PANTI ASUHAN SEBAGAI ALTERNATIF PEMBINAAN AKHLAK ANAK
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelian ini adalah untuk melihat proses pelaksanaan pembinaan akhlak dipanti asuhan Al Ghasiyah, apa program yang telah dilaksanakan dan melhat apa yang menjadi faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan pembinaan akhlak anak pada panti Al ghasiyyah. Model penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berfokus pada menympulkan proses anlisis deduktif dan induktif. Dengan hadirnya panti asuhan Al Ghasiyah sebagi alternatif pembinaan akhlak anak bisa di katakan berhasil, karena sebagian dari pembina sudah melaksanakan tugas nya dengan baik, dan di lihat juga dari Metode yang dilakukan oleh pembina panti asuhan Al-Ghasiyah seperti pemberian contoh teladan yang baik, menampilkan dan mengajarkan perilaku sesuai nilai yang berlaku. Menjadi catatan sekaligus perbaikan yakni dari segi pembelajaran agar lebih kreatif dan inovatif untuk membuat rancangan yang khusus mengenai pembinaan akhlak anak.
Kata kunci: Panti Asuhan, Pembinaan Akhlak, Anak
Abstract
The aim of this research is to look at the process of implementing moral development at the Al Ghasiyah orphanage, what programs have been implemented and to see what factors inhibit and support the implementation of moral development for children at the Al Ghasiyyah orphanage. The research model uses qualitative with a descriptive approach. Focuses on concluding the deductive and inductive analysis process. With the presence of the Al Ghasiyah orphanage as an alternative for developing children's morals, it can be said to be successful, because some of the coaches have carried out their duties well, and it can also be seen from the methods used by the Al-Ghasiyah orphanage coaches, such as providing good role models, showing and teach behavior according to applicable values. It is a note as well as an improvement, namely in terms of learning, to be more creative and innovative in making special plans regarding the development of children's morals.
Keywords: Orphanage, Moral Development, Children
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, A. M. (2019). Peran Pengasuh Panti Asuhan Membentuk Karakter Disiplin dalam Meningkatkan Kecerdasan Intrapersonal Anak. An-Nisa, 11(1), 354–363. https://doi.org/10.30863/an.v11i1.302
admin dinsos. (2018). LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA). Dinsos@bulelengkab.Go.Id. https://dinsos.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/lembaga-kesejahteraan-sosial-anak-lksa-93
Admin, W. K. B. (2024). KPAI Dorong Kesepahaman dan Kerjasama Semua Pihak atas Perlindungan Anak. https://bantulkab.go.id/berita/detail/6652/kpai-dorong-kesepahaman-dan-kerjasama-semua-pihak-atas-perlindungan-anak.html
Afriani, O., M. Salam, M. S., & Usmanto, H. (2021). Peran Panti Asuhan Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Anak Asuh. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 539–551. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1929
Azwar, S. (2009). Sikap Manusia Teori Dan Pengukurannya. Liberty.
Firmansyah, F., & Sovitriana, R. (2021). Penyesuaian Diri pada Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan. Psikologi Kreatif Inovatif, 1(1), 25–31.
Haris, M., Hendrayani, M., & Nurhijjah, H. (2023). PEMBERDAYAAN KELUARGA LANSIA MELALUI PROGRAM BINA KELUARGA LANSIA (BKL) DI KAMPAR. TATHWIR: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 14(1), 1–8.
Haris, M., Mas’od, M. M., Mandasari, Y. D., Fatimah, F., & Anshori, A. M. (2024). Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Pemberdayaan Masyarakat Oleh Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Sapik Aceh Selatan. TATHWIR: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 15(1), 27–44.
Imam Ghazali Masyukur, A. H. dan M. F. (2014). Al Mumayyaz (Al Qur’an dan Terjemahan). Cipta Bagus Segara.
Jannah, M. (2021). Konsep Bimbingan Konseling Islam Dalam Meningkatkan Moral Remaja. IDEALITA: Jurnal Pendidikan Dan Sosial ….
Jurnal, , Islam, K., Masyarakat, P., Islam, U., Mahmud, N., & Batusangkar, Y. (2022). Masyarakat Madani PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI NAGARI SIMANAU KECAMATAN TIGO LURAH KABUPATEN SOLOK Irwandi, Yefni, Reni Susanti, Kekanwil, Irma Sari. Jurnal Masyarakat Madani, 7(2), 77–93.
Kurnia Illahi, S. P., & Akmal, S. Z. (2018). Hubungan Kelekatan dengan Teman Sebaya dan Kecerdasan Emosi pada Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 2(2), 171. https://doi.org/10.21580/pjpp.v2i2.1854
Rianti, E., & Ifdil, I. (2018). Kemandirian Anak Panti Asuhan. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 3(2), 29. https://doi.org/10.23916/08406011
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabet.
Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jmm.v9i2.33156
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru
Email : madani@uin-suska.ac.id