Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Pecahan SMP/MTs

Refni Elvionika, Annisah Kurniati, Depriwana Rahmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis model Problem Based Learning (PBL) pada materi pecahan yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 21 Pekanbaru tahun ajaran 2021/2022, ahli media dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru mata pelajaran matematika, serta siswa kelas VII SMP Negeri 21 Pekanbaru sebagai kelompok kecil. Objek dalam penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pecahan. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas, LKS berbasis model PBL dinyatakan berada pada kategori sangat valid dengan tingkat kevalidan 92,4%. Berdasarkan uji praktikalitas, LKS berbasis PBL dinyatakan berada pada kategori sangat praktis dengan tingkat kepraktisan kelompok kecil 90%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan valid dan praktis.

Full Text:

PDF

References


Agusdianita, Neza, dan Salati Asmahasanah. 2020. “Penyusunan Perangkat Model Quantum Teaching dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan RME untuk Meningkatkan Prestasi Belajar, Kreativitas, dan Karakter Siswa Sd.” Attadib: Journal of Elementary Education 4 (1): 84–90. https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.633.

Bhoke, Wilibaldus, dan Florentina Elvin Bara. 2021. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Penemuan Terbimbing Berbantuan Geogebra Untuk Membelajarkan Materi Trigonometri Pada Siswa Kelas X SMA.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5 (3): 10429–43.

Dwita, Asri, dan Sugiman Sugiman. 2021. “Analisis Kesalahan-Kesalahan Siswa dalam Tes Kemampuan Berpikir Kreatif Materi Pecahan berdasarkan Analisis Newman.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 10 (2): 758–65. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3462.

Gusmiro, Tito, M. Fachrruddin S, dan Della Maulidiya. 2017. “Efektivitas Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Matematika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pokok Bahasan Perbandingan.” Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) 1 (2): 101–5. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.2.101-105.

Hariyanto, Warsono. 2013. Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rodakarya.

Hartono. 2019. Metode Penelitian. Pekanbaru: Zanafa Publisher.

Helmiati. 2012. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Mulyatiningsih, Endang. 2014. Motode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Riduwan. 2018. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sari, Indah Purnama, Supandi Supandi, dan Lilik Ariyanto. 2020. “Pengembangan E-Learning Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII.” Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 2 (2): 102–7. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i2.5770.

Sari, Suci Mahya. 2020. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika di SMA.” jurnal Serambi ilmu 21 (2): 211–28. https://doi.org/10.32672/si.v21i2.2235.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). 2 ed. Bandung: Alfabeta.

Susilowati, Susilowati, Muhammad Hajarul Aswad A, dan Hasri Hasri. 2018. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIIa SMPN 1 Kalaena Kecamatan Kalaena Kabupaten Luwu Timur.” Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 11 (1): 55–72. https://doi.org/10.31332/atdb.v11i1.945.

Yustianingsih, Rizza, Hendra Syarifuddin, dan Yerizon Yerizon. 2017. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII.” JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 1 (2): 258–74. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.563.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i2.16362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter