Validitas dan Praktikalitas Bahan Ajar Matematika Berbantuan FlipHtml5 untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP/MTs pada Materi Koordinat Kartesius

Desi Kurnia Wati, Sehatta Saragih, Atma Murni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar matematika berbantuan FlipHtml5 yang memenuhi syarat valid dan praktis untuk memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah (KPM) siswa kelas VIII SMP/MTs pada materi koordinat kartesius. Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg and Gall, yang terdiri dari sepuluh tahapan, namun pada  penelitian ini hanya sampai pada tahap ke-7 yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain  produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; dan (7) revisi produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan angket. Intrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar wawancara, lembar observasi, lembar validasi dan angket respon siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis validitas dan analisis praktikalitas. Bahan ajar divalidasi oleh tiga orang validator dan direvisi sesuai saran validator, serta diujicobakan kepada 6 orang siswa SMP Negeri 8 Pekanbaru untuk melihat kepraktisan bahan ajar. Hasil validasi bahan ajar 87,91% dengan kategori sangat valid. Hasil uji coba produk 90,16%, dengan kategori sangat praktis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan siswa kelas VIII SMP/MTs.

 

Kata kunci: Bahan Ajar, FlipHtml5, Kemampuan Pemahaman Matematis, Koordinat Kartesius

 

 


Full Text:

PDF

References


Abdullah, I. H. (2012). Pengembangan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Representasi Matematik Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual yang Terintegrasi dengan. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 65–74.

Agustin, P. R., & Yuliastuti, R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Silogisme : Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 3(2), 63–70. https://doi.org/10.24269/silogisme.v3i2.1270

Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Anggia, V. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Materi Segiempat dan Segitiga Kelas VII SMP/MTs Berbasis Permainan Tradisional Melayu Riau. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Riau. Pekanbaru.

Fuada, S. (2019). Pengujian Validitas Alat Peraga Pembangkit Sinyal (Oscillator) untuk Pembelajaran Workshop Instrumentasi Industri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan:Inovasi Pembelajaran Untuk pendidikan Berkemajuan, 854–861. Ponorogo.

Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa SMP Berdasarkan Teori Belajar Ausubel. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182–192. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644

Kartikasari, P., & Ratu, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Elmobar (Elektronik Modul Aljabar) Untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 602–614. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.221.

Kesumawati, N. (2012). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). 6(2), 30–44. https://doi.org/10.22342/jpm.6.2.4086.30-44

Lestari, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Memanfaatkan Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Gauss: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 26–36. https://doi.org/10.30656/gauss.v1i1.634.

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Marthalena, R., Kartini, K., & Maimunah, M. (2021). Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1427–1438. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.374.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 tentang Matematika SMP. Jakarta.

Mulyani, A., Indah, E. K. N., & Satria, A. P. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Bentuk Aljabar. Mosharafa:Jurnal Pendidikan Matematika. 7(2), 251–262. . https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.24

Nasution, A. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Rekognisi: Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, 1(1), 47–63.

Nesri, F. D. P. (2020). "Pengembangan Modul Ajar Cetak dan Elektronik Materi Lingkaran untuk Meningkatkan Kecakapan Abad 21 Siswa Kelas XI SMA Marsudirni Muntilan”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Nuraeni, R., & Luritawaty, I. P. (2017). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa antara yang Menggunakan Pembelajaran Inside-Outside-Circle dengan Konvensional. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 441–450. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.332

Rohmaini, L., Netriwati, N., Komarudin, K., Nendra, F., & Qiftiyah, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Berbantuan Wingeom Berdasarkan Langkah Borg And Gall. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 176–186. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3649

Saputra, N. (2020). Ekranisasi Karya Sastra dan Pembelajarannya. Surabaya: CV Jakad Media Publishing.

Sari, E. P., Roza, Y., & Solfitri, T. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Kelas V SD Berbasis Permainan Tradisional Rakyat Daerah Riau. Jurnal Online Mahasiswa Universitas Riau, 1(2).

Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2013). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2), 101–116. https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4860

Widiyahti, U. N., Suprapto, E., & Adamura, F. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berkarakter Melalui Permainan Edukatif Matcindo sebagai Learning Exercise bagi Siswa. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(1), 59–70. https://doi.org/10.25273/jipm.v4i1.839




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i4.16717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter