Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: Eksperimen Model Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) pada Siswa MTs

Nataya Agustinova, Granita Granita

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah, sehingga diperlukan penelitian untuk menemukan alternatif pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Madrasah Tsanawiyah. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas VIII reguler putri MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Madrasah Tsanawiyah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi alternatif bagi guru untuk memilih model pembelajaran matematika guna memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa

Full Text:

PDF

References


Axelsson, M. A. (2007). The Effect on Teaching Problem-Solving Skills for Students with Learning Disabilities Using The Connected Mathematics Project. Thesis Rowan University.

Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Kelas Ix Pada Materi Bangun Datar. Supremum Journal of Mathematics Education, 2(2), 77-83. https://doi.org/10.5281/ZENODO.1405906.

Cain, J. S. (2002). An Evaluation of The Connected Mathematics Project. The Journal of Educational Research, 95(4), 224-233.

Hartono. (2019). Metodologi Penelitian : Dilengkapi Analisis Regresi dan Path Analysis dengan IBM SPSS Statistic Versi 25. Zanafa Publishing.

Kaur, B. (1997). Difficulties with Problem Solving in Mathematics. Journal of The Mathematics Educator, 2(1), 93-112.

Kurniati, L. (2017). Pembelajaran Kontekstual Open Ended Problem Solving dengan Komik Matematika untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah. Jounal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(1), 34-41.

Lappan, G., Fey, J. T., Fitzgerald, W. M., Friel, S. N., & Phillips, E. D. (2002). Getting to Know Connected Mahematics: An Implementation Guide. Prentice Hall.

Laelatunnajah, N. (2018). Pengaruh Strategi REACT terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Bagi Siswa Kelas VII SMPN 3 Pabelan Kab. Semarang. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online). 2(1), 91-105.

Lestari, K. E.,& Yudhanegara, M.R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika.Refika Aditama.

Lestari, W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematics Project Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 2(2), 245-253.

Manah, N. K., & Wijayanti, K. (2016). Analysis of Mathematical Problem Solving Ability Based on Student Learning Stages Polya on Selective Problem Solving Model. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(3), 19-26.

Muhandaz, R. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok terhadap Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII MTs Kota Padang. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 35-44. https://doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1338.

Mulyani, A., Hartanto, & Zamaili. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematics Project terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Penalaran Matematis di Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1), 118-127.

Muslim, S. R. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMA. Supremum Journal of Mathematics Education (SJME), 1(2), 88-95.

Peranginangin, S. A., & Surya, E. (2017). An Analysis of Students’ Mathematics Problem Solving Ability in VII Grade at SMP Negeri 4 Pancurbatu. International Journal of Sciences, 33(2), 57-67.

Puadi, E. F. W., & Habibie, M. I. (2018). Implementasi PBL Berbantuan GSP Software Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(1), 19-26. https://doi.org/10.30738/indomath.v1i1.2091

Purwasi, L. A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Conected Mathematics Project terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 3(4), 221-229.

Riska, R., & Mz, Z. A. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 225-233. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.643

Rismawati, R., & Komala, E. (2018). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(2), 129-136. https://doi.org/10.30738/indomath.v1i2.2770

Risnawati, Amir, Z., & Wahyuningsih, D. (2018). The Development of Educational Game as Instructional Media to Facilitate Students’ Capabilities in Mathematical Problem Solving. Journal of Physics: Conference Series, 1028, 012130. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1028/1/012130.

Rohendi, D., & Dulpaja, J. (2013). Connected Matematics Project (CMP) Model Based on Presentation Media to The Mathematical Connection Ability of Junior High School Student. Journal of Education and Practice, 4(4), 17-22.

Saygılı, D. S. (2017). Examining The Problem Solving Skills and The Strategies Used by High School Students in Solving Non-routine Problems. E-International Journal Of Educational Research, 8(2),91-114.

Schiecher, A. (2015). PISA 2015: PISA Results in Focus. OECD.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D. Alfabeta.

Sumartini, T. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270

Susanti, V. D. (2017). Profil Pemahaman Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah pada Matakuliah Matematika Smp Ditinjau dari Multiple Intelligence. Supremum Journal of Mathematics Education (SJME), 1(2), 57-67.

Syah, M. A., & Susilo, B. E. (2015). Komparasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Antara Model Pembelajaran MMP dan Pairs Check. Journal of Mathematics Education, 77-84.

Trisniawati. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Tingkat Sekolah Dasar Di Kotamadya Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 3(1), 1-10.

Wahyuningsih, Jumroh, & Lestaria N, Y. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Negeri 2 Muara Sugihan. Posiding Seminar Nasional 20 Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 211-215.

Yani, M., Ikhsan, M., & Marwan, M. (2016). Proses Berpikir Siswa Sekolah Menengah Pertama Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Ditinjau Dari Adversity Quotient. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 42–57. https://doi.org/10.22342/jpm.10.1.3278.42-57.

Yoselin, K. (2016). Komparasi Pembelajaran Matematika Dengan Model Jigsaw Dan GI Pada Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1), 33-39.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i1.11643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter