Kemampuan Literasi Matematis Pada Soal Matematika PISA Konten Quantity dan Konten Change and Relationship

Maulida Hasanah, Dori Lukman Hakim

Abstract


Artikel ini akan membahas mengenai kemampuan literasi matematis pada siswa sekolah menengah, dimana kemampuan literasi matematis merupakan kemampuan esensial untuk dimiliki siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Kajian ini bertujuan untuk memberikan gambaran serta menggali lebih dalam tentang kemampuan siswa dalam merumuskan masalah nyata secara matematika, menerapkan konsep matematika, fakta, dan penalaran matematis, serta kemampuan siswa untuk menafsirkan masalah tersebut yaitu dalam bentuk solusi, hasil atau kesimpulan matematis. Adapun cara untuk melihat bagaimana kemampuan literasi matematis siswa salah satunya dengan menggunakan soal matematika PISA khususnya pada konten quantity dan konten change and relationship. Studi kepustakaan merupakan metode penelitian yang dipilih dimana penulis melakukan studi literatur pada beberapa artikel ilmiah hasil penelitian berkaitan dengan literasi matematis yang diambil secara online melalui hasil download. Kajian atau data yang didapatkan merupakan data sekunder yang diperoleh dari berbagai artikel ilmiah, skripsi, buku, tesis, ataupun disertasi terkait literasi matematis. Sehingga dalam artikel ini diperlihatkan gambaran sejauh mana permasalahan kemampuan literasi matematis siswa pada soal matematika PISA konten quantity dan konten change and relationship.


Full Text:

PDF

References


Arfianto, H., & Hakim, D. L. (2019). Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Fungsi Komposisi. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika 2019. 1248–1256.

Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika 2019, 65–72. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika.

Elentriana, H., & Febrima, R. (2017). Kemampuan Menyelesaikan Soal Matematika (PISA) dan Daya Juang Siswa dalam Menghadapi UN. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 335–342.

Erlina, & Hakim, D. L. (2019). Kecerdasan Logis Matematis Siswa SMP pada Scaffolding. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika 2019, 1165–1173. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/download/2941/1971.

Fadillah, A. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Deduktif Matematis Siswa. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika (JTAM), 3(1), 15–21.

Fadillah, A., & Ni’mah. (2019). Analisis Literasi Matematika Siswa Dalam Memecahkan Soal Matematika PISA Konten Change and Relationship. Analisis Literasi Matematika Siswa Dalam Memecahkan Soal Matematika PISA Konten Change and Relationship, 3(2), 127–131. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jtam.v3i2.1035

Fridanianti, A., Purwati, H., & Murtianto, Y. H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas VII SMP Negeri 2 Pangkah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Kognitif Impulsif. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 11–20. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2221

Hakim, D. L. (2017a). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Matematika Media Prezi. UNES Journal of Community Service, 2(2), 157–163.

Hakim, D. L. (2017b). Penerapan Mobile Learning Dalam Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis, Refresentasi Matematis, Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Hakim, D. L. (2017c). Penerapan Permainan Saldermath Algebra Dalam Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Di Karawang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (JIPMat), 2(1), 10–19. https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1476

Hakim, D. L. (2014). Efforts to Improve Student Learning Ourcomes By Using Cooperative Learning Type of Student Teams Achievement Division (STAD). Proceeding of International Conference On Research, Implementation And Education Of Mathematics And Sciences, 135–142.

Hakim, D. L., & Daniati, N. (2014). Efektivitas Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMP. Seminar Nasional Riset Inovatif II, 2, 259–264.

Hakim, D. L., & Sari, R. M. M. (2019). Aplikasi Game Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghitung Matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1), 129–141. https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4860

Hasanah, M., & Haerudin. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII SMP Pada Materi Statistika. MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 233–244.

Hijriani, L., Rahardjo, S., & Rahardi, R. (2018). Deskripsi Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal PISA. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(5), 603–607. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Kurniasih, R., & Hakim, D. L. (2019). Berpikir Kritis Siswa Dalam Materi Segiempat. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika 2019, 1135–1145.

Mahdiansyah, & Rahmawati. (2014). Mathematical Literacy of Student at Secobdary Education Level : An Analysis Using International Test Design with Indonesian Context. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20, 452–469. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.158

Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. Prisma (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 1, 140–144.

Maulana, A., & Hasnawati, H. (2016). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri 15 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(2), 1–14. http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPPM/article/viewFile/3060/2297

NCTM. (2000). Principle and Standards For School Mathematics. Reston. ISBN.

Noviana, K. Y., & Murtiyasa, B. (2020). Kemampuan Literasi Matematika Berorientasi PISA Konten Quantity Pada Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 195–211. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.2830

Nurjanah, U., & Hakim, D. L. (2019). Number Sense Siswa Pada Materi Bilangan. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika 2019, 1174–1182. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

OECD. (2010). PISA 2012 Mathematics Framework: Draft Subject to Possible Revision After The Field Trial. OECD. http://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/46961598.pdf

OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. In OECD Publishing. https://doi.org/10.1201/9780203869543-c92

OECD. (2014). PISA 2012 Results: What Students Know and Can Do Student Performance in Mathematics, Reading and Science Volume. In CrossRef Listing of Deleted DOIs (Vol. 1). https://doi.org/10.1787/9789264201118-en

Suciati, D. R., & Hakim, D. L. (2019). Koneksi Matematis pada Materi Kubus dan Balok. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 1155–1165.

Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sulastri, R., Johar, R., & Munzir, S. (2014). Kemampuan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah Menyelesaikan Soal PISA Most Difficult Level. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2), 13–21. https://doi.org/10.24815/jdm.v1i2.2057

Wardani, S., & Rumiati. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. In Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Wulandari, E., & Raekha, A. (2018). Menyambut PISA 2018 : Pengembangan Literasi Matematika Untuk Mendukung Kecakapan Abad 21. De Fermat:Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31–38.

Yulianto, Y. R. D. (2019). Profil Kemampuan Proses Matematis dan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas X MIPA SMAK Seminari Garum dalam Menyelesaikan Soal Adaptasi Tes PISA Konten Perubahan dan Hubungan. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i2.13785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter