Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abdi, M., & Hasanuddin, H. (2018). Pengaruh model pembelajaran think pair share dan motivasi belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa Sekolah Menengah Pertama. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 99–110. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.4778
Anggraini, D., Testiana, G., & Wardani, A. K. (2020). Pembelajaran matematika materi SPLDV menggunakan model pembelajaran creative problem solving (CPS). Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 119–128. https://doi.org/10.24014/sjme.v6i2.9124
Astuti, A., & Sari, N. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) pada mata pelajaran matematika siswa kelas X SMA. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 13–24. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.16
Daulay, L. A., Asnawi, A., & Letisa, R. (2020). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) dan think pair share terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 129–134. https://doi.org/10.24014/sjme.v6i2.9648
Fatahillah, A., Wati, Y. F., & Susanto. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan tahapan Newman beserta bentuk scaffolding yang diberikan. Jurnal Kadikma, 8(1), 40–51. Retrieved from http://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/5229
Fatmasuci, F. W. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah berorientasi pada kemampuan komunikasi dan prestasi belajar matematika siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 32. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.11325
Hi.Idris, F., Hamid, I., & Ardiana. (2015). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal penerapan sistem persamaan linear dua variabel. Delta-Pi:Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 92–98.
Karuniakhalida, P., Maimunah, M., & Murni, A. (2019). Development of ICT-Based Mathematical Media on Linear Program Materials to Improve Motivation Learning Students. Journal of Educational Sciences, 3(2), 195. https://doi.org/10.31258/jes.3.2.p.195-204
Latifah, S. S., & Luritawaty, I. P. (2020). Think Pair Share sebagai Model Pembelajaran Kooperatif untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 35–46.
Manibuy, R., Mardiyana, & Saputro, D. R. S. (2014). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat berdasarkan taksonomi solopada kelas X SMA negeri 1 plus di kabupaten nabire papua. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9), 933–945.
Noah, S. M., & Ahmad, J. (2008). Pembinaan Modul: Bagaimana Membina Modul Latihan dan Modul Akademik. Selangor Darul Ehsan: Universiti Putra Malaysia.
Nurdin, E. (2019). Pengembangan lembar kerja berbasis pendekatan terbimbing untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis mahasiswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 111–120. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.7304
Puspendik Kemendikbud. (2019). Laporan hasil ujian nasional. Retrieved February 1, 2021, from Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan website: https://hasilun.puspendik.kemendikbud.go.id
Puspitasari, E., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2015). Analisis kesulitan siswa menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variabel di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 1–9.
Rahardjo, M., & Waluyati, A. (2011). Pembelajaran soal cerita pada operasi hitung campuran di SD. In Modul Matematika SD Program Bermutu. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika (PPPPTK) Kementerian Pendidikan Nasional.
Rusman. (2017). Belajar dan pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Siregar, A. P., Risnawati, & Nurdin, E. (2018). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis modelgenerative learning untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa Sekolah Menengah Pertama Kampar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 111–118. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.4758
Wulansari, A. M. D. A., & Arcana, P. I. N. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran model kooperatif tipe think pair share ( TPS ) berbantuan modul baris kolom untuk persamaan garis di SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 120–128. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2302/1265
Zulfah, Z. (2017). Analisis kesalahan peserta didik pada materi persamaan linear dua variabel di kelas VIII MTs Negeri Sungai Tonang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 12–16.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i3.13698
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: