Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis berdasarkan Self Efficacy Siswa

Shinta Hestika, Zulkifli Zulkifli, Hayatun Nufus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung; (2) apakah terdapat kontribusi self efficacy terhadap kemaampuan berpikir kreatif matematis, serta (3) apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan self efficacy terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa MTs Negeri 1 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan desain the nonequivalent posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Putra MTs Negeri 1 Pekanbaru tahun ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.8 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII.10 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa, soal posttest kemampuan berpikir kreatif matematis, angket self efficacy, dan dokumentasi keterlaksanaan penelitian. Teknik analisis data menggunakan uji-t, pearson product moment dan anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa:    1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung,   2) Terdapat kontribusi self efficacy sebesar  yang artinya self efficacy memiliki kontribusi yang lemah, dan 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan self efficacy terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Full Text:

PDF

References


Anita, Anggo, M., & Arapu, L. (2017). Pengaruh Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Kendari dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2), 27–40. https://doi.org/10.36709/jppm.v3i2.3006

Aziz, M. A., Rochmad, R., & Wijayanti, K. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self Efficacy Siswa Kelas X SMK Teuku Umar Semarang dengan Model Pembelajaran Osborn. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.15294/ujme.v4i3.9050

Haryono, D. (2014). Filsafat Matematika. Alfabeta.

Himmah, N., Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self Efficacy. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 2(2).

Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-model Pembelajaran Matematika. Bumi Aksara.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud No 21 Tahun 2016. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:i99nXtvYn_4J:https://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2009/06/Permendikbud_Tahun2016_Nomor021.pdf+&cd=4&hl=id&ct=clnk&gl=id&client=firefox-b-d

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.

Lestari, R., Rahmi, D., & Risnawati, R. (2019). Pengaruh Penerapan Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 239–248. https://doi.org/10.24014/juring.v%vi%i.7664

Marsinia, W., & Rahmi, D. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 153–160. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.5424

Masnia, F., & Amir, Z. (2019). Pengaruh Penerapan Model Scaffolding terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan SElf Efficacy Siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 249–256. https://doi.org/10.24014/juring.v2i3.7675

Mossing, S. (2013). The Importance of Creative Thinking and the Arts in Education. Bowling Green State University.

Nurjannah, Z., & Irma, A. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 40 Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 227–235. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.4776

Permata, I. D., Andriani, L., & Granita, G. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Fasilitator and Explaining (SFaE) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Self Efficacy Siswa SMP di Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(4), 285–296. https://doi.org/10.24014/juring.v2i4.7784

Sternberg, R. J. (2010). Creative thinking in the classroom. Scandinavian Journal of Educational Research, 47(3), 325–338.

Sugilar, H. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematik Siswa Madrasah Tsanawiyah melalui Pembelajaran Generatif. Infinity Journal, 2(2), 156–168. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i2.p156-168

Wahyu, W., Rusmansyah, R., & Sholahuddin, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self Efficacy Siswa Menggunakan Model Creative Problem Solving pada Materi Sistem Koloid. Vidya Karya, 32(1), Article 1. https://doi.org/10.20527/jvk.v32i1.4147

Wulansari, W., Suganda, A. I., & Fitriana, A. Y. (2019). Hubungan Self-Efficacy terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP pada Materi Bangun Datar Segitiga dan Segiempat. Journal on Education, 1(3), 422–428.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i1.12025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter