatik: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 7(1), 34–40.

Angraini, L. M., Wahyuni, P., Wahyuni, A., Dahlia, A., Abdurrahman, & Alzaber. (2021). Pelatihan Pengembangan Perangkat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bagi Guru-Guru di Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 2(2), 62–73. https://doi.org/10.25299/ceej.v2i2.6665

Hamdunah. (2015). Praktikalitas Pengembangan Modul Kontruktivisme dan Website pada Materi Lingkaran dan Bola. Lemma, 2(1), 35–42. https://doi.org/10.22202/jl.2015.v2i1.524

Harisuddin, M. I. (2019). Secuil Esensi Berpikir Kreatif & Motivasi Belajar Siswa. Bandung: PT. Panca Terra Firma.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah. Jakarta.

Rismawati, Hayati, R., & Khatimah, H. (2020). Penerapan Aplikasi Geogebra untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Matriks. Jurnal pendidikan, Sains, dan Humaniora, 8(2), 210–215. https://doi.org/10.32672/jsa.v8i2.2094

Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Saputri, D. A., & Febriani, S. (2017). Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi Materi Pencemaran Lingkungan Kelas X MIA SMA N 6 Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Pendidikan biologi, 8(1), 40–52. https://doi.org/10.24042/biosf.v8i1.1262

Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Syahbana, A. (2016). Belajar Menguasai GeoGebra (Program Aplikasi Pembelajaran Matematika). Palembang: NoerFikri Offset.

Zetriuslita, & Ariawan, R. (2017). The Effectiveness of Problem-Based Learning Materials In Improving Students ’Mathematical Critical Thinking Skills: A Study In Calculus Course. 6th International Conference on Education, Humanities and Social Sciences Studies (EHSS-17), 51–53. Singapore: EARHM.

Zetriuslita, Nofriandi, & Istikomah, E. (2021). Improving Students’ Mathematics Communication Ability Through Geogebra. Pedagodia: Jurnal Pendidikan, 10(2), 113–126. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v10vi2i.1266

Zetriuslita, Nofriyandi, & Istikomah, E. (2020). The Effect of Geogebra-Assisted Direct Instruction on Students’ Self-Efficacy and Self-Regulation. Infinity: Journal of Mathematics Education, 9(1), 41–48. https://doi.org/10.22460/infinity.v9i1.p41-48

Zulnaidi, H., & Zakaria, E. (2012). The Effect of Using GeoGebra on Conceptual and Procedural Knowledge of High School Mathematics Students. pdfs.semanticscholar.org, 8(11), 102–106. https://doi.org/10.5539/ass.v8n11p102




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i1.19600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter