Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Teori Newman

Gumanti Gumanti, Kartini Kartini

Abstract


Pembelajaran matematika bertujuan untuk melatih kemampuan menyelesaikan masalah. Namun seringkali siswa melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal penyelesaian masalah. Oleh sebab itu seyogyanya seorang guru harus mengetahui di mana letak kesalahan siswa. Tujuan penelitian ini adalah menyelidiki bentuk dan jenis kesalahan siswa serta penyebab terjadinya kesalahan tersebut khususnya pada soal berbasis penyelesaian masalah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa dan faktor penyebabnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Instrumen tes yang digunakan adalah soal tes berbasis kemampuan penyelesaian masalah matematis materi aritmatika sosial subbab potongan dan bunga tabungan. Instrumen wawancara yang digunakan berupa daftar pertanyaan berkaitan dengan kesalahan yang dilakukan setiap soalnya. Hasil wawancara digunakan untuk mendeskripsikan penyebab siswa melakukan kesalahan. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis kesalahan dilakukan berdasarkan Teori Newman yaitu: (1) reading error, (2) comprehension error, (3) transformation error, (4) process skill error, dan (5) encoding error. Dari hasil analisis diperoleh data bahwa kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa adalah transformation error dan process skill error. Hasil analisis juga menyatakan bahwa semua soal valid dan reliabel dengan tingkat reliabilitas sebesar 0.96. Penyebab kesalahan yang terjadi diantaranya siswa tidak dapat menggunakan rumus yang tepat dalam menyelesaikan soal dan ceroboh dalam melakukan perhitungan.

Full Text:

PDF

References


Amni, R., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Bagian Balok Berdasarkan Teori Newman. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(3), 215–224.

Annisa, R., & Kartini. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Aritmatika Menggunakan Tahapan Kesalahan Newman. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 522–532.

Arumiseh, N. E., Hartoyo, A., & Bistari. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Berdasarkan Newman’s Error Analysis di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9), 1–9.

Jami, M. P., Murniasih, T. R., & Yuwono, T. (2020). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Berdasarkan Tahapan Newman. Pi: Mathematics Education Journal, 3(1), 1–9.

Kurnia, L. K., & Yuspriyati, D. N. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial berdasarkan Teori Newman. Jurnal Mathematics Paedagogic, 4(2), 116–125.

Layn, M. R., & Kahar, M. S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2), 95–102.

Meldawati, M., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Bilangan Berpangkat Bulat Positif. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 10(1), 1–14.

Ningsih, W., Rohaeti, E. E., & Maya, R. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Aritmatika Sosial berdasarkan Tahapan Newman. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 177–184.

Polya, G. (2004). How to Solve it: A New Aspect of Mathematical Method. New Jersey: Princeton University Press.

Rosmiati, F., & Maya, R. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Aritmatika Sosial dengan Tahapan Newman. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1365–1374.

Sari, A. M., Susanti, N., & Rahayu, C. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Aritmatika Sosial Kelas VII. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 4(2), 59–66.

Senita, A., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Dimensi Tiga Kelas XI MIPA SMAN 1 Gunung Toar Berdasarkan Teori Newman. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(3), 197–204.

Subchan, Winarni, Mufid, M. S., Fahim, K., & Syaifudin, W. H. (2018). Buku Guru Matematika untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Susilowati, P. L., & Ratu, N. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Newman dan Scaffolding pada Materi Aritmatika Sosial. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 13–24.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i1.16117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter