Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self Confidence Siswa SMP/MTs
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang menerapkan model pembelajaran group investigation dengan siswa yang menerapkan pembelajaran langsung ditinjau dari self confidence siswa yang tinggi, sedang, dan rendah pada MTs Khairul Ummah Air Molek. Serta untuk mengetahui ada atau tidak interaksi antara model pembelajaran group investigation dengan self confidnece siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian factorial eksperiment. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII. Pengambilan sampel kelas menggunakan Cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, observasi, dan dokumentasi.Instrumen yang digunakan adalah soal tes, angket self confidence siswa, lembar observasi pembelajaran dan dokumen-dokumen penting.Analisis data penelitian menggunakan teknik uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data diketahu bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran group investigation dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung di MTs Khairul Ummah Air Molek, dan terdapat perbedaan kemampuan pemecahan matematis antara siswa yang memiliki self confidence tinggi, sedang, dan rendah. Namun, tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran group investigation dengan self confidence siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.
Full Text:
PDFReferences
Fatimah, S., Nur, F., Suharti, S., Sulasteri, S., & Angriani, A. D. (2021). Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Group Investigation. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(2), 191. https://doi.org/10.31941/delta.v9i2.1319
Fauziah, R., Maya, R., & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 881. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p881-886
Hija, A., Nirawati, R., & Prihatiningtyas, N. C. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Peluang Kelas X MIPA. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 25. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.79
Julianti, R., & Ainunnisa, D. A. (2020). Hubungan Self-Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), 2.
Maulidya, N. S., & Nugraheni, E. A. (2021). Analisis Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Ditinjau dari Self Confidence. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2584–2593. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.903
Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. Purwokerto: CV. IRDH.
Mendrofa, R. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Vii Smps Pembda 2 Gunungsitoli. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 139–146. https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.637
Natsir, I., & Taufik, A. R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 33–38. https://doi.org/10.30598/jupitekvol3iss1pp33-38
Ningsih, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII MTsN Kabupaten Kerinci. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 351–362. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.118
Nurojab, E. S., Triyana, veny, & Sari, A. (2019). Evi Supriatna Nurojab dan Veny Triyana Andika Sari. (2019). Hubungan Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa.JPMI, Volume 2, No.5, September 2019. JPMI, 2(5).
Partayasa, W., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2020). Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Minat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 168. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2644
Purnamasari, U. A., Arifuddin, M., & Hartini, S. (2018). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 130. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i1.4471
Putra, H. D., Putri, W. A. S., Fitriana, U., & Andayani, F. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Siswa SMP. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 60–70. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i2.1313
Susanto, H. A. (2015). Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasar Gaya Kognitif. Yogyakarta: Deepublish.
Tarigan, T. B., & Irwan, M.Pd, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Pecahan Kelas Vii. Jurnal Serunai Matematika, 12(2), 60–68. https://doi.org/10.37755/jsm.v12i2.306
Taylor, R. (2011). Kiat-Kiat PEDE untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri. Jakarta: PT. Gramedia.
Tinambunan, D. D., Fathurrohman, M., & Khaerunnisa, E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika, 2(1), 30. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v2i1.8322
Widiawati, S., Hikmawati, H., & Wahyudi, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 40–48. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.459
wulandari, & Sinambela, N. . (2017). Hubungan Kepercayaan Diri (Self-Confidence) Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Problem Basedlearning Di Man Kisaran. INSPIRATIF : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.24114/jpmi.v3i2.8992
Yunita, S., Andriani, L., & Irma, A. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kampar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 11. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4700
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i2.13925
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: