MANAJEMEN PEMBERDAYAAN KADER PEMBANGUN PERADABAN ISLAMI MAHASISWA AKTIVIS MASJID SALMAN ITB

Muhammad Rifki jaelani, Agus Fakhruddin, Nurti Budiyanti, Kholish Roja Wa’dalloh

Abstract


Abstrak

 Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi tentang manajemen Pemberdayaan Kader Peradaban Mahasiswa Aktivis Masjid Salman ITB. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, bertujuan mendeskripsikan bagaimana manajemen pmberdayaan ini dilakukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Manajemen Kaderisasi Mahasiswa Aktivis Masjid Salman ITB telah dikelola dengan baik dan profesional oleh Bidang Mahasiswa Kaderisasi dan Alumni (BMKA) Salman ITB dari planning yang dimulai dari perumusan tujuan berdasar visi misi Masjid Salman diteruskan dalam bentuk strategi dan diturunkan menjadi sebuah langkah-langkah , organizing dimulai dari pengalokasian sumberdaya dan sarana prasarana, penetapan tugas dilanjut pembuatan struktur dan diberikan pengembangan pelatihan SDM , actuating dimulai dari kepemimpinan (Leadership) dan diturunkan dalam langkah instruksi kemudian disampaikan dalam bentuk komunikasi dan pemberian konseling , controling dimulai dari tipe pengawasan dilanjut dengan tahap pengawasan, lalu masuk pada proses perancangan pengawasan dan diakhiri dengan pemisahan bidang pengawasan.

 

Kata kunci: Pemberdayaan, Manajemen, Kader Peradaban, Aktivis Masjid, Mahasiswa, Salman ITB

Abstract

The purpose of this study is to explore the management of the Empowerment of Civilization Cadres of Salman Mosque ITB Activist Students. The research method used is qualitative descriptive, aimed at describing how this empowerment management is carried out. The results of the study indicate that the Management of Cadreization of Salman Mosque ITB Activist Students has been managed well and professionally by the Student Cadre and Alumni Division (BMKA) Salman ITB from planning which starts from the formulation of objectives based on the vision and mission of Salman Mosque continued in the form of strategies and broken down into steps, organizing starts from the allocation of resources and infrastructure, assignment of tasks continued with the creation of structures and given HR training development, actuating starts from leadership and is broken down into instruction steps then delivered in the form of communication and counseling, controlling starts from the type of supervision continued with the supervision stage, then enters the supervision design process and ends with the separation of supervision areas.

Keywords: Empowerment, Management, Cadres of Civilisation, Mosque Activists, Students, Salman ITB


Keywords


Empowerment, Management, Cadres of Civilisation, Mosque Activists, Students, Salman ITB

Full Text:

PDF

References


Abdullah Azzam, M. (2019). MANAJEMEN MASJID JOGOKARIYAN YOGYAKARTA SEBAGAI PUSAT KEGIATAN MASYARAKAT. Komunika: Juounal of Communication Science and Islamic Da’wah, 3(1), 197–205.

Abdurrahman. (2017). PENGEMBANGAN DESAIN DAN PENDEKATAN PERENCANAAN (PLANNING) DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Al-Tanzim, 1(2), 15–24. https://doi.org/https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i2.110

Ali, B. (2014). Tugas dan Fungsi Dakwah dalam Pemikiran Sayyid Quthub. Jurnal Dakwah Tabligh, 15(1), 125–135. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jdt.v15i1.343

Anggriawan, B. S., Rusdianti, E., & Santoso, D. (2023). Pengaruh kompetensi, pelatihan dan kompensasi terhadap kinerja pegawai dengan komitmen afektif sebagai variabel intervening. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 48. https://doi.org/10.26623/jreb.v16i1.6397

Anwar, R. N., Wardani, L. A., & Vitriana, U. (2019). Pengelolaan Masjid Kampus Sebagai Pusat Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa di Universitas PGRI Madiun. TARLIM Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 135–140.

Arsini, Y., Handayani Siregar, S., Sya, R., & Abdillah, bi. (2023). Science and Education Journal KONSEP DASAR MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM ISLAM. Konsep Dasar Manajemen Bimbingan Dan Konseling Dalam Islam, 2(3), 656–660.

Dalmeri, D. (2014). Revitalisasi Fungsi Masjid Sebagai Pusat Ekonomi Dan Dakwah Multikultural. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 22(2), 321–350. https://doi.org/10.21580/ws.22.2.269

Drajat, M. (2016). Manajemen Pengorganisasian Dalam Pendidikan Islam. Tafhim Al-’Ilmi, 8(1), 91–102. https://doi.org/10.37459/tafhim.v8i1.2936

Ermawati, Aisyah, S., Delastri, I., Syarif, I., & Anwar, K. (2024). DIRECTING KOORDINATING DALAM PERSFEKTIF ISLAM. Jurnall Inovasi Pendidikan, 6(1), 52–61.

Farida, A. (2014). “Islamisasi Sains dan Sintifikasi Islam”: Model Manajemen Pemberdayaan di Masjid Salman ITB Bandung. Harmoni, 13(Vol. 13 No. 1 (2014): Januari-April 2014), 36–51.

Handoko, Y. (2023). Disiplin dan nilai-nilai religius dalam membentuk perilaku tagguh dan tanggung jawab. Indonesian Journal of Islamic Religious Education (INJIRE), 1(2), 201–213.

Haris, M. (2019). Problematika Pemberdayaan Masyarakat Miskin. Jurnal At-Taghyir: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat Desa, 2(1), 46–63.

Imani, I. N., & Fakhruddin, A. (2023). Manajemen Masjid Berbasis Keterlibatan Masyarakat Lintas Etnis pada Komunitas Tionghoa. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 22(2), 169–186. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v22i2.11878

Latifah, E., Abidin, Y. Z., & Sulthonie, A. A. (2017). Manajemen Strategik Rumah Amal Salman dalam Meningkatkan Fundraising Zakat. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 2(1), 68–85. https://doi.org/10.15575/tadbir.v2i1.152

M Ihsanudin, N., & Rudini. (2021). ANALISIS PERAN ORGANISASI MAHASISWA MASJID DALAM MEMAKMURKAN MASJID (STUDI KASUS PADA MASJID ULUL AZMI UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA). Ath-Thariq, 05(01), 31–44. https://doi.org/https://doi.org/10.32332/ath_thariq.v5i1.2371

Maemunatun, M. (2022). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 9, 70–72. https://doi.org/10.30595/pssh.v9i.655

Maktumah, L., & Minhaji. (2020). Prophetic Leadership dan Implementasinya dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(April), 133–147. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i2.196

Mardiyah, N. A., & Saefudin, A. (2024). Resiliensi Peserta Didik dalam Menghafalkan Materi QS Al-Ma’idah (5): 3 dan QS Al-Hujurat (49): 13 SDN Kauman Jepara. MODELING: Jurnal Program …, 11(5), 264–287.

Matondang, A. S., & Ritonga, H. J. (2023). Media Management of the Nahdlatul Ulama Da’wah Institute in Promoting Religious Moderation in the City of Padang Sidempuan. Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab Dan Dakwah, 5(1), 1–17. https://doi.org/10.32939/ishlah.v5i1.237

Mudzakky, F., & Purwanda, E. (2024). Analisis Pengelolaan Sumber Daya Manusia Di Masjid Al-Mukarromah Bekasi Selatan. 13, 321–327. https://doi.org/https://doi.org/10.32503/revitalisasi.v13i2.5892

Muhammad Imran, I., Mohd Nizam, S., & Suhaila, A. (2020). Pembangunan Remaja Masjid Masa Kini: Satu Tinjauan di Masjid Daerah Kinta, Perak [Current Development of Mosque Youth: A Study at Daerah Kinta, Perak]. BITARA International Journal of Civilizational Studies and Human Sciences, 3(3), 168–183.

Mustaqim, M., & Sofia, H. (2024). KEPIMPINAN MUFTI HARUSSANI DALAM INSTITUSI KEKELUARGAAN: ANALISIS PENDIDIKAN. Journal of Fatwa Management and Research, 29(2).

Najamunnisa, A., Darmawan, C., & Nurbayani K, S. (2018). Implementasi Model Kaderisasi Mahasiswa Untuk Membangun Karakter Unggul Di Masjid Salman. Sosietas, 7(2), 407–411. https://doi.org/10.17509/sosietas.v7i2.10357

Nurul Hidayati Murtafiah, Putri Intan Yulianti, Imam Nurjaman, & Ridwan. (2023). Konsep Dasar Struktur Organisasi. Jurnal Penelitian Progresif, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.61992/jpp.v3i1.97

Purwanto, Y., Sarbini, A., Abdullah, J., & Qadafi, A. (2019). Salman Mosque as a Center of Islamic Da’wah and Spiritual Laboratory for Campus Community. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 13(1), 1–24. https://doi.org/10.15575/idajhs.v12i1.5839

Putra, R. P., Rachmawati, I., & Cholifah, Y. W. (2021). Digital Information Media of the Salman ITB Halal Center in improving Marketing Performance of Halal Lecture Program. Mediator: Jurnal Komunikasi, 14(1), 42–53. https://doi.org/10.29313/mediator.v14i1.6992

Rambe, A. Z., Ritonga, S., & Nasution, K. (2024). Sejarah dan Fungsi Masjid Syekh Zainal Abidin di Pudun Julu, Kecamatan Batunadua, Kota Padangsidimpuan. Local History & Heritage, 4(1), 14–18. https://doi.org/10.57251/lhh.v4i1.1228

Ridwanullah, A. I., & Herdiana, D. (2018). Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Masjid. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 12(1), 82–98. https://doi.org/10.15575/idajhs.v12i1.2396

Samsirin. (2015). Konsep Manajemen Pengawasan dalam Pendidikan Islam. Jurnal At-Ta’dib, 10(2), 205–206.

Soprian Nurjanah, E., Saepudin, A., & Rachmah, H. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Program Pelatihan Kaderisasi Dasar SSC (Salman Spiritual Camp) di Masjid Salman ITB. 3, 42–51. https://doi.org/10.29313/bcsied.v3i1.5683

Sugiharto, B., & Syaifullah, M. (2023). Pengawasan dalam Perspektif Islam dan Manajemen Bambang. 7(1), 124–132. https://doi.org/https://doi.org/10.30631/iltizam.v7i1.1878

Sukma Rahayu, A., Budiyanti, N., Siti Nurhaliza, R., Khoirunnisa, Y., & Suci Fadillah, Z. (2023). Penggunaan Media Sosial Sebagai Trend Dakwah Pendidikan Islam di Era Digital Terhadap Generasi Z. Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 5(2), 56–74. https://doi.org/10.58194/pekerti.v5i2.3596

Suryani, Rindaningsih, I., & Hidayatulloh. (2023). Systematic Literature Review (SLR): Pelatiahan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan Dan Riset Ilmu Sains, 2(3), 363–370.

Syahputra, D. R., & Aslami, N. (2023). Prinsip-Prinsip Utama Manajemen George R. Terry. Manajemen Kreatif Jurnal (MAKREJU), 1(3), 51–56.

Tamuri, Ab. H. (2021). Konsep Dan Pelaksanaan Fungsi Masjid Dalam Memartabatkan Masyarakat. International Journal of Mosque, Zakat And Waqaf Management (Al-Mimbar), 1–12. https://doi.org/10.53840/almimbar.v1i1.11

Usman, A. M. (2023). Peran Masjid Kampus Dalam Melahirkan Generasi Emas Tahun 2045*. Prosiding Seminar Nasional Asosiasi Masjid Kampus Indonesia Jakarta, 12(April).

Uswatun, N., & Setiawan, M. R. (2021). Implementasi Fungsi Actuating dalam Pembinaan Santri di Pondok Pesantren. Jurnal Manajemen Dakwah, 9(1), 115–132.

Yusuf, H. sandeq, al iqlhas, I., Saputra, G. M., raditya esha, ragil rizki, & Suharyat, Y. (2022). KEPEMIMPINAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya(Religion), 1(6.11.2022), 17–28. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/religion.v1i6.15

Zahwa, R. N., & Supriadi, U. (2023). Penerapan Pembelajaran Fitrah dengan Metode Uswatun Hasanah dalam Menunjang Terciptanya Karakter Insan Kamil dalam Diri Siswa. Pendididkan Berkarakter: Fakultas Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, 6(3), 205–208.

Zarah, J. A., & Harianto, A. (2023). Memberdayakan masjid sebagai pusat pendidikan islam. 6(3), 1060–1067.

Zihad, A., Jauhari Ritonga, H., & Sei Tuan, P. (2024). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal Problematika Pengelolaan Masjid di Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan. 6, 3018–3032. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i5.2294




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jmm.v9i2.32474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  

      

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : madani@uin-suska.ac.id