Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung Berbasis Discovery Learning

Khoiratul Adawiyah, Kartini Kartini, Susda Heleni

Abstract


Guru harus mempersiapkan pembelajarannya agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Persiapan yang dimaksud dapat berupa perencanaan pembelajran, bahan ajar atupun lembar erja yang baik sesuai materi yang akan diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang meliputi silabus, RPP dan LAS berbasis model discovery learning. Penelitian pengembangan yang dilakukan menggunakan model 4-D. Data dikumpulkan melalui angket. Instrumen penelitian berupa angket validasi perangkat pembelajaran dan angket respon siswa terhadap LAS yang digunakan untuk melihat keparktisan LAS. Validasi dilakukan oleh tiga orang ahli dan praktisi. Hasil uji validasi menunjukkan produk yang dikembangkan layak digunakan. LAS yang telah valid selanjutnya dilakukan ujicoba kelompok kecil. Responden pada penelitian ini adalah 12 siswa MTs Thamrin Yahya Rambah Hilir. Rata-rata skor respon siswa menyimpulkan perangkat pembelajaran mudah digunakan. Perangkat pembelajaran menggunakan model discovery learning layak dan mudah digunakan. Keefektivannya untuk materi bangun ruang sisi datar masih perlu diteliti


Full Text:

PDF

References


Agustini, W. A., & Fitriani, N. (2021). Analisis kesulitan siswa smp pada materi bangun ruang sisi lengkung. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 91–96. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.91-96

Ariawan, R., Kurniasari, A., Effendi, L. A., & Yolanda, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook dengan Model Discovery Learning pada Materi Trigonometri Kelas XI SMA. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(1), 1–10.

Betyka, F., Putra, A., & Erita, S. (2019). Pengembangan lembar aktivitas siswa berbasis penemuan terbimbing pada materi segitiga. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 179–189. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7684

Dahar, R. W. (2010). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Daryanto, Dwicahyono, A., & Purwanto, D. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Fitriyah, D. N., Santoso, H., & Suryadinata, N. (2018). Bahan Ajar Transformasi Geometri Berbasis Discovery Learning melalui Pendekatan Etnomatematika. Jurnal Elemen, 4(2), 145–158. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.705

Handita, Y., Prasetyo, P. W., & Sugiyem. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Saat Pandemi. Jurnal Derivat, 9(1), 82–94. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v9i1.2990

Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21: Kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Bogor: Galia Indonesia.

In’am, A., & Hajar, S. (2017). Learning geometry through discovery learning using a scientific approach. International Journal of Instruction, 10(1), 55–70. https://doi.org/10.12973/iji.2017.1014a

Jumriani, J. (2020). Pengembangan Perangkat Model Discovery Learning dengan Pendekatan Problem Solving Pada Materi Trigonometri. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 17–26.

Kaligis, J. R., & Darmodjo, H. (1992). Pendidikan IPA II. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kariman, D., Harisman, Y., Sovia, A., & Prahmana, R. C. I. (2019). Effectiveness of guided discovery-based module: A case study in Padang city, Indonesia. Journal on Mathematics Education, 10(2), 239–250. https://doi.org/10.22342/jme.10.2.6610.239-250

Kartika, S., Revita, R., & Irma, A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Discovery Learning pada Materi Segiempat di Kelas VII SMP / MTs. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(1), 49–58.

Khotimah, R. P., & Masduki, M. (2016). Improving teaching quality and problem solving ability through contextual teaching and learning in differential equations: a lesson study approach. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v1i1.1791

Kristin, F., & Rahayu, D. (2016). Pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 84–92.

Marasabessy, R., Hasanah, A., & Juandi, D. (2021). Bangun Ruang Sisi Lengkung dan Permasalahannya dalam Pembelajaran Matematika : Suatu Kajian Pustaka. Equals: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 1–20.

Marianda, U., Maimunah, & Armis. (2021). Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning untuk Materi Relasi dan Fungsi ( Suatu Studi Pengembangan ). JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(4), 379–388.

Meilantifa, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Lingkaran. Jurnal Ilmiah Soulmath: Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 6(2), 59–64.

Nurdin, E. (2019). Pengembangan lembar kerja berbasis pendekatan terbimbing untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis mahasiswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 111–120. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.7304

Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano, 3(1), 59–72.

Sapilin, S., Adisantoso, P., & Taufik, M. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Peserta Didik dengan Model Discovery Learning pada Materi Fungsi Invers. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 285–296.

Sapitri, L., Syofni, & Suanto, E. (2021). Validitas Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Discovery Learning pada Materi Trigonometri untuk Kelas X. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(1), 7–18.

Thiagarajan, Sivasailam, & Al, E. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: a sourcebook. Bloomington: Indiana University.

Yurniwati, & Hanum, L. (2017). Improving mathematics achievement of Indonesian 5 th grade students trough guided discovery learning. Journal on Mathematics Education, 8(1), 77–84.

Zakiamani, A., Zulkarnain, Z., & Maimunah, M. (2020). Validitas dan Praktikalitas Perangkat Pembelajaran Matematika: Studi Pengembangan di SMPN Islam Teknologi Rambah. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 211–224.

Zulkarnain, I., Kusumawati, E., & Mawaddah, S. (2021). Mathematical communication skills of students in mathematics learning using discovery learning model Mathematical communication skills of students in mathematics learning using discovery learning model. Journal of Physics: Conference Series, 1760, 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1760/1/012045




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i3.16046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter