Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Learning Cycle 7E Ditinjau dari Self Efficacy
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Acisli, S., & Turgut, U. (2011). Effect of the 5E learning model on students' academic achievments in movement and force issues. Procedia- Social and Behavioral Sciences, 15, 2459-2462.
Cholid, N., & Achmadi, A. (2013). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Colburn, A., & Clough, M.P. (1997). Implementing the learning cycle. The Sciences Teacher, 64(5), 30-33.
Duran, L. B., & Duran, E. (2004). The 5E model: a learning cycle approach for inquiry-based science teaching. The Science Education Review, 3(2), 49-58.
Fajriah, E. S., Dwidayant, N. K., & Cahyono, E. (2017). Kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari self ffficacy siswa dalam implementasi model pembelajaran ARIAS berpendekatan saintifik. Unnes Jounal of Mathematics Education Research, 6(2), 259-265.
Geifman, D., & Raban, D. R. (2015). Collective problem-solving: the role of self efficacy, skill and prior knowladge. Journal of e-Skills and Lifelong Learning, 11, 159-178.
Hartono. (2018). Metodologi penelitian. Pekanbaru: Zanafa Publishing.
Hayuningrat, S., & Listiawan, T. (2018). Proses berpikir siswa dengan gaya kognitif reflektif dalam memecahkan masalah matematik generalisasi pola. Jurnal Elemen, 4(2), 183-196.
Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian pembelajaran matematika. Bandung: Refika Aditama.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Soemarmo, U. (2017). Hard skills and soft skills matematik siswa. Bandung: Refika Aditama.
Irawan, I. P., Suharta, I. G., & Suparta, I. N. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika: pengetahuan awal, apresiasi matematika dan kecerdasan logis matematis. Seminar Nasional MIPA (pp. 69-73). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Jatisunda, M. I. (2017). Hubungan self efficacy siswa SMP dengan kemampuan pemecahan masalah matematis . Jurnal Theorms (The Original Research of Mathematics), 1(2), 24-30.
Mardaleni, D., Noviarni, & Nurdin, E. (2018). Efek strategi pembelajaran scaffolding terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan kemampuan awal matematis siswa . JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 236-241.
Muhandaz, R., Lestari, M. M., & Kurniati, A. (2018). Pengaruh penerapan pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 260-267.
Noviarni. (2014). Perencanaan pembelajaran matematika dan aplikasinya. Pekanbaru: Benteng Media.
Nuangchalerm, P., Sombat, T., & Sakorn, P. (2009). Factor influencing mathematics problem solving ability of sixth grade students. Journal of Social Sciences, 5, 381-385.
Nufus, H., Wira, C., & Kurniati, A. (2019). Pengaruh penerapan model learning cycle 7E terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau berdasarkan kemandirian belajar siswa SMPN 31 Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 199-210.
OECD. (2019). PISA results 2018: combined executive summaries. https://www.oecd.org/pisa/Combined_Executive_Summaries_PISA_2018.pdf.
Pajares, F., & Miller, M. D. (1994). Role of self efficacy and selfconsept beliefs in mathematical problem solving: a path analysis. Journal of Educations Psychology, 86(2), 193-203.
Ramellan, P., Musdi, E., & Arniati. (2012). Kemampuan komunikasi matematis dan pembelajaran interaktif. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 77-82.
Riansyah, F., & Sari, A. (2018). Pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari kemampuan awal siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 119-126.
Risnanosanti. (2016). Self efficacy mahasiswa terhadap matematika dan pembelajaran berbasis kegiatan lesson study. Jurnal Elemen, 2(2),127-135.
Siregar, A. P., Risnawati, & Nurdin, E. (2018). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis generative learning model untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah menengah kampar. Jouring (Journal for Research for Mathematics Learning), 1(2), 111-118.
Sritesna, T. (2017). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self confidence siswa melalui pembelajaran cycle 7E. Mosharafa, 6(1), 419-430.
Suardana, I. N., Redhana, I. W., Sudiatmika, A. A., & Selamat, I. N. (2018). Students' critical thinking skills in chemistry learning using local culture-based 7E learning cycle model. International Journal of Instruction, 11(2), 399-412. http://doi.org/10.12973/iji.2018.11227a.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanti. (2017). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy siswa MTs melalui pendekatan pendidikan matematika realistik. Suska Jounal of Mathematics Education, 3(2), 92-101.
Wena, M. (2009). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i1.12400
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: