Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook dengan Model Discovery Learning pada Materi Trigonometri Kelas XI SMA

Rezi Ariawan, Al Kurniasari, Leo Adhar Effendi, Fitriana Yolanda

Abstract


Proses pembelajaran yang monoton dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran menjadi salah satu alasan kurang efektifnya proses pembelajaran dan antusiasme peserta didik dalam pembelajaran. Oleh karena itu, guru perlu melakukan inovasi dalam pembelajaran dengan memanfaatkan salah satu  media pembelajaran berbasis teknologi dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat agar proses pembelajaran menjadi efektif dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kevalidan  produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran flipbook dengan model discovery learning pada materi trigonometri untuk  kelas XI SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan desain sesuai teori Borg & Gall yang telah dimodifikasi, dengan tahapan: 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen non tes yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket berupa lembar validasi media pembelajaran flipbook dengan menggunakan skala likert. Produk ini divalidasi oleh 4 validator yang terdiri dari 2 dosen pandidikan matematika Universitas Islam Riau dan 2 guru matematika SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan dilihat dari hasil validitas gabungan yang menunjukkan bahwa media berada dalam kriteria “Valid” dengan skor 78,01 %, juga dilihat dari segi aspek penilaian media pembelajaran ini berada ada kriteria “Valid” dengan skor 75,99 %. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan media pembelajaran flipbook dengan model discovery learning pada materi trigonometri yang telah dikembangkan ini layak untuk digunakan.


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Hayati, S., Budi, A. S., & Handoko, E. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 4, 49–54. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Kasri, K. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika melalui Media Puzzle Siswa Kelas I SD. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 2(3), 320–325.

Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Media Storyboard pada Siswa Kelas X SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 1–12.

Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Maharani, B. Y., & Hardini, A. T. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Benda Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(5), 549–561.

Melianti, E., Risdianto, E., & Swistoro, E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Director pada Materi Usaha dan Energi Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1 April), 1–10.

Novilanti, F. R. E., & Suripah, S. (2021). Alternatif Pembelajaran Geometri Berbantuan Software GeoGebra di Masa Pandemi Covid-19Alternatif Pembelajaran Geometri Berbantuan Software GeoGebra di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 357–367. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.538

Nufus, H., Ariawan, R., Nurdin, E., & Hasanuddin. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Berdasarkan Level Kemampuan Matematis. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(1), 29–42.

Safitri, I. (2015). Pengembangan E-Module dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Flipbook Maker pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas Viii Smp. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 1–10.

Selvia, S., Suratman, D., & Hartoyo, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Flipbook Dikaitkan dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(1).

Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2013). Virtual Module: Multimedia Flipbook, basic Digital Technique. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2), 101–116.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, P., & Yolanda, F. (2020). Development of Macromedia Flash Based Teaching Materials on It-Based Statistic Data Analysis. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 8(2), 131–138.

Zetriuslita, Z., Ariawan, R., & Nufus, H. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Uraian Kalkulus Integral berdasarkan Level Kemampuan Mahasiswa. Infinity Journal, 5(1), 56–66. https://doi.org/10.22460/infinity.v5i1.p56-66.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i1.13949

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter