Konstruksi Integrasi Islam dan Ilmu Matematika dalam Implementasi Kurikulum Pendidikan Matematika UIN Suska Riau
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis pencapaian integrasi islam dan ilmu matematika dalam rencana, proses, dan penilaian pembelajaran; memperoleh konstruksi integrasi islam dan ilmu matematika dalam rencana, proses, dan penilaian pembelajaran; dan menganalisis faktor-faktor yang mempercepat atau memperlambat pencapaian integrasi islam dan ilmu matematika dalam implementasi kurikulum di program studi Pendidikan Matematika UIN Suska Riau. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif eksploratif. Subjek penelitian adalah dosen pendidikan matematika UIN Suska Riau yang mengajar mata kuliah pada bidang analisis, geometri, statistika, aljabar, matematika terapan, dan matematika sekolah. Data dikumpulkan menggunakan teknik angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil peneltian menunjukkan bahwa pencapaian integrasi islam dan ilmu matematika dalam proses implementasi kurikulum tergolong tinggi saat menyusun rencana pembelajaran semester, dan rendah pada saat melakukan proses pembelajaran dan penilaian. Selain itu drumuskan enam jenis konstruksi model integrasi islam dan ilmu matematika. Faktor penghambat utama dalam pencapaian integrasi islam dalam ilmu matematika adalah tidak adanya atau minimnya referensi/buku panduan tentang cara menerapkan integrasi islam dengan ilmu matematika; sulitnya mencari permasalahan keislaman yang bisa diintegrasikan dengan materi pembelajaran matematika; dan kurangnya pelatihan mengenai integrasi keislaman dan ilmu matematika
Full Text:
PDFReferences
Abdussakir, & Rosimanidar. (2017, April 26). Model Integrasi Matematika dan Al Quran serta Praktik Pembelajarannya. Presented at the Seminar Nasional Integrasi Matematika di dalam Al Quran, Buktitinggi.
Akbarizan. (2014). Integrasi Ilmu Perbandingan antara UIN Suska Riau dan Universitas UMMU Al Quran Makkah. Riau: Suska Press.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Bahtiar, A. (2001). Filsafat Ilmu. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Bakar, O. (1998). Hierarki Ilmu: Membangun Rangka-Pikir Islamisasi Ilmu. Bandung: Mizan.
Coales, J. B. (1950). Leaders of Modern Thought. London: Longmans Green.
Dahlan, J. A. (2011). Analisis kurikulum matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Fiteriani, I. (2014). Analisis Model Integrasi Ilmu dan Agama dalam Pelaksanaan Pendidikan di Sekolah Dasar Islam Bandar Lampung. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 1(2), 150-179. https://doi.org/10.24042/terampil.v1i2.1314
Ghulsyani, M. (2001). Filsafat-Sains Menurut Al-Qur’an. Diterjemahkan oleh Agus Efendi. Bandung: Mizan.
Haryono, D. (2014). Filsafat Matematika. Bandung: Alfabeta.
Kramer, E. E. (1952). The Main Stream of Mathematics. New York: Oxford University Press.
Leonhardy, A. (1962). Introductory College Mathematics, 5th Printing. New York: John Wiley & Sons.
Meserve, B. E., & Sobel, M. A. (1964). Introduction to Mathematics. Englewood Cliffs: Prentice-Hall.
Moleong, L. J. (2001). Metode Penelitiaan Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nata, A. (2005). Integrasi Ilmu Agama & Ilmu Umum. Jakarta: Rajawali Press.
Panduan dan Informasi Akademik UIN Suska Riau. (2016).
Rifai, N., Fauzan, F., & Bahrissalim, B. (2014). Integrasi Keilmuan dalam Pengembangan Kurikulum Di UIN Se-Indonesia: Evaluasi Penerapan Integrasi Keilmuan UIN dalam Kurikulum dan Proses Pembelajaran. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 2(1), 13–34. doi: 10.15408/tjems.v1i1.1108
Ruseffendi, E. T. (1988). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Santrock, J. H. (2009). Educational Psychology (Jilid II) (3rd ed.). Jakarta: Salemba.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, E. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.
Suprayogo, I. (2006). Paradigma Pengembangan Keilmuan Islam Perspektif UIN Malang. Malang: UIN-Malang Press.
Susilana. (2006). Kurikulum Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UPI.
Sutton, O. G. (1962). Mathematics in Action. London: English Book Society.
Walle, J. A. V. (2007). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Erlangga.
Zarkasih, et al. (2016). Integrasi Ilmu Naqli dan Aqli dan Implementasinya dalam Pembelajaran di Universiti Sains Islam Malaysia (Laporan Penelitian). Pekanbaru: UIN Suska Riau.
Zarkasih, et al. (2017). Pengembangan Model Integrasi Sains dengan Islam di UIN Sultan Syarif Kasim Riau (Laporan Penelitian). Pekanbaru: UIN Suska Riau.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i2.14892
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: