Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open-Ended Pada Materi Relasi dan Fungsi

Mawaddah Mawaddah, Ramon Muhandaz

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan LKS berbasis pendekatan open-ended yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Lokasi  penelitian ini adalah SMPN 27 Pekanbaru dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.3 dan objek penelitian ini adalah LKS berbasis open-ended. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid, sangat praktis baik pada kelompok kecil maupun  kelompok besar. Dari segi efektivitas hasil uji-t yang digunakan memberikan kesimpulan penggunaan LKS berbasis open-ended lebih baik daripada siswa yang tidak menggunakan LKS dengan rata-rata yang lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal tersebut berimplikasi bahwa LKS berbasis open-ended yang dikembangkan ini dapat dipergunakan guru dalam proses belajar khususnya materi relasi dan fungsi


Full Text:

PDF

References


Apertha, F. K. P., Zulkardi, Z., & Yusup, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Open Ended Problem pada materi segiempat kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 47–62. https://doi.org/10.22342/jpm.12.2.4318.47-62

Cahya, I. M., & Warmi, A. (2020). Analisis Tingkat Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Relasi dan Fungsi. Prosiding Sesiomadika, 2(1c). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2656

Fadillah, N., & Fitraini, D. (2020). Pengaruh Penerapan Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Self Confidence Siswa Madrasah Aliyah Kampar. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(1), 065–080. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i1.8796

Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Junita, R. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Open Ended untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama di Pekanbaru (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. https://doi.org/10/10.%20BAB%20V_2017824PMT.pdf

Juwita, R., Utami, A., & Wijayanti, P. S. (2019). Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 35–43. http://dx.doi.org/10.31000/prima.v3i1.814

Muliawati, F. N., & Sutirna, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 32–42. http://dx.doi.org/10.33087/phi.v6i1.184

Munthe, V. F., & Karim, A. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. DProsiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 7(1), 325–240.

Nurdin, E., Herlina, R., Risnawati, R., & Granita, G. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open-Ended untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 21–31. https://doi.org/10.26486/jm.v4i1.500

Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Purba, U. A., & Warmi, A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Relasi dan Fungsi. PRISMA, 11(1), 82–92. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2000

Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open-Ended Untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 18–26. (Junior High School). https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.16825

Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.

Septiani, M. D., Sukestiyarno, S., & Suyitno, A. (2014). Pembentukan Karakter dan Komunikasi Matematika Melalui Model Problem Posing Berbantuan Scaffolding Materi Segitiga. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 4(1), 41–49. https://doi.org/10.15294/kreano.v4i1.2891

Setiawan, R. H., & Harta, I. (2014). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Dan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Sikap Siswa Terhadap Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 240–256. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2679

Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Supardi. (2020). Landasan Pengembangan Bahan Ajar Menunju Kemandirian Pendidik Mendesain Bahan ajar Berbasis Kontekstual. Sanabil.

Yanti, R. N., Melati, A. S., & Zanty, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 209–219. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.95

Zubainur, C. M., & S, R. M. B. (2020). Perencanaan Pembelajaran Matematika. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i2.18712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter