Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aulia, N. I., & Handayani, H. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar Mellaui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Jurnal Silogisme : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 3(3), 116–120.
El Husna, F., Dwina, F., & Murni, D. (2014). Penerapan Strategi React Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Batang Anai - Pdf Free Download. https://docplayer.info/49061828-Penerapan-strategi-react-dalam-meningkatkan-kemampuan-pemahaman-konsep-matematika-siswa-kelas-x-sman-1-batang-anai.html
Hudoyo, H. (1990). Strategi Belajar Mengajar Matematika. IKIP Malang.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Standar Isi pendidikan Dasar dan Menengah.
Muhandaz, R., Trisnawita, O., & Risnawati, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMK Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 137–146. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.6552
Mulyatiningsih, E. (2011). ). Metodologi Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta.
Nufus, H., Wira, C., & Kurniati, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Learning Cycle 7E terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMPN 31 Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 199–210. https://doi.org/10.24014/juring.v2i3.7730
Purnamasari, Y. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Kemandirian Belajar dan Peningkatan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Peserta Didik SMPN 1 Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(1), 209664.
Rahmat, F. L. A., Suwatno, S., & Rasto, R. (2018). Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Teams Games TournamenT (TGT): Meta analisis. Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal, 1(1), 15–23. https://doi.org/10.15408/sd.v1i1.9518
Ranti, F., & Kurniati, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa berdasarkan Self-Efficacy Siswa SMP/MTs. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(1), 021–030. https://doi.org/10.24014/juring.v3i1.9013
Rohmah, E. A., & Wahyudin, -. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Game Online Terhadap Pemahaman Konsep Dan Penalaran Matematis Siswa. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(2), 126–143. https://doi.org/10.17509/eh.v8i2.5135
Sari, A., & Yuniati, S. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 71–80. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.49
Slavin, R. E. (2009). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Nusa Media.
Sudjana, N. (2004). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algessindo.
Sumiati, S., & Sumartono, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matriks (Studi Kasus pada Siswa Kelas X-G Program Keahlian RPL SMK Senopati Sedati Sidoarjo). Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 5(1), 8–13. https://doi.org/10.25139/sm.v5i1.452
Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i1.5057
Taniredja, T., Miftah Faridli, E., & Harmianto, S. (2013). Model-model pembelajaran inovatif dan efektif. Alfabeta.
Usman, U. (2009). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. PT Remaja Rosda Karya.
Veloo, A., Md-Ali, R., & Chairany, S. (2016). Using Cooperative Teams-Game-Tournament in 11 Religious School to Improve Mathematics Understanding and Communication. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 13(2), 97–123.
Warsono, & Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif. PT Remaja Rosda Karya.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i1.11334
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: