Taksonomi Bloom dalam Materi Sistem Persamaan Linear pada Program Paket C di PKBM Hang Tuah Pekanbaru

Yeni Rita, Irna Liza Muliana, Ciptro Handrianto

Abstract


Penerapan teori taksonomi Bloom dalam pembelajaran perlu dilaksanakan karena dapat membantu warga belajar untuk berpikir tingkat tinggi, yaitu menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesesuaian teori taksonomi Bloom pada materi sistem persamaan linear dalam mata pelajaran Matematika yang disusun dan dirancang dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); dan untuk mengidentifikasi pengaruh teori taksonomi Bloom terhadap tingkat kepuasan warga belajar dalam mengikuti proses pembelajaran pada program pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Hang Tuah Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan observasi subjek penelitian secara langsung. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa penerapan taksonomi bloom pada materi pembelajaran Sistem Persamaan Linear pada mata pelajaran Matematika mampu memberikan semangat dan motivasi warga belajar dalam mengikuti pelajaran. Soal-soal yang diberikan mampu meningkatkan pengetahuan, melatih warga belajar menganalisis dan mengevaluasi dalam pemecahan masalah matematis. Disimpulkan bahwa penerapan taksonomi Bloom sesuai pada materi sistem persamaan linear mata pelajaran Matematika yang di rancang dan disusun dalam RPP. Selain itu, penerapan teori taksonomi Bloom mampu meningkatkan kepuasan warga belajar Paket C dalam mengikuti pembelajaran dalam kelas, dan dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi yang dipelajari.

Kata Kunci: Taksonomi Bloom, Sistem Persamaan Linear, Program Paket C


Full Text:

PDF

References


Abdi, M., & Hasanuddin, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 99-110.

Afirda, Y. R., Sa’o, S., & Dhiki. Y. Y. (2020). Penerapan Taksonomi Bloom Dalam Kemampuan Berpikir Menyelesaikan Soal Geometri Pada Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores, 3(2), 121-130.

Anderson, & Kratwohl. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran Pengajaran dan Asesmen (Cetakan ke-1). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Anggraeni, F. (2018). Pelaksanaan Pembelajaran Paket C (Studi Kasus di PKBM Sumber Jaya Indarlaya Mulya). Universitas Sriwijaya.

Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of Educational Objective Handbook I: Cognitive Domain. New York: David McKay.

Budiarto, M. T. (2016). Peran Matematika dan Pembelajarannya Dalam Mengembangkan Kearifan Budaya Lokal Untuk Mendukung Pendidikan Karakter Bangsa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(11).

Dirgantoro, K. P. S. (2018). Kompetensi Guru Matematika Dalam Mengembangkan Kompetensi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(2), 157-166.

Effendi, R. (2017). Konsep Revisi Taksonomi Bloom dan Implementasinya Pada Pelajaran Matematika SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 72-78.

Faisal,. & Maryulianty. L. (2019). Analisis Tingkat Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Numeracy, 6(1), 153-165.

Forehand, M. (2004). Bloom’s taxonomy: From Emerging Perspectives On Learning, Teaching and Technology. http://projects .coe. uga. Edu (01 September 2010).

Gek, C. B. (2017). Pengetahuan dan Pengaplikasian Kemahiran Berfikir Aras Tinggi Dalam Kalangan Guru Teknik dan Vokasional. Universiti Tun Hussein Onn Malaysia.

Gul. R., Kanwal. S., & Khan S. S. (2020). Preferences of The Teachers in Employing Revised Blooms Taxonomy in Their Instructions. Sir Syed Journal of Education & Soscial Research, 3(2), 258-266.

Halimah, S. N., & Rahmi, D. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Segi Empat dan Segitiga: Analisis Deskriptif Berdasarkan Keaktifan Belajar di MTs Bustanul Ulum. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(4), 357-366.

Hamdani, M. F., & Nurdin, E. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis berdasarkan Minat Belajar Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 275-282.

Handrianto, C., Jusoh, A. J., Goh, P. S. C., Rashid, N. A., Rahman, M. A. (2020). The Role of Teachers in Drug Abuse Prevention in Schools. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences. 10(11), 708-716.

Handrianto, C. (2013). Penerapan Pendekatan Interaktif oleh Tutor dalam Pembelajaran Paket C Pada Kelompok Binuang Sakti Kota Padang. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(2), 35-47.

Handrianto, C., & Rahman, M. A. (2018). Project Based Learning: A Review of Literature on Its Outcomes and Implementation Issues. LET: Linguistics, Literature and English Teaching Journal, 8(2), 110-129.

Handrianto, C., Salleh, S. M., & Chedi, J. M. (2020). The Correlation between Teaching-Learning Quality and Students` Motivation to Study in Yogyakarta`s Bimbel. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(4), 527-537.

Handrianto, C., & Salleh, S. M. (2019). The Environmental Factors that Affect Students from Outside Java Island to Choose Yogyakarta’s Bimbel. International Journal of Environmental and Ecology Research, 1(1), 27-32.

Handrianto, C. (2017). The Roles of Matrilineal System Towards Integrating Religious and Cultural Values in Minangkabau Community. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 5(3), 373.386.

Hasanuddin, H. (2017). Etnomatematika melayu: Pertautan antara matematika dan budaya pada masyarakat melayu Riau. Sosial Budaya, 14(2), 136-149.

Hasanuddin, H., Nurdin, E., Nufus, H., & Sari, A. (2019). Hubungan antara Mathematics Teaching Efficacy Beliefs dan Mathematics Teaching Anxiety Mahasiswa PPL Program Studi Pendidikan Matematika. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 19-29.

Kamelia, S., & Pujiastuti, H. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif-Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Regulated Learning Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(4), 385-392.

King, L. A. (2016). Psikologi Umum: Sebuah Pandangan Apresiatif. Jakarta: Salemba Humanika.

Musta`in, M., & Handrianto, C. (2020). Peranan Pengurusan Sekolah Berasrama Islam Nurul Hakim untuk Membangunkan Sumber Manusia Masyarakat Sekitar. Jurnal Penyelidikan Sains Sosial (JOSSR), 3(9), 114-123.

Novitasari, D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Materi Analisis Real Berdasarkan Taksonomi Bloom Ditinjau Dari Ranah Kognitif. MAJU, 7(2), 153-163.

Oktaviana, D., & Susiaty. U. D. (2020). Development of Test Instruments Based on Revision of Bloom’s Taxonomy to Measure the Student’s Higher Order Thinking Skills. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 21-29.

Purcell, A. (2018). Basic Biology: An Introduction. Basic Biology Limited. New Zealand ISBN Agency, National Library of New Zealand.

Ramli, R., & Prabawanto, S. (2020). Kesulitan dan Learning Obstacle Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematis berdasarkan Pemahaman Konsep Matematis. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 233-246.

Rita, Y., & Handrianto, C. (2020) Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Penerapan Nilai-Nilai Kato Nan Ampek Pada Program Paket C. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 7(1), 1-14.

Rouzi, K. S., Afifah, N., Handrianto, C., & Desmita, D. (2020). Establishing an Islamic Learning Habituation Through the Prophets’ Parenting Styles in the New Normal Era. International Journal of Islamic Educational Psychology, 1(2), 101-111.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R & D. Bandng: Alfabeta.

Suhaenah, E. (2016). Implikasi Pendidikan Kesetaraan Paket C Terhadap Peningkatan Taraf Hidup Warga Belajar Di SKB Kota Serang. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1 (1), 141-165.

Suprijanto. (2007). Pendidikan Orang Dewasa Dari Teori Hingga Aplikasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suriasumantri, J. S. (2007). Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Utari, R. (2017). Taksonomi Bloom, Apa dan Bagaimana Menggunakannya?. Widyaiswara Madya: Pusdiklat KNPK.

Wayne. D. R. (2014). Affective Domain Applications in Standards-Based Education. Unpublished Doctoral Dissertation, Liberty University.

Zulhendri, Z., & Muhandaz, R. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran dengan Pendekatan Open-ended Berdasarkan Disposisi Matematis Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(4), 335-342.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i1.12354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter