Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII.5 SMPN 4 Mandau

Sri Devi Kurniasari, Elfis Suanto, Titi Solfitri

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika dengan menerapkan model discovery learning (DL). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII5 SMPN 4 Mandau pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri atas 20 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Instrumen pada penelitian ini terdiri atas perangkat pembelajaran yang meliputi silabus, RPP dan LKPD dan instrumen pengumpulan data yang meliputi lembar pengamatan dan lembar tes hasil belajar matematika. Lembar pengamatan berfungsi untuk memperoleh data proses pembelajaran berupa data aktivitas guru dan peserta didik dan dianalisis secara kualitatif deskriptif, sedangkan tes hasil belajar matematika berfungsi untuk memperoleh hasil belajar dan dianalisis secara kuantitatif statistik deskriptif. Peserta didik lebih berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran serta terlatih membangun pengetahuannya sendiri sehingga pembelajaran lebih bermakna dan melekat diingatan peserta didik. Data yang diperoleh dari tes hasil belajar matematika peserta didik menunjukkan bahwa persentase peserta didik yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) aspek pengetahuan dari skor dasar ke penilaian harian I dan dari penilaian harian I ke penilaian harian II masing-masing meningkat, yaitu dari 31,25%, menjadi 46,87%, kemudian 65,62%. Persentase peserta didik yang mencapai KKM aspek keterampilan dari penilaian harian I ke penilaian harian II mengalami peningkatan, yaitu dari 40,62% menjadi 59,38%. Dari analisis data tersebut, maka disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan Hasil Belajar Matematika peserta didik kelas VII5 SMPN 4 Mandau.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman, Muhammad. 2016. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ismah, Ismah, dan Venni Herli Sundi. 2018. “Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Labschool FIP UMJ.” FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika 4(2):161–69. doi: 10.24853/fbc.4.2.161-169.

Kartika, Yuni, Nahor Murani Hutapea, dan Kartini Kartini. 2020. “Mathematical Learning Development Using Discovery Learning Model to Improve Mathematical Understanding Skills of Students.” Journal of Educational Sciences 4(1):124–32. doi: 10.31258/jes.4.1.p.124-132.

Putri, Anike, Yenita Roza, dan Maimunah Maimunah. 2020. “Development of Learning Tools with the Discovery Learning Model to Improve the Critical Thinking Ability of Mathematics.” Journal of Educational Sciences 4(1):83–92. doi: 10.31258/jes.4.1.p.83-92.

Rahayu, Iin Puji, dan Agustina Tyas Asri Hardini. 2019. “Penerapan

Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Tematik.” Journal of Education Action Research 3(3):193–200.

doi: 10.23887/jear.v3i3.17369.

Rahmiati, Rahmiati, Edwin Musdi, dan Ahmad Fauzi. 2017. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 6(2):267–72. doi: 10.31980/mosharafa.v6i2.314.

Roestiyah. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Suhada, Rihwan, Irdam Idrus, dan Kasrina Kasrina. 2019. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning.” Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi 3(1):32–40. doi: 10.33369/diklabio.3.1.32-40.

Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar Dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i1.10351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter