Validitas Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Discovery Learning pada Materi Trigonometri untuk Kelas X SMK/MAK
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aini, S. D., Jannah, U. R., & Masruroh, R. (2017). Identifikasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah trigonometri. Sigma, 3(1), 17–25.
Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Andriani, T., Suastika, I. K., & Sesanti, N. R. (2017). Analisis kesalahan konsep matematika siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri kelas X TKJ SMKN 1 Gempol Tahun Pelajaran 2016/2017. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 34–39.
Asri, D. C., & Samosir, S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa SMAN 2 Palembang melalui model discovery learning pada materi trigonometri. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 2(1), 35–46.
Azni, T. N., & Jailani, J. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran trigonometri berbasis strategi pembelajaran inkuiri melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 284–295.
Fitri, R. A., Noviana, E., & Fendrik, M. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) pada mata pelajaran matematika kelas 5 sekolah dasar (penelitian pengembangan dengan materi volume kubus dan balok di SD IT Al-Fityah). Riau University.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Jumriani, J. (2020). Pengembangan perangkat model discovery learning dengan pendekatan problem solving pada materi trigonometri. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 17–26.
Kemendikbud. (2014). Permendikbud nomor 59 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas Madrasah Aliyah. Jakarta: BNSP.
Kemendikbud. (2016a). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan dan Menengah. Jakarta.
Kemendikbud. (2016b). Permendikbud nomor 24 tahun 2016 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BNSP.
Kemendikbud. (2019). Laporan hasil ujian nasional. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diakses Agustus 12, 2020.
Kristin, F., & Rahayu, D. (2016). Pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 84–92.
Meilantifa, M. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran matematika pokok bahasan lingkaran. Jurnal Ilmiah Soulmath: Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 6(2), 59–64.
Novianti, V., & Riajanto, M. L. E. J. (2021). Analisis kesulitan siswa SMK dalam Menyelesaikan soal materi trigonometri. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 161–168.
Nurdin, E. (2019). Pengembangan lembar kerja berbasis pendekatan terbimbing untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis mahasiswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 111–120. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.7304
Nurdin, E., Risnawati, R., & Ayurila, M. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis group investigation untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 219–226. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.6752
Nurseha, N., Hasbi, M., & Ismaimuza, D. (2017). Penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perbandingan trigonometri dalam segitiga siku-siku di kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 5(2), 162–174.
Rachman, A. F., & Saripudin, S. (2020). Analisis kesalahan siswa kelas xi pada materi trigonometri. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 126–133.
Rawa, N. R., Sutawidjaja, A., & Sudirman, S. (2016). Pengembangan Perangkat pembelajaran berbasis model learning cycle-7e pada materi trigonometri untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(6), 1042–1055.
Revita, R. (2017). Validitas perangkat pembelajaran matematika berbasis penemuan terbimbing. Suska Journal of Mathematics Education, 3(1), 15–26. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v3i1.3425
Sapilin, S., Adisantoso, P., & Taufik, M. (2019). Peningkatan pemahaman konsep peserta didik dengan model discovery learning pada materi fungsi invers. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 285–296.
Yenni, R. F. (2013). Desain Pembelajaran aturan sinus dan aturan cosinus berbasis pmri untuk mengetahui strategi siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 4(1), 88–97.
Zakiamani, A., Zulkarnain, Z., & Maimunah, M. (2020). Validitas dan praktikalitas perangkat pembelajaran matematika: studi pengembangan di SMPN Islam Teknologi Rambah. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 211–224.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i1.12378
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: