Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Discovery Learning Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Materi Teorema Pythagoras SMP/MTs

Dian Artalia, Arnida Sari, Depi Fitraini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis model discovery learning terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi teorema Pythagoras yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation).  Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Mujtahadah Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII, ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru mata pelajaran matematika. Objek penelitian ini adalah LKPD berbasis model  discovery learning terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi teorema Pythagoras. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik angket dan soal posttest. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis kuantitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh : (1) LKPD berbasis model discovery learning dinyatakan dalam kategori sangat valid dengan rata-rata kevalidan sebesar 92,38%. (2) LKPD berbasis model discovery learning dinyatakan dalam kategori sangat praktis dengan rata-rata kepraktisan sebesar 89,25%. (3) LKPD berbasis model discovery learning dinyatakan dalam kategori efektif. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan valid, praktis dan efektif.

Full Text:

PDF

References


Amir, Z., & Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Aswaja Pressindo. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. Diambil dari http://repository.uin-suska.ac.id/10388/1/Psikologi Pembelajaran Matematika.pdf

Bakar, M. T., Harisman, Y., la Nani, K., & Amam, A. (2020). Kemampuan Pemahaman MAtematis Siswa Kelas VII SMP pada Materi Himpunan Melalui Model Discovery Learning. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 272–279. https://doi.org/https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3819

Cahyo Winoto, Y., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 228–238. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/dikbio.v4i1.2766

Fahrurrozi, F., Hayati, N., & Rohmi, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Islam pada Materi Pokok Bilangan Bulat dan Pecahan. Pythagoras, 9(2), 124–132. https://doi.org/https://doi.org/10.33373/pythagoras.v9i2.2648

Fitriani, A., Kartini, A., Maulani, M., & Prihantini. (2022). Peran Guru dan Strategi Pembelajaran dalam Memenuhi Kompetensi Siswa Abad 21. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16491–16498. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.5056

Hamdani. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Khoiriyah, U., & Rizki, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Himpunan Matematika Yang Dikaitkan Dengan Nilai-Nilai Islam. Aksioma, 6(3), 315–322. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v6i3.1142

Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya. Diambil dari https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Strategi+Belajar+dan+Pembelajaran+Implementasi+Kurikulum+201&btnG=

Larasati, A. D., Lepiyanto, A., Sutanto, A., & Asih, T. (2020). Pengembangan e-modul terintegrasi nilai-nilai islam pada materi sistem respirasi. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 4(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/dikbio.v4i1.2766

Lestari, K. E., & Yudhaneghara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Mulyasa, E. (2019). Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013: Jadilah Guru Profesional atau Tidak Sama Sekali (Kelima). Bandung: Remaja Rosdakarya. Diambil dari https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Guru+dalam+implementasi+kurikulum+2013%3A+Jadilah+guru+profesional+atau+tidak+sama+sekali&btnG=

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Pribadi, B. A. (2009). Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat. Diambil dari http://repository.ut.ac.id/9318/2/BP0009-21.pdf

Riduwan. (2011). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Salafudin, S. (2015). Pembelajaran matematika yang bermuatan nilai Islam. Jurnal Tarbiyah STAIN Pekalongan, 12(2), 223–243. https://doi.org/https://doi.org/10.28918/jupe.v12i2.651

Sari, A., & Revita, R. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing Terintegrasi Nilai Keislaman. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 655–667. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1256

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Diambil dari https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Metodologi+Penelitian+kuantitatif%2C+kualitatif%2C+dan+R%26D&btnG=




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i4.18970

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter