Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Bagian Balok Berdasarkan Teori Newman

Rodhitul Amni, Kartini Kartini

Abstract


Proses dalam pembelajaran matematika di tingkat SD, SMP dan SMA perlu diadakannya evaluasi dalam menilai kualitas pembelajaran, salah satunya menentukan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang diberikan guru. Ditemukan masih banyaknya siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika pada beberapa sekolah yang salah satunya peneliti temukan di MTs Al Muhajirin Tapung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitataif dengan metode deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika materi balok menggunakan teori Newman Error pada siswa kelas VIIIA di MTs Al Muhajirin Kecamatan Tapung pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes yang terdiri dari 4 soal uraian dan non tes yaitu dokumentasi. Analisis data yang peneliti gunakan yaitu pengolahan data, penganalisisan data dan penafsiran data. Dari analisis data didapat hasil bahwa kesalahan siswa paling banyak terjadi pada soal nomor 3 dan untuk jenis kesalahan dari 5 tahapan Newman paling banyak terjadi pada tahap akhir atau encoding error

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. H., Liyana, N., Abidin, Z., & Ali, M. (2017). Analysis of Students ’ Errors in Solving Higher Order Thinking Skills ( HOTS ) Problems for the Topic of Fraction. Asian Social Science. 11(21), 133–142. https://doi.org/10.5539/ass.v11n21p133

Budiyono. (2008). Kesalahan Mengerjakan Soal Cerita dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogia. 11(1), 1–8.

Darmawan, I., Kharismawati, A., Hendriana, H., & Purwasih, R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP Berdasarkan Newman dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 71. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4912

Ferdianto, F., & Yesino, L. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi SPLDV Ditinjau dari Indikator Kemampuan Matematis. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(1), 32–36. https://doi.org/10.31235/osf.io/kmwg6

Meldawati, & Kartini. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Bilangan Berpangkat Bulat Positif. Aksiom Jurnal Pendidikan & Matematika. 10(1), 1–14.

Nurjanatin, I., Sugondo, G., & Manurung, M. M. H. (2017). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Luas Permukaan Balok di Kelas VIII–F Semester II SMP Negeri 2 Jayapura. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya, 2(1), 22–31.

Rahayuningsih, P., & Qohar, A. (2014). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dan Scaffolding-nya Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 2(2), 109–116. https://doi.org/10.21831/jpms.v4i2.7161

Rahman, I. H., Yassar, M. M., Fauziah, N. S., Rohmi, N., & Sugilar, H. (2019). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Komunikasi Matematis Materi Bangun Ruang. Jurnal Perspektif, 3(1), 47. https://doi.org/10.15575/jp.v3i1.36

Suciati, I., & Wahyuni, D. S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Kelas V SDN Pengawu. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). 11(2), 129–144. 11(2), 129–144.

Sudiono, E. (2017). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Persamaan Garis Lurus Berasarkan Analisis Newman. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(3), 295–302. https://doi.org/10.30738/.v5i3.1282

Sugiyono. (2012). Stastitik Untuk Penelitian. alfabeta.

Yuzalia, Y., & Nufus, H. (2021). Analisis Newman’s Error Penyelesaian Soal-Soal pada Materi Himpunan Berbasis Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Gaya Kognitif dan Habits of Mind. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning). 4(2), 113–122.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i3.13560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter