Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning dengan Metode SQ3R untuk Memfasilitasi Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP/MTs
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran model Problem Based Learning dengan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recrite, Review) materi aritmatika sosial yang memenuhi syarat valid dan praktis untuk memfasilitasi kemampuan literasi matematis. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D (define, design, develop, disseminate). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi untuk menilai kevalidan silabus, RPP dan LKPD serta angket respon peserta didik untuk menilai kepraktisan LKPD. Hasil analisis data validasi silabus,RPP dan LKPD mencapai kategori sangat valid. Perangkat pembelajaran yang dinyatakan valid selanjutnya dilakukan uji coba kelompok kecil. LKPD yang diujicobakan mencapai kategori sangat praktis. Dengan demikian silabus, RPP yang dikembangkan sudah memenuhi syarat valid dan LKPD sudah memenuhi syarat valid dan syarat praktis untuk memfasilitasi kemampuan literasi matematis peserta didik.
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.
Amiluddin, R., & Sugiman. (2016). Pengaruh problem posing dan PBL terhadap prestasi belajar, dan motivasi belajar mahasiswa pendidikan matematika | Amiluddin | Jurnal Riset Pendidikan Matematika. JRPM (Jurnal Riset Pendidikan Matematika), 3(1), 100–108. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.7303
Anggraini, V., Jufri, L. H., & Juliati, W. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran Make A Match dan Index Card Match pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Koto XI Tarusan Tahun Pelajaran 2016/2017. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 201–206. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.307
Arends, R. I., & Yulia, M. F. (2013). Belajar untuk Mengajar, Learning to Teach. Jakarta: Salemba Humanika.
Astuti, P. (2018). Kemampuan Literasi Matematika dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Prisma : Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 263–268. Diambil dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19599
Ilmi, D. N., Hermawan, R., & Riyadi, A. R. (2017). Metode Pembelajaran SQ3R untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 88–99. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v2i4.14009
Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 21 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kurniasih, I., & Sani, B. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.
Munawar, S., Yuhana, Y., & Santosa, C. A. H. F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Survey Qustion Read Recite Review (SQ3R) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik SMA Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika. Tirtamath : Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(2), 113–135. http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v2i2.8324
Nst, M. N., & Rahmi, R. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah disertai Teknik Berikan Uangnya terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 16 Padang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 273–278. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.315
Nuraini, N., Maimunah, M., & Roza, Y. (2020). Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Aritmatika Sosial. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 799–808. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2957
Nurnugroho, B. A. (2012). Aplikasi Sederhana Matematika dalam Kehidupan Kita. Jakarta: PT. Balai Pustaka.
OECD. (2018). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. Diambil dari https://www.oecd.org/education/pisa-2018-results-volume-i-5f07c754-en.htm
Pardede, O. B., Sitompul, D. L. B., Pinem, S. M. P., & Putrika, S. (2020). Eksistensi Perangkat Pembelajaran Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa. Kode : Jurnal Bahasa, 9(3). https://doi.org/10.24114/kjb.v9i3.19973
Qomariyah, W., Muhdhar, M. H. I. A., & Suarsini, E. (2019). Implementasi Modul Berbasis Problem Based Learning dengan Metode SQ3R Materi Keanekaragaman Hayati untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(3), 374–381. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12134
Rahayuningsih, S., & Kristiawan, I. (2021). Penerapan Metode SQ3R terhadap Pemahaman Konsep Matematika di Masa Pandemi. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 12(2), 215–223. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i2.4958
Rahmat, A., Rahmatudin, J., & Hidayat, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran SQ3R dalam Usaha Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Integral : Pendidikan Matematika, 10(1), 66–76. https://doi.org/10.32534/jnr.v10i1.642
Ramadhany, A., & Prihatnani, E. (2020). Pengembangan Modul Aritmerika Sosial Berbasis Problem Based Learning untuk Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 212–226. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.155
Rokhim, A. F., Amin, S. M., & Fuad, Y. (2019). Keefektifan Problem Based Learning pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMP. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 10–17. (Junior High School). https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.16097
Siregar, S. N., Solfitri, T., & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Negeri di Kota Pekanbaru. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2. Medan. https://doi.org/10.32734/st.v2i2.553
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyono, & Hariyanto. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Syawahid, M., & Putrawangsa, S. (2017). Kemampuan literasi matematika siswa SMP ditinjau dari gaya belajar. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 222–240. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.121
Yulistiyarini, H., & Mahmudi, A. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Geometri Ruang SMP dengan Memanfaatkan Alat Peraga Manipulatif dan Lingkungan. Pythagoras: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 155–167. https://doi.org/10.21831/pg.v10i2.9145
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i4.17126
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: