Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik

Khoirian Sawilda, Putri Yuanita, Sakur Sakur

Abstract


Salah satu fokus utama tujuan pembelajaran matematika ialah supaya peserta didik menguasai kemampuan pemecahan masalah matematis (KPMM), akan tetapi diketahui KPMM peserta didik masih cukup rendah dan perangkat pembelajaran guru belum bisa dikatakan memfasilitasi adanya kemampuan tersebut. Penelitian ini ditujukan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran terdiri dari silabus, RPP dan LKPD berbasis Problem Based Learning untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi sistem persamaan linear dua variabel yang valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan merupakan model 4-D (Define, Design, Develop and Disseminate). Perangkat pembelajaran divalidasi tiga orang validator dan dievaluasi satu-satu untuk melihat keterbacaan lembar kerja peserta didik. Hasil keseluruhan analisis validasi menunjukan produk yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan persentase rata-rata silabus 88,43%, RPP 90,90% dan LKPD 90,58%. LKPD yang telah valid kemudian diujicobakan dalam kelompok kecil berjumlah 10 orang peserta didik . Hasil ujicoba tersebut diperoleh rata-rata 3,57 dengan kategori sangat praktis. Hasil analisis data menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan bisa memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dan dapat digunakan saat proses pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Aditya, S., & Ernawati, I. (2018). Meningkatkan kemampuan operasi dasar aljabar kelas X melalui PBL berpendekatan algebraic reasoning. Jurnal UNNES, 1, 304–308.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Anggraini, D., Testiana, G., & Wardani, A. K. (2020). Pembelajaran matematika materi SPLDV menggunakan model pembelajaran creative problem solving (CPS). Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 119–128. https://doi.org/10.24014/sjme.v6i2.9124

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Daryanto, Dwicahyono, A., & Purwanto, D. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Gava Media.

Daulay, L. A., Asnawi, A., & Letisa, R. (2020). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) dan think pair share Terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 129–134. https://doi.org/10.24014/sjme.v6i2.9648

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. PT Refika Aditama.

Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dari perspektif minat belajar? JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 141–148. https://doi.org/10.24014/juring.v3i1.9597

Hidayat, R., Roza, Y., & Murni, A. (2018). Peran penerapan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan literasi matematis dan kemandirian belajar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 213–218. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i3.5359

Nugraha, A. A. (2018). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa SMP pada materi sistem persamaan linear dua variabel ( SPLDV ). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 59–64. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897

Nurhayati, F., Widodo, J., & Soesilowati, E. (2015). Pengembangan LKS berbasis problem based learning (PBL) pokok bahasan tahap pencatatan akuntansi perusahaan jasa. Jornal of Economic Education, 4(1), 14–19.

OECD. (2019). PISA results 2018: combined executive summaries. https://www.oecd.org/pisa/Combined_Executive_Summaries_PISA_2018.pdf.

Radeswandri. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis problem based learning (PBL) pada materi bilangan bulat. Suara Guru: Jurnal Pendidikan, Sosial, Sains dan Humaniora, 2(2), 101–110. https://doi.org/10.24014/suara%20guru.v2i2.2409

Rahyu, E., & Fahmi, S. (2018). Efektivitas penggunaan model problem based learning (PBL) dan inkuiri terhadap hasil belajar matematika siswa SMP N 1 Kasihan Kabupaten Bantul semester genap tahun ajaran. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 147–152. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i2.5671

Reski, R., Hutapea, N., & Saragih, S. (2019). Peranan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 49–57. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i1.5360

Sari, S. M. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran problem based learning (PBL) dalam pembelajaran matematika di SMA. Serambi Ilmu: Journal of Scientific Information and Education Creativity, 21(2), 211–228.

Setyosari, P., Kuswandi, D., & Dwiyogo, W. D. (2016). The Effect of Learning Strategy and Cognitive Style toward Mathematical Problem Solving Learning Outcomes. 6(3), 137–143. https://doi.org/10.9790/7388-060304137143

Sudijono, A. (2017). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Thiagarajan, Sivasailam, & Al, E. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: a sourcebook. Indiana University.

Trianto. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Kencana Prenada Media Group.

Yanti, A. H. (2017). Penerapan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah menengah pertama Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2), 118–129.

Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258–274.

Zakiamani, A., Zulkarnain, Z., & Maimunah, M. (2020). Validitas dan Praktikalitas Perangkat Pembelajaran Matematika: Studi Pengembangan di SMPN Islam Teknologi Rambah. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 211–224.

Zulfah, Z. (2017). Analisis Kesalahan Peserta Didik Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas Viii Mts Negeri Sungai Tonang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 12–16.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i1.14641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter