Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Memfasilitasi Kemamapuan Pemecahan Masalah matematis pada Materi Barisan dan Deret Kelas XI SMA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afriyani, L., Zulkarnain, L., & Nufus, H. (2017). The Development of Mathematic’s Learning Tools of VIII Grade Based on Curriculum 2013 on The Quadratic Equation Subject. Proceedings of the UR International Conference on Educational Sciences (URICES), 1, 229–234. https://fkip.unri.ac.id/wp-content/uploads/2017/11/Proceeding-of-The-1st-URICES.pdf
Ahmad, M., & Asmaidah, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik untuk Membelajarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 373–384. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.326
Anisa, W. N. (2015). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik melalui pembelajaran pendidikan matematika realistik untuk peserta didik SMP Negeri di Kabupaten Garut. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 1(1), 73–82. https://doi.org/10.37058/jp3m.v1i1.147
Arends, R. I. (2012). Learning to teach (9th ed.). McGraw-Hill.
Atika, N., Roza, Y., & Murni, A. (2020). Development of Learning Tools by Application of Problem Based Learning Models to Improve Mathematical Communication Capabilities of Sequence and Series Materials. Journal of Educational Sciences, 4(1), 62–72. https://doi.org/10.31258/jes.4.1.p.62-72
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Pembinaan SMA.
Dian Kristanti, S. J. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model 4-D Untuk Kelas Inklusi sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa. MAJU, 4(1), 38–50.
Fitria, R., Hutapea, N. M., & Zulkarnain, H. Z. H. (2020). Development of Mathematics Learning Devices by Applying Problem Based Learning to Increase Students Mathematical Solving Skills of Class VII Junior High School. Journal of Educational Sciences, 4(2), 368–379. https://doi.org/10.31258/jes.4.2.p.368-379
Frisnoiry, S. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Membelajarkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematik melalui Pendekatan Matematika Realistik Di SMP N 7 Binjai [Masters, UNIMED]. https://doi.org/10/9.%208106172019%20Bab%20I.pdf
Gunawan, G. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika SMP berbasis konstruktivisme. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 47–56. https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14054
Guswinda, G., Yuanita, P., & Hutapea, N. M. (2019). Improvement of Mathematical Problem Solving and Disposition Ability of MTs Students through StrategiesThink Talk Write in Cooperative Learning in Kuantan Singingi Regency. Journal of Educational Sciences, 3(3), 377–389. https://doi.org/10.31258/jes.3.3.p.377-389
Heleni, S., & Zulkarnain, Z. (2017). Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada Bidang Studi Matematika di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Kota Pekanbaru Tahun Pelajaran 2016/2017. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(1), 43–54. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v5i1.265
Heleni, S., & Zulkarnain, Z. (2018). The Influence of Mathematical Thinking Ability with Modified MOORE Method on Learning Outcomes of Basic Mathematic II Chemical Education Students. Journal of Educational Sciences, 2(2), 33–41. https://doi.org/10.31258/jes.2.2.p.33-41
Jufri, W. N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Serta Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning: Penelitian Kuasi Eksperimen pada Kelas VII di Salah Satu SMP Negeri di Kota Padang Tahun Ajaran 2016/2017 [Thesis (Masters), Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/30312/
Kartika, Y., Hutapea, N. M., & Kartini, K. (2020). Mathematical Learning Development using Discovery Learning Model to Improve Mathematical Understanding Skills of Students. Journal of Educational Sciences, 4(1), 124–132. https://doi.org/10.31258/jes.4.1.p.124-132
Khayati, F., Sujadi, I., & Saputro, D. R. S. (2016). Pengembangan Modul Matematika untuk Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada Materi Pokok Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMP. 14.
Mahanani, L. G., & Murtiyasa, B. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Aljabar Berbasis TIMSS Pada Siswa SMP Kelas VIII. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/7594
Muhsin, Johar, R., & Nurlaelah, E. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis melalui Pembelajaran
dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Peluang, 2(1), Article 1. http://jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/view/5590
Murtikusuma, R. P. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Problem-Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Untuk Siswa Kelas XI SMK Materi Barisan dan Deret. Saintifika, 17(2). https://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF/article/view/2733
Novrini, N., Siagian, P., & Surya, E. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Visual Thinking dalam Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.24114/paradikma.v8i3.3364
Nurhadi. (2004). Pembelajaran Konstekstual dan Penerapannya dalam KBK. UM Press.
Nurhayati, F., Widodo, J., & Soesilowati, E. (2015). Pengembangan LKS Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pokok Bahasan Tahap Pencatatan Akuntansi Perusahaan Jasa. Journal of Economic Education, 4(1), Article 1. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jeec/article/view/6834
Putrawan, A. A., Prof. Dr. I Gusti Putu Suharta, M. S., & Prof. Drs. Sariyasa, M. S. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Scientific Berbantuan Geogebra dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jppm.v3i1.1139
Putri, A., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Development of Learning Tools with the Discovery Learning Model to Improve the Critical Thinking Ability of Mathematics. Journal of Educational Sciences, 4(1), 83–92. https://doi.org/10.31258/jes.4.1.p.83-92
Rafianti, I., Anriani, N., & Iskandar, K. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dalam mendukung kemampuan abad 21. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 123–138. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol3no2.2018pp123-138
Rahmiati, R., Musdi, E., & Fauzi, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 267–272. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.314
Revita, R. (2017). Validitas Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing. Suska Journal of Mathematics Education, 3(1), 15–26. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i1.3425
Riadi, A., & Retnawati, H. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Meningkatkan HOTS pada Kompetensi Bangun Ruang Sisi Datar. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 126–135. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9074
Rianti, R., Saragih, S., & Zulkarnain, Z. (2020). Development of Mathematics Learning Tools in the Context of Riau Malay Culture to Improve Students Mathematical Problem Solving Ability. Journal of Educational Sciences, 4(1), 73–82. https://doi.org/10.31258/jes.4.1.p.73-82
Rochmad. (2011). Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. UNNES.
Rochmad, R. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59–72. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i1.2613
Roliza, E., Ramadhona, R., & Rosmery, L. (2018). Praktikalitas Lembar Kerja Siswa pada Pembelajaran Matematika Materi Statistika. Jurnal Gantang, 3(1), 41–45. https://doi.org/10.31629/jg.v3i1.377
Sa’dun Akbar. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Suarman, S., Hendripides, H., & Hikmah, N. (2018). Development of Innovative Teaching Materials through Scientific Approach. Journal of Educational Sciences, 2(2), 14–22. https://doi.org/10.31258/jes.2.2.p.14-22
Suhandri, S., & Sari, A. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Kontekstual Terintegrasi Nilai Keislaman untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 131–140. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.8255
Sukardi. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. PT. Bumi Aksara.
Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i1.5057
Ulya, H. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. JURNAL KONSELING GUSJIGANG, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.561
Yulius, B., Irwan, I., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Pembelajaran Penemuan dengan Masalah Open Ended Untuk Peserta Didik SMA Kelas X Semester 2. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 279–286. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.316
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i4.10454
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: