Validitas Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Discovery Learning pada Materi Trigonometri untuk Kelas X SMK/MAK

Lenny Sapitri, Syofni Syofni, Elfis Suanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis discovery learning yang valid. Perangat yang dikembangkan adaah Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada materi trigonometri (aturan sinus dan cosinus) untuk kelas X SMK/MAK. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development/R&D. Desain pengembangan yang digunakan ialah dengan model four-d (define, design, develop and disseminate). Data validitas perangkat pembelajaran dikumpulkan melalui angket menggunakan lembar validasi. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh tiga validator serta dievaluasi oleh tiga siswa SMK untuk mengevaluasi keterbacaan LKS. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid. Perangkat pembelajaran matematika berbasis model discovery learning untuk materi trigonometri kelas X SMK/MAK dapat digunakan sebagai penunjang dalam proses pembelajaran matematika.

Full Text:

PDF

References


Aini, S. D., Jannah, U. R., & Masruroh, R. (2017). Identifikasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah trigonometri. Sigma, 3(1), 17–25.

Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Andriani, T., Suastika, I. K., & Sesanti, N. R. (2017). Analisis kesalahan konsep matematika siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri kelas X TKJ SMKN 1 Gempol Tahun Pelajaran 2016/2017. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 34–39.

Asri, D. C., & Samosir, S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa SMAN 2 Palembang melalui model discovery learning pada materi trigonometri. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 2(1), 35–46.

Azni, T. N., & Jailani, J. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran trigonometri berbasis strategi pembelajaran inkuiri melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 284–295.

Fitri, R. A., Noviana, E., & Fendrik, M. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) pada mata pelajaran matematika kelas 5 sekolah dasar (penelitian pengembangan dengan materi volume kubus dan balok di SD IT Al-Fityah). Riau University.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Jumriani, J. (2020). Pengembangan perangkat model discovery learning dengan pendekatan problem solving pada materi trigonometri. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 17–26.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud nomor 59 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas Madrasah Aliyah. Jakarta: BNSP.

Kemendikbud. (2016a). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan dan Menengah. Jakarta.

Kemendikbud. (2016b). Permendikbud nomor 24 tahun 2016 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BNSP.

Kemendikbud. (2019). Laporan hasil ujian nasional. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diakses Agustus 12, 2020.

Kristin, F., & Rahayu, D. (2016). Pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 84–92.

Meilantifa, M. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran matematika pokok bahasan lingkaran. Jurnal Ilmiah Soulmath: Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 6(2), 59–64.

Novianti, V., & Riajanto, M. L. E. J. (2021). Analisis kesulitan siswa SMK dalam Menyelesaikan soal materi trigonometri. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 161–168.

Nurdin, E. (2019). Pengembangan lembar kerja berbasis pendekatan terbimbing untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis mahasiswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 111–120. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.7304

Nurdin, E., Risnawati, R., & Ayurila, M. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis group investigation untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 219–226. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.6752

Nurseha, N., Hasbi, M., & Ismaimuza, D. (2017). Penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perbandingan trigonometri dalam segitiga siku-siku di kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 5(2), 162–174.

Rachman, A. F., & Saripudin, S. (2020). Analisis kesalahan siswa kelas xi pada materi trigonometri. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 126–133.

Rawa, N. R., Sutawidjaja, A., & Sudirman, S. (2016). Pengembangan Perangkat pembelajaran berbasis model learning cycle-7e pada materi trigonometri untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(6), 1042–1055.

Revita, R. (2017). Validitas perangkat pembelajaran matematika berbasis penemuan terbimbing. Suska Journal of Mathematics Education, 3(1), 15–26. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v3i1.3425

Sapilin, S., Adisantoso, P., & Taufik, M. (2019). Peningkatan pemahaman konsep peserta didik dengan model discovery learning pada materi fungsi invers. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 285–296.

Yenni, R. F. (2013). Desain Pembelajaran aturan sinus dan aturan cosinus berbasis pmri untuk mengetahui strategi siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 4(1), 88–97.

Zakiamani, A., Zulkarnain, Z., & Maimunah, M. (2020). Validitas dan praktikalitas perangkat pembelajaran matematika: studi pengembangan di SMPN Islam Teknologi Rambah. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 211–224.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i1.12378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter