Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan Teknik Make a Match Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X

Tahlily Zakiyah Nur, Fitria Zana Kumala

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team-Assisted Individualization (TAI) dengan teknik make a match terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas X SMK Plus Tunas Bangsa Kebasen Kabupaten Banyumas. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi lapangan dengan metode eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 38 siswa yang diambil secara keseluruhan dari populasi penelitian, sehingga sampel yang digunakan adalah sampel jenuh sejumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes yang berbentuk pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis. Teknik analisis data menggunakan Gain ternomalisasi (N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan teknik make a match terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas X SMK Plus Tunas Bangsa Kebasen Kabupaten Banyumas, dibuktikan dengan rata-rata N-Gain kelas eksperimen yang lebih tinggi dari rata-rata N-Gain kelas kontrol yaitu 0.60 > 0.26.

Kata kunci: Kooperatif Tipe TAI, Teknik Make a Match, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.


Full Text:

PDF

References


Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa. Research Gate. (May).0–7.

Amin & Susan. L, Y. (2022). 164 Model Pembelajaran Kontemporer. Bekasi: Pusat Penerbitan LPPM.

Hendriana, H., Rohaeti, E, E,. & Sumarmo, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematis Siswa (N. F. Latif, Ed.). Bandung.

Huda, M. (2019). Cooperative Learning Mode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kamal, S., & Huriaty, D. (2020). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Turunan Fungsi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI). Edu-Mat Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 164–173. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.9276

Maratushsholihah, M., Putra, D. A., & Setiawan, F. (2020). Analisis Model Pembelajaran Team-Assisted Individualization (TAI) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(3), 238–245. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p238-245

Mertayasa, I. W. (2021). Aplikasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assissted Individualization (TAI) dengan Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 5(3), 301–308. https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.34999

Ningsih, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Mediapuzzle Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis SISWA MTsN 3 Mataram (Tesis). Universitas Islam Negeri Mataram. Mataram.

Nurmanita, & Surya, E. (2017). Membangun Kemampuan Penalaran Matematis (Reasoning Mathematics Ability) Dalam Pembelajaran Matematika. Research Gate. (December).

Sarjono, H., & Julianita, W. (2013). SPSS vs LISREL: Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.

Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidika. Yogyakarta: Alfabeta.

Shoimin, A. (2013). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Syam, I. F. (2014). Pengaruh Metode Accelerated Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Skripsi). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Utami, S., & Sucipto, L. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Paedagoria. FKIP UMMat, 8(1), 32. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v8i2.78

Wendra, B., Nurhayati, N., & Hilali, H. El. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMA. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 2(1), 33. https://doi.org/10.21580/square.2020.2.1.5454.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i1.19423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter