Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran dengan Pendekatan Open-ended Berdasarkan Disposisi Matematis Siswa
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abdussakir. (2018). Literasi matematis dan upaya pengembangannya dalam pembelajaran di kelas. Seminar Pendidikan Matematika.
Agustini, R. Y., Suryadi, D., & Jupri, A. (2017). Construction of open-ended problems for assessing elementary student mathematical connection ability on plane geometry. Journal of Physics: Conference Series, 895, 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012148
Aliah, S. N., & Bernard, M. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah berbentuk cerita pada materi segitiga dan segiempat. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 111–118. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v6i2.9325
Bernard, M., & Chotimah, S. (2018). Improve student mathematical reasoning ability with open-ended approach using VBA for powerpoint. AIP Conference Proceedings, 2014(1), 20013.
ES, Y. R., & Harta, I. (2014). Keefektifan pendekatan open-ended dan CTL ditinjau dari hasil belajar kognitif dan afektif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 113–126. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.2669
Hendriana, H., Rohaeti, E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Reflika Aditama.
Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dari perspektif minat belajar? JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 141–148. https://doi.org/10.24014/juring.v3i1.9597
Koriyah, V. N., & Harta, I. (2015). Pengaruh open-ended terhadap prestasi belajar , berpikir kritis dan kepercayaan diri siswa SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 95–105.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Metode penelitian matematika. Reflika Aditama.
Mahmudi, A., & Saputro, B. A. (2016). Analisis pengaruh disposisi matematis, kemampuan berpikir kreatif dan persepsi pada kreativitas terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Musharafa, 5(3), 205–212. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.276
Mardaleni, D., Noviarni, N., & Nurdin, E. (2018). Efek Strategi Pembelajaran Scaffolding terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 236. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.5668
NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics.
Nurdin, E. (2012). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematis siswa melalui pendekatan visual thinking: kuasi-eksperimen pada siswa salah satu MTs Negeri di Tembilahan. Universitas Pendidikan Indonesia.
Nurdin, E., Herlina, R., Risnawati, & Granita. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis pendekatan open-ended untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 21–31. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26486/jm.v4i1.500
Nurdin, E., Nufus, H., & Hasanuddin. (2018). Pengaruh pendekatan visual thinking terhadap kemampuan koneksi matematis. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 17–26.
Nurdin, E., Saputri, I. Y., & Kurniati, A. (2020). Development of comic mathematics learning media based on contextual approaches. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 8(2), 85–97. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jipm.v8i2.5145
OECD. (2018). Pisa 2015 result in focus. OECD, 2015. https://doi.org/10.1596/28293
Purwasih, R., & Bernad, M. (2018). Pembelajaran diskursus multi representasi terhadap peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis mahasiswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 43. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.13589
Sugiyono. (2013). Penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif dan kualitatif dan r&d. Alfabeta.
Sumarmo, U. (2010). Berpikir dan disposisi matematik: apa, mengapa dan bagaimana dikembangkan oada peserta didik. FMIPA UPI.
Suyatno. (2009). Menjelajah pembelajaran inovatif. Masmedia Buana Pustaka.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i4.10518
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: