Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self Esteem Siswa SMK/SMA

Depi Fitraini, Indah Rahmayani, Ade Irma

Abstract


Salah satu kemampuan yang sangat penting dalam matematika adalah kemampuan komunikasi. Dari hasil wawancara dengan salah satu guru matematika didapat informasi terkait rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Banyak faktor yang dapat menyebabkan rendahnya kemampuan komunikasi matematis, salah satunya adalah self esteem. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari self esteem. Adapun subjek pada penelitian yaitu siswa kelas XI SMK Perpajakan Riau. Dalam penelitian ini, purposive sampling digunakan sebagai teknik pengambilan sampel. Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data berupa angket self esteem, soal tes komunikasi matematis dan pedoman wawancara.  Data dikumpulkan menggunakan teknik angket dan teknik tes. Ada tiga tahapan yang digunakan dalam analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI SMK Perpajakan Riau berada pada kategori cukup baik dengan tingkat self esteem siswa beragam. Siswa pada kelompok self esteem tinggi mempunyai kemampuan komunikasi matematis sangat baik, sedangkan siswa pada kelompok self esteem sedang memiliki kemampuan komunikasi matematis pada kategori cukup serta siswa yang berada pada kelompok self esteem rendah memiliki kemampuan komunikasi matematis kurang sekali.

Full Text:

PDF

References


Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15–22. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.29

Aspriyani, R. (2020). Self Esteem Siswa terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 13(2), 285–297. https://doi.org/10.30870/jppm.v13i2.8582

Choridah, D. T. (2013). Peran Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif serta Disposisi Matematis Siswa SMA. Infinity Journal, 2(2), 194–202. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i2.p194-202

Elviani, D., Sugiatno, S., & Sayu, S. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis dikaji dari Self-Esteem Siswa pada Materi Himpunan. Jurnal AlphaEuclidEdu, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.26418/ja.v1i1.41621

Hartono. (2019). Metode Penelitian. Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Hendriana, H., Rohaeti, E., & Sumarmo, U. (2018). Hard Skill and Soft Skill Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Irawati, N., & Hajat, N. (2012). Hubungan antara Harga Diri (Self Esteem) dengan Prestasi Belajar pada Siswa SMKN 48 di Jakarta. Jurnal Ilmiah Econosains, 10(2), 193–210. https://doi.org/10.21009/econosains.0102.04

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Midgett, C. W., & Eddins, S. K. (2001). NCTM’s Principles and Standards for School Mathematics: Implications for Administrators. NASSP Bulletin, 85(623), 43–52. Scopus. https://doi.org/10.1177/019263650108562306

Purwati, H., & Wuri, D. E. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Gaya Belajar Kompetitif. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 17–23. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v4i2.155

Robiah, S., Rohaeti, E. E., & Senjayawati, E. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Minat Belajar Matematis Siswa SMK Negeri 1 Cihampelas. Journal on Education, 1(2), 365–371. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.76

Shintia, S., & Kadarisma, G. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP Kelas IX pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 1–8. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.1-8

Surya, E. (2012). Upaya Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Jurnal Tematik, 1(08), 01–14.

Utari, Rahmania. (2007). Upaya Sekolah dalam Pembentukan Self Esteem Siswa. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(1), 76–89.

Utari, Rahmania. (2007). Upaya Sekolah Dalam Pembentukan Self Esteem Siswa. Dinamika Pendidikan No 1/Th.XIV.

Yuniarti, N., Sulasmini, L., Rahmadhani, E., Rohaeti, E. E., & Fitriani, N. (2018). Hubungan Kemampuan Komunikasi Matematis dengan Self Esteem Siswa SMP Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Materi Segiempat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 62–72. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.871




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i2.16856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter