Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-B SMP PGRI Pekanbaru Tahun Pelajaran 2019/2020

Rima Rahmawati, Susda Heleni, Armis Armis

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP PGRI Pekanbaru semester genap tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Instrumen penelitian terdiri dari perangkat pembelajaran dan instrumen pengumpul data. Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS). Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah lembar pengamatan dan tes hasil belajar matematika. Data dari lembar pengamatan dan data dari tes hasil belajar matematika dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran mengalami perbaikan dari siklus I ke siklus II, terlihat dari pencapaian  hasil belajar matematika siswa pada aspek pengetahuan dan keterampilan. Data dari tes hasil belajar siswa menunjukkan bahwa  persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) meningkat dari 10 siswa (33,33%) ke 16 siswa (53,33%)  pada siklus I dan 20 siswa (66,67%) pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat memperbaiki proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-B SMP PGRI Pekanbaru  tahun pelajaran 2019/2020 pada materi Teorema Phytagoras.

Full Text:

PDF

References


Abidin. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Refika Aditama.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Aris, S. (2014). 68 Model pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-ruzz Media.

Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Gava Media.

Hamid, M. (2017). Model-Model Pembelajaran. Kemendikbud.

Kunandar. (2014). Penelitian Autentik. Raja Grafindo Persada.

Lubis, M. A., & Azizan, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di SMP Muhammadiyah 07 Medan Perjuangan Tahun Pelajaran 2018/2019. Logaritma : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 6(02), 150–163. https://doi.org/10.24952/logaritma.v6i02.1282

Paloloang, M. F. B. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran di Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1), Article 1. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/3232

Permendikbud Nomor 22 tahun 2016. (2016). Kemendikbud.

Sanjaya, W. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Kencana Prenadamedia Group.

Savitri, R. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 4 Malang melalui Problem Based Learning (PBL) pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel. [Skripsi]. Universitas Negeri Malang.

Suryabrata. (2010). Metodologi Penelitian. Rajawali Press.

Tim Direktorat Pembinaan SMP. (2017). Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Kemendikbud.

Virnando, M. S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII5 SMP Negeri 4 Pekanbaru. [Skripsi]. Universitas Riau.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i4.10218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter