Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran Mahasiswa Calon Guru Matematika pada Matakuliah Microteaching

Isnaniah Isnaniah, M. Imamuddin

Abstract


Microteaching merupakan salah satu matakuliah yang melatih mahasiswa calon guru untuk memiliki kemampuan keterampilan mengajar. Keterampilan mengajar sangat penting dimiliki oleh mahasiswa calon guru dikarenakan keterampilan ini sangat menentukan keberhasilan dalam mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan keterampilan membuka dan menutup pelajaran mahasiswa calon guru matematika pada matakuliah microteaching. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa kelas microteaching yang diampu oleh peneliti yang berjumlah 16 orang mahasiswa calon guru matematika FTIK UIN Bukittinggi. Instrumen yang digunakan adalah rubrik penilaian keterampilan dasar mengajar yang difokuskan kepada penilaian keterampilan membuka dan menutup. Data keterampilan membuka dan menutup dari tiap-tiap mahasiswa calon guru diisi langsung oleh peneliti. Hasil penelitian meliputi: pembelajaran diawali atau dibuka dengan pembacaan doa dan atau membaca surah pendek, menarik perhatian siswa, memotivasi siswa, memberi acuan pelajaran atau menyampaikan tujuan pembelajaran dan kegiatan terakhir pada kegiatan pendahuluan/membuka pelajaran adalah memberikan apersepsi atau mengaitkan materi prasarat dengan materi yang akan disampaikan. Kegiatan ini terhimpun dalam kegiatan keterampilan membuka pelajaran, nilai yang diperoleh adalah 85,6 dengan kategori sangat baik. Sedangkan kegiatan menutup pelajaran, dengan kegiatan merefleksi dan menyimpulkan pelajaran, memberikan evaluasi terkait materi yang dipelajari memperoleh, meminta siswa untuk mengerjakan latihan dirumah dan mempelajari materi untuk pertemuan selanjutnya, serta mengakhiri pertemuan pelajaran dengan berdoa. Kegiatan yang terhimpun dalam keterampilan menutup ini memperoleh penilaian rata-rata 85,5 dengan kriteria sangat baik. Sementara itu, pembelajaran Islami merupakan pembelajaran yang menjadi ciri khas sekolah-sekolah yang berada di lingkungan masyrakat mayoritas Islam di Indonesia.


Full Text:

PDF

References


Aida, W. (2019). Analisis Kemampuan Keterampilan Dasar Mengajar (Micro Teaching) Mahasiswa Angkatan I Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pengaraian. Jurnal Iliah Edu Research, 8(2), 1–10.

Ardi, M. (2014). Pelaksanaan Pembelajaran Micro Teaching Bagi Mahasiswa Program Studi PPKN STKIP-PGRI Pontianak. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 12(1), 75–84.

Arifah, F., Failasuf, C., & Novianisa, E. (2020). Penguasaan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di Universitas Negeri Jakarta. Al-Ma‘rifah: Jurnal Budaya, Bahasa, dan Sastra Arab, 17(1), 12–28.

Daryanto, & Farid, M. (2015). Konsep Dasar Manajemen Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Desnita, D., & Susanti, D. (2017). Science Process Skills-Based Integrated Instructional Materials to Improve Student Competence Physics Education Prepares Learning Plans on Teaching Skills Lectures. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 35–42.

Imamuddin, M. (2020). Students’ Understanding of Mathematical Concepts Using Manipulative Learning Media in Elementary Schools. Journal of Physics: Conference Series, 1471(1), 012050. IOP Publishing.

Imamuddin, M. (2022). Merancang Model Pembelajaran Matematika Kontekstual Islami Berbasis Literasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 6(1), 75–89.

Imamuddin, M., Isnaniah, I., Zulmuqim, Nurdin, S., & Andryadi. (2020). Integrasi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Islam (Menggagas Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah). AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 117–130.

Imamuddin, M., & Sepriyanti, N. (2022). Exploring Madrasah Students Mathematics Literacy Ability. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 1(4), 357–361.

Irawati, H. (2020). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Biologi di Pendidikan Biologi FKIP UAD. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 33–39.

Kilic, A. (2010). Learner-Centered Micro Teaching in Teacher Education. International Journal of Instruction, 3(1), 77–100.

Kusnadi. (2008). Strategi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan. Pekanbaru: Yayasan Pustaka Riau.

Madjid, A. (2019). Kompetensi Profesional Guru: Keterampilan Dasar Mengajar. Jurnal Peqguruang: Conference Series, 1(2), 1–8.

Mansyur. (2017). Keterampilan Dasar Mengajar dan Penguasaan Kompetensi Guru (suatu Proses Pembelajaran Micro). El-Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 130–147.

Marno, & Idris. (2008). Strategi & Metode Pengajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Mulyasa. (2019). Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyatun. (2014). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Kimia (Studi Pada Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Tadris Kimia). Jurnal PHENOMENON, 4(1), 79–90.

Nasirun, M., Yulidesni, & Daryati, M. E. (2020). Peningkatan Keterampilan Mengajar Mahasiswa pada Anak Usia Dini melalui Metode Drill. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 441–451.

Nurmasyitah, N. (2021). Analisis Keterampilan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Fisika pada Mata Kuliah Microteaching. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 102–103.

Nurwahidah, I. (2020). Kemampuan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru IPA Program Studi Pendidian IPA. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 22–33.

Purwanti, E. (2009). Peningkatan Keterampilan dasar Mengajar melalui Optimalisasi Ragam Umpan Balik. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, 7(1), 15–23.

Rahma, M., Hafid, A., & Sudirman, H. (2021). Hubungan Keterampilan Dasar Mengajar Guru dengan Minat Belajar Siswa Kelas Tinggi. JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 191–197. https://doi.org/10.26858/pjppsd.v1i2.24020

Remesh, A. (2013). Microteaching, an Efficient Technique for Learning Effective Teaching. Journal of research in medical sciences: the official journal of Isfahan University of Medical Sciences, 18(2), 158–163.

Resti, N., Djollong, A. F., & Ramlah. (2020). Pengaruh Keterampilan Dasar mengajar Guru Pendidikan Agama islam terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Muhammadiyah Parepare. Jurnal Al-Ibrah, 9(2), 95–112.

Riduwan. (2019). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rusninawiyah, R., Kurniati, T., & Kurniawan, R. A. (2018). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Kimia berbasis Model CORE Teaching Standards pada Mata Kuliah PPL 1 (Microteaching) Universitas Muhammadiyah Pontianak. Jurnal Ilmiah Ar-Razi, 6(1), 109–122.

Siswanto, S. (2010). Tingkat Peguasaan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 41–51.

Sutisnawati, A. (2017). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Mimbar Pendidikan Dasar, 8(1), 15–24.

Widyastuti, D. D. (2022). Keterampilan Dasar Mengajar.

Windyantika, N., & Ngazizah, N. (2021). Evaluasi Keterampilan Memberi Penguatan oleh Mahasiswa PGSD Semester VI Mata Kuliah Pembelajaran Mikro pada Matemari Tema 6 Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(2), 214–217.

Yuanita, Y. (2019). Tingkat Keterampilan Dasar Mengajar Calon Guru Sekolah Dasar pada Perkuliahan Mikroteaching. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(1), 69–84.

Zayyadi, M., Nusantara, T., & Lanya, H. (2022). The Commognitive Perspective of Teaching Skills of Prospective Mathematics Teachers in Microteaching Subjects. Jurnal Elemen, 8(1), 43–54.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i3.16870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter