Pengaruh Penerapan Metode IMPROVE terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika Siswa SMP/MTs

Nurul Syafitri, Arnida Sari, Depriwana Rahmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode IMPROVE terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari pengetahuan awal matematika siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian factorial experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 21 Pekanbaru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.8 sebagai kelas eksperimen yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode IMPROVE dan kelas VII.9 sebagai kelas kontrol yang mengikuti pembelajaran konvensional. Instrumen tes yang digunakan adalah soal uraian untuk mengukur pengetahuan awal matematika dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah perlakuan diberikan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji anova dua arah  (two way anova). Berdasarkan hasil analisis data  dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode IMPROVE dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memiliki pengetahuan awal matematika tinggi, sedang, dan rendah. 3) Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan pengetahuan awal matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Full Text:

PDF

References


Antika, M. S., Andriani, L., & Revita, R. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 118–129.

Azis, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperaitf Tipe Snowball Throwing (ST) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Pengetahuan Awal Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 13 Makassar [Skripsi]. UIN Alauddin Makasar.

Fitri, I., Agustin, S., Rahmi, D., & Fitraini, D. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kampar Kiri Tengah. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 42–53.

Happisari, R. (2012). Pembelajaran Dengan Metode Improve Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Vii A Smp Negeri 1 Karangmoncol [Skripsi].UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO]. http://repository.ump.ac.id/6678/

Kadir, & Masi, & L. (2017). Penggunaan Konteks dan Pengetahuan Awal Matematika dalam Pembelajaran Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 52–66.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.

Masitoh, O. L. D. (2014). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Improve Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Aritmetika Sosial Siswa Kelas Viia Smp Bany Khozin Karangsono Bangsalsari Tahun Ajaran 2009/2010. http://repository.unej.ac.id /handle/123456789/23027

Miftahul, H. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Pustaka Pelajar.

Millah, S. I., Purnomo, B., & Faizin, A. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Materi SPLDV Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Improve. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 5(2), 42–50. https://doi.org/10.25139/sm.v5i2.748

NCTM. (2017). NCTM Principles and Standards for School Mathematics, Full Edition (PDF)—National Council of Teachers of Mathematics. https://www.nctm.org/store/Products/NCTM-Principles-and-Standards-for-School-Mathematics,-Full-Edition-(PDF)/

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Masmedia Buana Pustaka.

Suyono, & Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran dan Konsep Dasar. PT.Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i4.10605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter