Hypothetical Learning Trajectory Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berbasis Realistic Mathematics Education

Isra Hidayati, Belia Deciku, Tuti Azizah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengasilkan lintasan belajar/ HLT Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Penelitian ini menggunakan metode desain research yang terdiri dari 3 tahap yaitu, yaitu preparing for the experiment, design experiment, dan retrospective analysis. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah 3 peserta didik SMPN 3 Lareh Sago Halaban. Ketiga peserta didik ini mewakili masing-masing peserta didik dengan berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hyphotetical Learning Trajectory (HLT) yang diujicobakan menunjukkan bahwa lintasan belajar SPLDV dapat diterapkan dengan pendekatan RME. Selain itu, lintasan belajar SPLDV berbasis RME tersebut diawali dengan mengaitkan antara pengalaman belajar peserta didik dengan konsep baru yang akan disajikan. Selanjutnya, dalam pelaksanaan pembelajaran, peserta didik mengaplikasikan temuan konsep materi baru pada permasalahan kontekstual yang diberikan. Hingga akhirnya peserta didik dapat menerapkan konsep materi SPLDV pada konteks yang berbeda. Peserta didik dapat memahami materi yang diperolehnya melalui pengalaman belajar mereka sendiri. Pengalaman belajar seperti ini akan memperkuat pemahaman peserta didik dalam materi SPLDV.

Kata kunci: Hypothetical Learning Trajectory, SPLDV, Realistic Mathematics Education


Full Text:

PDF

References


Achir, Y. S., Usodo, B., & Retiawan, R. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Paedagogia, 20(1), 78. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i1.16600

Akker, J. Van Den, Bannan, B., Kelly, A. E., Nieveen, N., & Plomp, T. (2013). Educational Design Research Part A : An Introduction. Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO).

Anggraini, M., Fauzan, A., & Musdi, E. (2022). Pengembangan Desain Pembelajaran Topik Peluang Berbasis Realistic Mathematics Education. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 70–78.

Budiyono, A., Kusumaningsih, W., & Albab, I. U. (2019). Desain Pembelajaran Luas Lingkaran dengan Konteks Explore Dapur Berbasis Realistic Mathematics Education ( RME ) di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama ( SMP ). Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(4), 37–44.

Gee, E. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Alur Belajar Berbasis Realistic Mathematics Education (RME). Jurnal Education and Development, 7(3), 269. https://doi.org/10.37081/ed.v7i3.1267

Hanipa, A., Tryana, V., Sari, A., Terusan, J., & Sudirman, J. (2012). Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Siswa. Journal On Education, 01(02), 15–22.

Ibrohim, I., Mansyur, S., Syah, M., Ruswandi, U., Uin, P., Gunung, S., & Bandung, D. (2020). Jurnal Education FKIP UNMA. Ejournal.Unma.Ac.Id, 6(2), 548–560. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.594

Ismail, R. N., Fauzan, A., Arnawa, M., & Armiati, A. (2022). Pengembangan Hypothetical Learning Trajectory Berbasis Realistics Mathematics Education Geometri Transformasi pada Topik Rotasi. Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied, 1(1), 74. https://doi.org/10.30983/lattice.v1i1.4651

Lestari, K. E., & Mokhammad, R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.

Maryani, A., & Setiawan, W. (2021). Analisis Kesulitan Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di MTs Atsauri Sindangkerta. Jurnal Cendekia :Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2619–2627. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.915

Nasir, A. M., Sari, I. E., & Yasmin, Y. (2019). Efektivitas Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(1), 22–32. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.1.2019.1246

Prihatini, S. A., Susilo, D. A., & Hariyani, S. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita spltv berdasarkan tahapan newman. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2010), 364–373.

Rohaeti, E. E., Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2019). Pembelajaran Inovatif Matematika Bernuansa Pendidikan Nilai dan Karakter. Refika Aditama.

Sani, R. A., Manurung, S. R., Suswanto, H., & Sudiran. (2018). Penelitian Pendidikan. Tira Smart.

Simon, M. (2014). Hypothetical Learning Trajectories in Mathematics Education. In Encyclopedia of Mathematics Education (pp. 272–275). Springer, Dordrecht.

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. Maju, 6(1), 101–112.

Thahira, N. F. (2018). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa MTs Di Kabupaten Bandung Pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2015), 1811–1819.

Victoria, R. I. (2020). Pengaruh Pendekatan Scientific Berbasis Relaistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Silogisme : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 4(2), 49. https://doi.org/10.24269/silogisme.v4i2.987

Zulfah. (2017). Analisis Kesalahan Peserta Didik Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel. Journal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika Tambusai, 1(1), 12–16. file:///C:/Users/LAB-19/Downloads/document.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i2.14933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter