Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Memfasilitasi Kemamapuan Pemecahan Masalah matematis pada Materi Barisan dan Deret Kelas XI SMA

Badrulaini Badrulaini, Zulkarnain Zulkarnain, Kartini Kartini

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi terkendalanya pengembangan perangkat pembelajaran matematika sebagai sarana penunjang pembelajaran pada Kurikulum 2013.Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran (silabus, RPP dan LKPD) pada materi barisan danderetSMA kelas XI dengan pembelajaran berbasis masalah yang memenuhi kriteria valid dan praktis, untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Perangkat pembelajaran dikembangkan denganmodel 4-D yaitu tahap define, design, developdan desseminate. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen validitas berupa lembar validasi untuk menilai kelayakan silabus, RPP dan LKPD serta instrumen praktikalitas berupa lembar pegamatan aktivitas guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis masalah dan angket respon peserta didik untuk menilai kepraktisan LKPD. Hasil validasi para ahli menyatakan bahwa produk yang dikembangkan mencapai kategori sangat valid dengan rata-rata penilaian untuk silabus 89,38%, RPP 90,46%dan LKPD 89,72%.Artinya perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat diujicobakan. Perangkat pembelajaran dinilai sangat praktis pada uji coba kelompok kecil dengan rata-rata respon peserta didik 85,71% dan uji coba kelompok besar dari lembar pengamatan aktivitas guru 93,06%berada pada kategori sangat baik sertarata-rata angket respon peserta didik 88,32% berada pada kategori sangat praktis.

Full Text:

PDF

References


Afriyani, L., Zulkarnain, L., & Nufus, H. (2017). The Development of Mathematic’s Learning Tools of VIII Grade Based on Curriculum 2013 on The Quadratic Equation Subject. Proceedings of the UR International Conference on Educational Sciences (URICES), 1, 229–234. https://fkip.unri.ac.id/wp-content/uploads/2017/11/Proceeding-of-The-1st-URICES.pdf

Ahmad, M., & Asmaidah, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik untuk Membelajarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 373–384. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.326

Anisa, W. N. (2015). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik melalui pembelajaran pendidikan matematika realistik untuk peserta didik SMP Negeri di Kabupaten Garut. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 1(1), 73–82. https://doi.org/10.37058/jp3m.v1i1.147

Arends, R. I. (2012). Learning to teach (9th ed.). McGraw-Hill.

Atika, N., Roza, Y., & Murni, A. (2020). Development of Learning Tools by Application of Problem Based Learning Models to Improve Mathematical Communication Capabilities of Sequence and Series Materials. Journal of Educational Sciences, 4(1), 62–72. https://doi.org/10.31258/jes.4.1.p.62-72

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Pembinaan SMA.

Dian Kristanti, S. J. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model 4-D Untuk Kelas Inklusi sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa. MAJU, 4(1), 38–50.

Fitria, R., Hutapea, N. M., & Zulkarnain, H. Z. H. (2020). Development of Mathematics Learning Devices by Applying Problem Based Learning to Increase Students Mathematical Solving Skills of Class VII Junior High School. Journal of Educational Sciences, 4(2), 368–379. https://doi.org/10.31258/jes.4.2.p.368-379

Frisnoiry, S. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Membelajarkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematik melalui Pendekatan Matematika Realistik Di SMP N 7 Binjai [Masters, UNIMED]. https://doi.org/10/9.%208106172019%20Bab%20I.pdf

Gunawan, G. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika SMP berbasis konstruktivisme. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 47–56. https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14054

Guswinda, G., Yuanita, P., & Hutapea, N. M. (2019). Improvement of Mathematical Problem Solving and Disposition Ability of MTs Students through StrategiesThink Talk Write in Cooperative Learning in Kuantan Singingi Regency. Journal of Educational Sciences, 3(3), 377–389. https://doi.org/10.31258/jes.3.3.p.377-389

Heleni, S., & Zulkarnain, Z. (2017). Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada Bidang Studi Matematika di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Kota Pekanbaru Tahun Pelajaran 2016/2017. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(1), 43–54. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v5i1.265

Heleni, S., & Zulkarnain, Z. (2018). The Influence of Mathematical Thinking Ability with Modified MOORE Method on Learning Outcomes of Basic Mathematic II Chemical Education Students. Journal of Educational Sciences, 2(2), 33–41. https://doi.org/10.31258/jes.2.2.p.33-41

Jufri, W. N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Serta Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning: Penelitian Kuasi Eksperimen pada Kelas VII di Salah Satu SMP Negeri di Kota Padang Tahun Ajaran 2016/2017 [Thesis (Masters), Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/30312/

Kartika, Y., Hutapea, N. M., & Kartini, K. (2020). Mathematical Learning Development using Discovery Learning Model to Improve Mathematical Understanding Skills of Students. Journal of Educational Sciences, 4(1), 124–132. https://doi.org/10.31258/jes.4.1.p.124-132

Khayati, F., Sujadi, I., & Saputro, D. R. S. (2016). Pengembangan Modul Matematika untuk Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada Materi Pokok Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMP. 14.

Mahanani, L. G., & Murtiyasa, B. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Aljabar Berbasis TIMSS Pada Siswa SMP Kelas VIII. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/7594

Muhsin, Johar, R., & Nurlaelah, E. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis melalui Pembelajaran

dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Peluang, 2(1), Article 1. http://jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/view/5590

Murtikusuma, R. P. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Problem-Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Untuk Siswa Kelas XI SMK Materi Barisan dan Deret. Saintifika, 17(2). https://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF/article/view/2733

Novrini, N., Siagian, P., & Surya, E. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Visual Thinking dalam Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.24114/paradikma.v8i3.3364

Nurhadi. (2004). Pembelajaran Konstekstual dan Penerapannya dalam KBK. UM Press.

Nurhayati, F., Widodo, J., & Soesilowati, E. (2015). Pengembangan LKS Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pokok Bahasan Tahap Pencatatan Akuntansi Perusahaan Jasa. Journal of Economic Education, 4(1), Article 1. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jeec/article/view/6834

Putrawan, A. A., Prof. Dr. I Gusti Putu Suharta, M. S., & Prof. Drs. Sariyasa, M. S. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Scientific Berbantuan Geogebra dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jppm.v3i1.1139

Putri, A., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Development of Learning Tools with the Discovery Learning Model to Improve the Critical Thinking Ability of Mathematics. Journal of Educational Sciences, 4(1), 83–92. https://doi.org/10.31258/jes.4.1.p.83-92

Rafianti, I., Anriani, N., & Iskandar, K. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dalam mendukung kemampuan abad 21. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 123–138. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol3no2.2018pp123-138

Rahmiati, R., Musdi, E., & Fauzi, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 267–272. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.314

Revita, R. (2017). Validitas Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing. Suska Journal of Mathematics Education, 3(1), 15–26. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i1.3425

Riadi, A., & Retnawati, H. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Meningkatkan HOTS pada Kompetensi Bangun Ruang Sisi Datar. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 126–135. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9074

Rianti, R., Saragih, S., & Zulkarnain, Z. (2020). Development of Mathematics Learning Tools in the Context of Riau Malay Culture to Improve Students Mathematical Problem Solving Ability. Journal of Educational Sciences, 4(1), 73–82. https://doi.org/10.31258/jes.4.1.p.73-82

Rochmad. (2011). Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. UNNES.

Rochmad, R. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59–72. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i1.2613

Roliza, E., Ramadhona, R., & Rosmery, L. (2018). Praktikalitas Lembar Kerja Siswa pada Pembelajaran Matematika Materi Statistika. Jurnal Gantang, 3(1), 41–45. https://doi.org/10.31629/jg.v3i1.377

Sa’dun Akbar. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Suarman, S., Hendripides, H., & Hikmah, N. (2018). Development of Innovative Teaching Materials through Scientific Approach. Journal of Educational Sciences, 2(2), 14–22. https://doi.org/10.31258/jes.2.2.p.14-22

Suhandri, S., & Sari, A. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Kontekstual Terintegrasi Nilai Keislaman untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 131–140. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.8255

Sukardi. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. PT. Bumi Aksara.

Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i1.5057

Ulya, H. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. JURNAL KONSELING GUSJIGANG, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.561

Yulius, B., Irwan, I., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Pembelajaran Penemuan dengan Masalah Open Ended Untuk Peserta Didik SMA Kelas X Semester 2. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 279–286. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.316




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i4.10454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter