Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIIB SMP IT Darul Huda Ukui
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Dilaksanakan di kelas VIIIB SMP IT Darul Huda Ukui pada semester II tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah 27 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari silabus, RPP, dan LAS, serta instrumen pengumpulan data yaitu lembaran observasi dan tes Ulangan Harian (UH). Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa dalam proses pelaksanaan pembelajaran pada siklus II mengalami peningkatan dari pelaksanaan pembelajaran pada siklus I. Persentase siswa yang mencapai KKM meningkat dari skor sebelum tindakan, skor UH I, dan skor UH II. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada skor sebelum tindakan, UH I dan UH II berturut-turut (37,03 %), (48,14%) dan (74,07 %). Hal tersebut mremperlihatkan yakni model Problem Based Learning dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIIIB SMP IT Darul Huda Ukui semester II tahun pelajaran 2020/2021.
Kata kunci: Hasil Belajar. Model Problem Based Learning,
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Fahri, M. B. P. (2014). “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran di Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu.” Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako 2(1):67–77.
Kampung, V. Koto, Dalam Padang, dan Pariaman Tahun. (2021). “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VII SMP N 1.” 4(1):63–68.
Khatimah, Khusnil, Sa’dijah Cholis, dan Hery Susanto. (2017). “Pemberian scaffolding untuk mengatasi hambatan berpikir siswa dalam memecahkan masalah aljabar.” Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika 1(1):36–45.
Muslich, Masnur. (2010). “Melaksanakan PTK itu Mudah (Classroom Action Research) Pedoman Praktis Bagi Guru Profrsional / Masnur Muslich.”Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Rahayu, Esti, dan Syariful Fahmi. (2018). “Efektivitas Penggunaan Model Problem based Learning (PBL) dan Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP N 1 Kasihan Kabupaten Bantul Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018.” JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) 1(2):147. doi: 10.24014/juring.v1i2.5671.
Rahmawati, Rima, dan Susda Heleni. (2020). “Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-B SMP PGRI Pekanbaru Tahun Pelajaran 2019/2020. Vol. 3.” JURING (Journal for Research In Mathematics Learning) 3(4):375–84.
Samosir, Christina Monika, dan Titi Solfitri. (2020). “Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII A SMP PGRI Pekanbaru Tahun Pelajaran 2019 / 2020.” JURING 3(4):403–12.” 3(4):403–12. doi: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i4.10312.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Tim Direktorat Pembinaan SMP. (2017). Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i3.15293
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: