Rancangan E-LKPD Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Discovery Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPMTs
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Badraeni, N., Pamungkas, R. A., Hidayat, W., Rohaeti, E. E., & Wijaya, T. T. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematik Dalam Mengerjakan Soal Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 247–253. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.195
Basri, B., Tayeb, T., Abrar, A. I. P., Nur, F., & Angriani, A. D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Aljabar. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 173–182. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i2.1542
Dianta, Y. J., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Development of Computer Based Learning Media with A Scientific Approach to Probability Materials. Journal of Educational Sciences, 5(1), 23–35. https://doi.org/10.31258/jes.5.1.p.23-35
Ellyza Sri, W. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Konsep Ilmu Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY “Profesionalisme Pendidik Dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan Di Indonesia Pada Era MEA.” Diambil dari https://eprints.uny.ac.id/21658/
Fitriani, N., Hidayah, I. S., & Nurfauziah, P. (2021a). Live Worksheet Realistic Mathematics Education Berbantuan Geogebra: Meningkatkan Abstraksi Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 37–50. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.4526
Fitriani, N., Hidayah, I. S., & Nurfauziah, P. (2021b). Live Worksheet Realistic Mathematics Education Berbantuan Geogebra: Meningkatkan Abstraksi Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 37. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.4526
Hadi, S., & Novaliyosi, N. (2019). TIMSS Indonesia (Trends In International Mathematics And Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, (0). Diambil dari https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1096
Hikmah, R. (2017). Penerapan Model Advance Organizer untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3). https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1204
Jayanti, M. D., Irawan, E. B., & Irawati, S. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Kontekstual Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(5), 671–678. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i5.11092
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014. Jakarta.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2016.Jakarta.
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 8–18. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Ramdani, I. (2014). Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Memfasilitasi Pencapaian Literasi Matematika Siswa Kelas VII (Skripsi, UNY). UNY. Diambil dari https://eprints.uny.ac.id/12709/
Ridha, M., Firman, F., & Desyandri, D. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 154–162. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.925
Saputra, V. H., & Permata, P. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Bangun Ruang. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(2), 116–125. https://doi.org/10.30738/wa.v2i2.3184
Sari, J., & Hayati, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Pada Materi Kubus Dan Balok. Pi: Mathematics Education Journal, 2(1), 14–25. https://doi.org/10.21067/pmej.v2i1.2838
Sunarto, M. F., & Amalia, N. (2022). Penggunaan Model Discovery Learning Guna Menciptakan Kemandirian Dan Kreativitas Peserta Didik. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 21(1), 94–100. https://doi.org/10.21009/bahtera.211.07
Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i1.5057
Susilana, R. (2014). Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Berdasarkan Kajian Teori Psikologi Belajar. Edutech, 13(2), 183–193. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i2.3095
Umbaryati, U. (2016). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 217–225.
Wahjudi, E. (2015). Penerapan Discovery Learning Dalam Pembelajaran Ipa Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX-I dI SMP Negeri 1 Kalianget. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.24929/lensa.v5i1.242
Wulandari, Y. I., Sunarto, S., & Totalia, S. A. (2015). Implementasi Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS I SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 1(2). https://doi.org/10.20961/bise.v1i2.17972
Yuliana, N. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13851
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i4.17570
Refbacks
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: