Efektifitas Pembelajaran Noticing Metakognitif terhadap Keyakinan Diri Praktik Pembelajaran Micro Teaching pada Mahasiswa Calon Guru Matematika di UIN Suska Riau

Zubaidah Amir, Dedek Andrian, Anggita Maharani

Abstract


Tujuan penelitian ini  adalah untuk menganalisis ada tidaknya perbedaan keyakinan diri calon guru pendidikan matematika ketika praktik microteaching antara mahasiswa yang diberikan pembelajaran noticing metakognitif dengan pembelajaran micro teaching biasa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dengan desain nonequivalent eksperimental dan teknik purposive sampling. Penelitian ini melibatkan dua kelompok mahasiswa pendidikan matematika yang mengambil mata kuliah micro teaching yaitu: mahasiswa semester 6A dan 6B, 6A adalah kelas eksperimen yang mengikuti pembelajaran noticing metakognitif sedangkan kelas 6B merupakan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran micro teaching biasa. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket dengan instrumen angket keyakinan diri yang diberikan diakhir treatment. Data dianalisis dengan deskriptif  menggunakan uji-t dengan berbantuan spss versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dari hasil uji-t,  terlihat perbedaan keyakinan diri praktik micro teaching diantara kedua kelompok. Mahasiswa yang mengikuti pembelajaran noticing metakognitif lebih memiliki keyakinan diri ketika praktik micro teaching dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak menggunakan pembelajaran noticing metakognitif. Pembelajaran noticing metakognitif dapat memupuk kesadaran diri mahasiswa untuk siap praktik micro teachingnya.


Full Text:

PDF

References


Amir, Z., & Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Surabaya: Aswaja.

Andayani, M., & Amir, Z. (2019). Membangun Self-Confidence Siswa melalui Pembelajaran Matematika. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 147–153. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4279

Apriani, L., Alpen, J., & Arismon, A. (2020). Tingkat Percaya Diri dan Keterampilan Micro Teaching. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 1(1), 42–49. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2020.vol1(1).5155

Ayuningtyas, A. D., & Apriandi, D. (2019). Pedagogical Content Knowledge (PCK) pada Mahasiswa Calon Guru Matematika. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 119–130. https://doi.org/10.25217/numerical.v3i2.616

Bandura, A. (1997). Self Efficacy: The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company.

Beattie, H. L., Ren, L., Smith, W. M., & Heaton, R. M. (2017). Measuring Elementary Mathematics Teachers’ Noticing: Using Child Study as a Vehicle. Dalam Teacher Noticing: Bridging and Broadening Perspectives, Contexts, and Frameworks (hlm. 321–338). Springer.

Budiyono. (2016). Pengantar Penilaian Hasil Belajar. Surakarta: UNS Press.

Erickson, F. (2011). On Noticing Teacher Noticing. Dalam Mathematics Teacher Noticing (hlm. 47–64). London: Routledge.

Es, E. van, Ana, A., Tara, B., & Chasen, M. (2017). Learning to Notice Mathematics Instruction: Using Video to Develop Preservice Teachers’ Vision of Ambitious Pedagogy. Cognition and Instruction, 35(3), 165–187. https://doi.org/10.1080/07370008.2017.1317125

Jacobs, V. R., Lamb, L. L., & Philipp, R. A. (2010). Professional Noticing of Children’s Mathematical Thinking. Journal for Research in Mathematics Education, 41(2), 169–202.

MZ, Z. A., & Muhandaz, R. (2019). Profil Kesulitan Belajar Matematika dan Self Efficacy Matematis Siswa Sekolah Menengah di Riau. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 141–148. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.8254

MZ, Z. A., Risnawati, Nurdin, E., Azmi, M. P., & Andrian, D. (2021). The Increasing of Math Adversity Quotient in Mathematics Cooperative Learning through Metacognitive. International Journal of Instruction, 14(4), 841–856. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14448a

Risnawati, Amir, Z., Lubis, M. S., & Syafri, M. (2018). The Effect of Problem based Learning Model (PBL) towards Creative Thinking Ability and Self-Efficacy of Junior High School Students in Pekanbaru. Journal of Physics: Conference Series, 1116(2), 1–8. Medan: IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1116/2/022039

Sherin, M. G., Russ, R. S., & Colestock, A. A. (2011). Accessing Mathematics Teachers’ in The Moment Noticing. Dalam Mathematics Teacher Noticing (hlm. 109–124). London: Routledge.

Sunaryo, Y. (2017). Pengukuran Self-Efficacy Siswa dalam Pembelajaran Matematika di MTs N 2 Ciamis. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 1(2), 39–44. https://doi.org/10.25157/teorema.v1i2.548

Tamba, K. P. (2021). Hubungan Keyakinan dan Noticing dari Calon Guru Sekolah Dasar Mengenai Asesmen Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 461–470. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.650

Warshauer, H. K., Starkey, C., Herrera, C. A., & Smith, S. (2021). Developing Prospective Teachers’ Noticing and Notions of Productive Struggle with Video Analysis in a Mathematics Content Course. Journal of Mathematics Teacher Education, 24(1), 89–121. https://doi.org/10.1007/s10857-019-09451-2

Yetri, O., Fauzan, A., Desyandri, Fitria, Y., & Fahrudin, F. (2019). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan Self Efficacy terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2000–2008. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.249

Zambak, V. S., & Magiera, M. T. (2018). Pre-service K-8 Teachers’ Professional Noticing and Strategy Evaluation Skills: An Exploratory Study. Eurasia Journal of Mathematics, Science, and Technology Education, 14(11), 1–19. https://doi.org/10.29333/ejmste/92021

Zubaidah, A. M., Wahyudin, & Turmudi. (2016). Metacognition Think Aloud Strategies In Setting Cooperative Think-Pair-Share/Square to Develop Student’s Math Problem Solving Ability. 1st International Conference of Mathematics and Science Education (ICMSEd 2016), 57, 122–127. Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icmsed-16.2017.27




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i2.18021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter