Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Segiempat dan Segitiga untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP/MTs
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul matematika berbasis pendekatan kontekstual pada materi segiempat dan segitiga yang valid dan praktis untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP/MTs. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yg terdiri dari lima tahap yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (penerapan), dan Evaluation (evaluasi). Berdasarkan hasil validasi diperoleh bahwa modul matematika yangg dikembangkan memenuhi syarat valid dengan rerata akhir validitas sebesar 3,43 dengan kategori sangat valid. Modul matematika yang telah dinyatakan valid selanjutnya diujicobakan pada 9 orang siswa kelas VII SMP/MTs. Berdasarkan hasil uji coba diperoleh modul matematika yang dikembangkan memenuhi syarat praktis oleh subjek uji coba dengan rerata akhir praktikalitas sebesar 3,62 dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul matematika berbasis kontekstual pada materi segiempat dan segitiga untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP/MTs telah valid dan praktis dipergunakan pada proses pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Alawiyah, T., Kartini, K., & Siregar, S. N. (2021). Jurnal pendidikan matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 4, 375–385. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/816/229
Alfiyah, H. S. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Amalia, R., Tayeb, T., & Prasasti Abrar, A. I. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Vii Smp. Al Asma : Journal of Islamic Education, 1(2), 136. https://doi.org/10.24252/asma.v1i2.11255
Amelia, R., Aripin, U., & Hidayani, N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1143. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1143-1154
Arafani, E. L., Herlina, E., & Zanthy, L. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematik Siswa SMP Dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 323–332. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.112
Ariawan, R., Utami, R., Herlina, S., & Istikomah, E. (2022). Pengembangan Modul Ajar dengan Model Problem Based Learning Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah. 05(01), 71–82.
Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Bukhori. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Siswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Sekolah Menengah Pertama. Universitas Negeri Medan.
Dirman, & Juarsih, C. (2014). Karakter Peserta Didik Dalam Rangka Implementasi Standar Proses Pendidikan Siswa (H. Nufus (ed.); Ke-1). Rineka Cipta.
Fathurrohman, M. (2018). Mengenal Lebih Dekat Pendekatan dan Model Pembelajaran. Kalimedia.
Fitriana, N., Muhandaz, R., & Risnawati, R. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Learning Cycle 5E untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 021. https://doi.org/10.24014/juring.v2i1.7496
Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development) Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil (Ke-1). Literasi Nusantara.
Hanggara, Y., & Aini, R. N. (2020). Pengembangan Modul Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Lingkaran Untuk Siswa Kelas Viii Smpn 11 Bintan. JIPMat, 5(2), 240–247. https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i2.3962
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa (N. F. Atif (ed.); Ke-1).
Isharyadi, R. (2019). Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontektual Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. 7(1), 48–55.
Kai, Y., & Joseph, K. (2011). An Exploratory Study of Primary Two Pupils ’ Approach to Solve Word Problems mathematics curriculum in schools with a primary aim to enable students to. 4(1), 19–30.
Lasmiyati, & Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. 9(2), 161–174. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9077
Mulhamah, & Putrawangsa, S. (2016). Penerapan Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mulhamah dan Susilahudin Putrawangsa Pendidikan Matematika FITK Institut Agama Islam Negeri Mataram. Pendidikan Matematika, 10(1), 58–82.
Mutmainah, S., Hermawati, E., & Maulana, F. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa. Jurnal Riset
Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 2(2), 34–44.
Nissa, I. C. (2015). Pemecahan Masalah Matematika (Teori dan Contoh Praktek). In Penerbit Duta Pustaka Ilmu (Vol. 7, Issue 6).
Novianti, E., & Yuanita, P. (2020). 12-Article Text-34-1-10-20200129. 1(1), 65–73.
Pujiastuti, H., Haryadi, R., & Solihati, E. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kontekstual pada Materi Aljabar. AKSIOMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 63–72.
Putra, F. G. (2017). Eksperimentasi Pendekatan Kontekstual Berbantuan Hands On Activity (HoA) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 73–80. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.1148
Rosikhoh, D., Abdussakir, A., & Harini, S. (2021). Pengembangan modul pembelajaran segitiga berbasis metakognisi dan integrasi. Jurnal Analisa, 7(1), 99–111. https://doi.org/10.15575/ja.v7i1.12104
S.Sirate, S. F., & Ramadhana, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. Inspiratif Pendidikan, 6(2), 316. https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5763
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science).
Suhandri, S., & Sari, A. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Kontekstual Terintegrasi Nilai Keislaman untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 131. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.8255
Sumiati, A., & Agustini, Y. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Segiempat dan Segitiga Siswa SMP Kelas VIII di Cianjur. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 321–330.
Syafri, S. F. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Aljabar Elementer. CV. Zigle Utama.
Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif (Ke-1). Alfabeta.
Tjiptiany, E. N., As’ari, A. R., & Muksar, M. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Inkuiri Untuk Membantu Siswa Sma Kelas X Dalam Memahami Materi Peluang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10), 1938–1942.
Yuherni, Y., Maimunah, M., & Yuanita, P. (2020). Bahan Ajar Matematika Berbasis Kontekstual Pada Materi Fungsi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1293. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.2976
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i3.18295
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: