Validitas dan Praktikalitas Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Software Geogebra untuk Memfasilitasi Minat Belajar Peserta Didik Pada Materi Segiempat Kelas VII SMP/MTs
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran matematika menggunakan software geogebra untuk memfasilitasi minat belajar peserta didik pada materi segiempat kelas VII SMP/MTs yang valid dan praktis. Selain itu, sebagai bantuan untuk memperlihatkan kebenaran prinsip, sebagai bentuk objek matematika keterampilan (prosedur). Model pengembangan penelitian ini adalah model 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, kuesioner tertutup dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara, lembar observasi, lembar validasi, angket respon pengguna media dan lembar kuesioner minat belajar peserta didik. Selain itu, teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis validitas, praktikalitas dan lembar kuesoner. Sebelum dilakukan uji coba pengguna, terlebih dahulu dilakukan uji validitas media oleh tiga validator. Kemudian dilakukan uji coba pada pengguna media yaitu guru dan peserta didik. Uji coba pengguna guru dilakukan dengan uji coba tanpa proses pembelajaran dan dengan proses pembelajaran. Uji coba pengguna peserta didik dilakukan dengan uji coba kelompok kecil dan besar di SMP IT Al Fityah Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid dengan nilai rata-rata total pada komponen materi adalah 4.05 dan pada komponen materi adalah 4.03. Hasil uji coba berada pada kategori sangat praktis dengan nilai rata-rata presentase guru tanpa pembelajaran adalah 92%, guru dengan pembelajaran 95%, kelompok kecil 97.75% dan kelompok besar 92.07%. Selama proses uji coba penggunaan media oleh guru terlihat peserta didik mendengarkan dan memperhatikan guru serta aktif dalam proses pembelajaran. Hal tersebut didukung dengan hasil lembar kuesioner minat belajar yang menunjukkan rata-rata presentase 72.25% dengan kategori tinggi
Kata kunci: media pembelajaran, geogebra, minat belajar, segiempat
Full Text:
PDFReferences
Athiyah, Z., Handayanto, A., & Purwati, H. (2014). Pengembangan CD Interaktif Dengan Menggunakan Model Learning Cycle “5e” Berbantuan Software Geogebra Pada Pokok Bahasan Segi Empat. Prosiding Mathematics and Science Forum, 589–594. Mataram.
Ekawati, A. (2016). Penggunaan software geogebra dan microsoft mathematic dalam pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 148–153. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.43.
Fatoni, M. F., Dafik, & Fatahillah, A. (2017). Pengembanga Media Pembelajaran Interaktif Online Menggunakan KelasKita Berbantuan Software Geogebra Pada Materi Persamaan Kuadrat. Kadikma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 24–33. https://doi.org/10.19184/kdma.v8i2.6070.
Firdaus, C. B. (2019). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Terhadap Mata Pelajaran Matematika di MTs Ulul Albab. Journal on Education:, 2(1), 191–198. https://doi.org/10.31004/joe.v2i1.298.
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional. 1. 93–97. Yogyakarta.
Hanafi, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Online Menggunakan Moodle Berbantuan Aplikasi Geogebra Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Universitas jember. Jember.
Kurniawati, E. (2017). Deskripsi Motivasi Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII di SMP IT Bunayya Pekanbaru. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Universitas Islam Riau.
Maqsudi, A. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Perbaikan Sistem Rem Sepeda Motor. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin (JPTM), 13(2), 59–62.
Marleni, L. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Pahlawan, 1(1), 11.
Maskur, R., Nofrizal, & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 tentang Matematika SMP. Jakarta.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Muis, A. J. (2019). Konsep dan Strategi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: Laksana.
Ningsih, S. C. (2015). Pengembangan Instrumen Minat Belajar Matematika Siswa SMP. Universitas PGRI Yogyakarta.1-6.
Priatna, N., & Arsani, M. (2019). Media Pembelajaran Matematika dengan Geogebra. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Riduwan. (2014). Metode dan teknik menyusun proposal penelitian (Cet. 6). (6 ed.). Bandung: Alfabeta.
Sholehah, S. H., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri Karangroto 04 Semarang. Mimbar Ilmu, 23(3). https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16494
Yamasari, Y. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT Yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana. 979. 1–8.
Zulkarnain, & Heleni, S. (2014). Strategi Pembelajaran Matematika. Riau. Universitas Riau.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i4.18564
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: