Analisis Minat Belajar Matematika Siswa dalam Menggunakan Aplikasi Scratch pada Materi Trigonometri

Syarah Aulia, Zetriuslita Zetriuslita, Sindi Amelia, Rahma Qudsi

Abstract


Belajar merupakan hal yang harus dilakukan semua siswa, sehingga faktor –faktor yang mempengaruhi proses belajar siswa penting untuk diketahui, salah satu pendukung proses belajar adalah minat siswa. Dengan berkembangnya teknologi, penting menarik minat siswa dalam penggunaan teknologi pada proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat belajar matematika siswa dalam menggunakan aplikasi scratch pada materi trigonometri. Metode yang digunakan yaitu deskripsi kuantitatif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan angket yang disebarkan secara online melalui Google Form. Perangkat sudah teruji kevalidannya memalui uji validitas dengan instrumen angket. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2020/2021 terhadap 15 orang siswa Kelas X SMA selama 2 kali pertemuan. Temuan penelitian ini adalah adanya minat belajar siswa menggunakan scratch pada materi trigonometri yang dibuktikan melalui rata-rata persentase minat belajar siswa sebesar 77,6% dengan kategori tinggi. Dari hasil data penelitian, disimpulkan bahwa tingginya minat belajar matematika siswa menggunakan aplikasi scratch pada materi trigonometri.

Full Text:

PDF

References


Achru, A. P. (2019). Pengembangan Minat Belajar dalam Pembelajaran. Jurnal Idaarah, 3(2), 205–215.

Akbar, R. M., Nuriman, & Agustiningsih. (2014). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Energi Panas dan Bunyi Melalui Penerapan Metode Eksperimen pada Siswa Kelas IV B MI Muhammadiyah Sidorejo Tahun Pelajaran 2013 / 2014 ( Increased interest and learning outcomes on basic science subject. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 1–5.

Ardilla, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Iskandar Muda Batam. Pythagoras, 6(2), 175–186.

Ariawan, R., & Wahyuni, A. (2020). The Effect of Applying TPS Type Cooperative Learning Model Assisted by SPSS Software on Students’ Skills in IT-Based Statistical Data Analysis Course. Journal of Physics: Conference Series, 1581(1), 1–7. IOP Publishing.

Ernawati, Nurhayati, L., & Chotimah, S. (2020). Analisis Pengaruh Penggunaan Visual Basic Application Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SD pada Materi Bilangan Prima. Edumatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 19–26.

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Strategi dan Implementasi Pendidikan Karakter pada Era Revolusi Industri 4.0, 93–97.

Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6–11.

Hansun, S. (2014). Rancang Bangun Permainan Interaktif dengan Scratch. Ultimatics, 6(1), 40–45. https://doi.org/10.31937/ti.v6i1.332

Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10–15.

Manalu, A. S., Jumiati, Y., & Setiawan, W. (2019). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Persamaan Garis Lurus Berbantu Aplikasi Geogebra. Journal On Education, 02(01), 63–69.

Mushfi, M. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Distance Learning. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan ISlam, 3(1), 29–40.

Novilanti, F. R. E., & Suripah, S. (2021). Alternatif Pembelajaran Geometri Berbantuan Software GeoGebra di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 357–367. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.538

Palayukan, H. (2018). Analisis Kesalahn Siswa dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan Trigonometri pada Segitiga Siku-Siku Berdasarkan Kriteria Watson si Kelas X SMA Katolik Rantepao. Inspiramatika, 4(1), 47–60.

Pangestu, A. D., Samparadja, H., & Tiya, K. (2015). Pengaruh Minat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Uluiwoi Kabupaten Kolaka Timur. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 17–26.

Prasasty, N., & Utaminingtyas, S. (2020). Penerapan Model Dicovery Learning pada Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1), 57–64.

Pratiwi, A. P., & Bernard, M. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa KElas V Sekolah DAsar pada Materi Satuan PAnjang dalam Pembelejaran Menggunakan Media Scratch. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 891–898.

Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. Adalah: Buletin Hukum dan Keadilan, 4(1), 49–56.

Pyarsha, D. H., & Munandar, D. R. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa SMA pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Sigma, 6(2), 107–113.

Sarah, R., Iskandar, F., & Raditya, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Project-Based Learning Berbantuan Scratch. Seminar Nasional Matematika dan Aplikasinya, 167–172. Surabaya: Universitas Airlangga.

Setiawan, W., Hakim, F. L. N., & Filiestianto, G. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Animasi pada Masa PEndemi Covid-19. Jurnal PEmbelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 435–444.

Sudihartinih, E., Novita, G., & Rachmatin, D. (2021). Desain Media Pembelajaran Matematika Topik Luas Daerah Segitiga Menggunakan Aplikasi Scratch. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1390–1398.

Sumiyati, W., Netriwati, & Rakhmawati, R. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 15–21.

Supriadi, D. (2021). Coding Scratch Basic. Yayasan Sakata Innovation Center.

Suripah, S. (2017). Mengembangkan Keterangan Mengajar Berbasis ICT Bagi Calon Guru Abad XXI. 676–684.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.

Tefa, J. S. (2020). Analysis of Student Interest in Mathematics Learning Through The Fifth Grade Animation Media at SDK Citra Bangsa, Kupang city. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Informatika (JUMPIKA), 2(1), 20–25.

Wahyuni, P. (2019). The Effect of Cooperative Learning Type Student Teams Achievement Division (STAD) on Understanding Mathematical Concepts in Class VIII Students of MTs N Pekanbaru. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(4), 168–172.

Widyastuti, R., Izzah, A., & Kusuma, S. F. (2020). Pengembangan Game Edukasi “ Kangoroo Jump ” Sebagai Media Pembelajaran Kelipatan Persekutuan Terkecil. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 162–176.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243.

Zetriuslita, Nofriyandi, & Istikomah, E. (2021). The Increasing Self-Efficacy and Self-Regulated Through GeoGebra Based Teaching Reviewed from Initial Mathematical Ability (IMA) Level. International Journal of Instruction, 14(1), 587–598.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i3.13128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter