MANAJEMEN PEMBERDAYAAN KADER PEMBANGUN PERADABAN ISLAMI MAHASISWA AKTIVIS MASJID SALMAN ITB
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi tentang manajemen Pemberdayaan Kader Peradaban Mahasiswa Aktivis Masjid Salman ITB. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, bertujuan mendeskripsikan bagaimana manajemen pmberdayaan ini dilakukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Manajemen Kaderisasi Mahasiswa Aktivis Masjid Salman ITB telah dikelola dengan baik dan profesional oleh Bidang Mahasiswa Kaderisasi dan Alumni (BMKA) Salman ITB dari planning yang dimulai dari perumusan tujuan berdasar visi misi Masjid Salman diteruskan dalam bentuk strategi dan diturunkan menjadi sebuah langkah-langkah , organizing dimulai dari pengalokasian sumberdaya dan sarana prasarana, penetapan tugas dilanjut pembuatan struktur dan diberikan pengembangan pelatihan SDM , actuating dimulai dari kepemimpinan (Leadership) dan diturunkan dalam langkah instruksi kemudian disampaikan dalam bentuk komunikasi dan pemberian konseling , controling dimulai dari tipe pengawasan dilanjut dengan tahap pengawasan, lalu masuk pada proses perancangan pengawasan dan diakhiri dengan pemisahan bidang pengawasan.
Kata kunci: Pemberdayaan, Manajemen, Kader Peradaban, Aktivis Masjid, Mahasiswa, Salman ITB
Abstract
The purpose of this study is to explore the management of the Empowerment of Civilization Cadres of Salman Mosque ITB Activist Students. The research method used is qualitative descriptive, aimed at describing how this empowerment management is carried out. The results of the study indicate that the Management of Cadreization of Salman Mosque ITB Activist Students has been managed well and professionally by the Student Cadre and Alumni Division (BMKA) Salman ITB from planning which starts from the formulation of objectives based on the vision and mission of Salman Mosque continued in the form of strategies and broken down into steps, organizing starts from the allocation of resources and infrastructure, assignment of tasks continued with the creation of structures and given HR training development, actuating starts from leadership and is broken down into instruction steps then delivered in the form of communication and counseling, controlling starts from the type of supervision continued with the supervision stage, then enters the supervision design process and ends with the separation of supervision areas.
Keywords: Empowerment, Management, Cadres of Civilisation, Mosque Activists, Students, Salman ITB
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah Azzam, M. (2019). MANAJEMEN MASJID JOGOKARIYAN YOGYAKARTA SEBAGAI PUSAT KEGIATAN MASYARAKAT. Komunika: Juounal of Communication Science and Islamic Da’wah, 3(1), 197–205.
Abdurrahman. (2017). PENGEMBANGAN DESAIN DAN PENDEKATAN PERENCANAAN (PLANNING) DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Al-Tanzim, 1(2), 15–24. https://doi.org/https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i2.110
Ali, B. (2014). Tugas dan Fungsi Dakwah dalam Pemikiran Sayyid Quthub. Jurnal Dakwah Tabligh, 15(1), 125–135. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jdt.v15i1.343
Anggriawan, B. S., Rusdianti, E., & Santoso, D. (2023). Pengaruh kompetensi, pelatihan dan kompensasi terhadap kinerja pegawai dengan komitmen afektif sebagai variabel intervening. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 48. https://doi.org/10.26623/jreb.v16i1.6397
Anwar, R. N., Wardani, L. A., & Vitriana, U. (2019). Pengelolaan Masjid Kampus Sebagai Pusat Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa di Universitas PGRI Madiun. TARLIM Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 135–140.
Arsini, Y., Handayani Siregar, S., Sya, R., & Abdillah, bi. (2023). Science and Education Journal KONSEP DASAR MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM ISLAM. Konsep Dasar Manajemen Bimbingan Dan Konseling Dalam Islam, 2(3), 656–660.
Dalmeri, D. (2014). Revitalisasi Fungsi Masjid Sebagai Pusat Ekonomi Dan Dakwah Multikultural. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 22(2), 321–350. https://doi.org/10.21580/ws.22.2.269
Drajat, M. (2016). Manajemen Pengorganisasian Dalam Pendidikan Islam. Tafhim Al-’Ilmi, 8(1), 91–102. https://doi.org/10.37459/tafhim.v8i1.2936
Ermawati, Aisyah, S., Delastri, I., Syarif, I., & Anwar, K. (2024). DIRECTING KOORDINATING DALAM PERSFEKTIF ISLAM. Jurnall Inovasi Pendidikan, 6(1), 52–61.
Farida, A. (2014). “Islamisasi Sains dan Sintifikasi Islam”: Model Manajemen Pemberdayaan di Masjid Salman ITB Bandung. Harmoni, 13(Vol. 13 No. 1 (2014): Januari-April 2014), 36–51.
Handoko, Y. (2023). Disiplin dan nilai-nilai religius dalam membentuk perilaku tagguh dan tanggung jawab. Indonesian Journal of Islamic Religious Education (INJIRE), 1(2), 201–213.
Haris, M. (2019). Problematika Pemberdayaan Masyarakat Miskin. Jurnal At-Taghyir: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat Desa, 2(1), 46–63.
Imani, I. N., & Fakhruddin, A. (2023). Manajemen Masjid Berbasis Keterlibatan Masyarakat Lintas Etnis pada Komunitas Tionghoa. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 22(2), 169–186. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v22i2.11878
Latifah, E., Abidin, Y. Z., & Sulthonie, A. A. (2017). Manajemen Strategik Rumah Amal Salman dalam Meningkatkan Fundraising Zakat. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 2(1), 68–85. https://doi.org/10.15575/tadbir.v2i1.152
M Ihsanudin, N., & Rudini. (2021). ANALISIS PERAN ORGANISASI MAHASISWA MASJID DALAM MEMAKMURKAN MASJID (STUDI KASUS PADA MASJID ULUL AZMI UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA). Ath-Thariq, 05(01), 31–44. https://doi.org/https://doi.org/10.32332/ath_thariq.v5i1.2371
Maemunatun, M. (2022). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 9, 70–72. https://doi.org/10.30595/pssh.v9i.655
Maktumah, L., & Minhaji. (2020). Prophetic Leadership dan Implementasinya dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(April), 133–147. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i2.196
Mardiyah, N. A., & Saefudin, A. (2024). Resiliensi Peserta Didik dalam Menghafalkan Materi QS Al-Ma’idah (5): 3 dan QS Al-Hujurat (49): 13 SDN Kauman Jepara. MODELING: Jurnal Program …, 11(5), 264–287.
Matondang, A. S., & Ritonga, H. J. (2023). Media Management of the Nahdlatul Ulama Da’wah Institute in Promoting Religious Moderation in the City of Padang Sidempuan. Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab Dan Dakwah, 5(1), 1–17. https://doi.org/10.32939/ishlah.v5i1.237
Mudzakky, F., & Purwanda, E. (2024). Analisis Pengelolaan Sumber Daya Manusia Di Masjid Al-Mukarromah Bekasi Selatan. 13, 321–327. https://doi.org/https://doi.org/10.32503/revitalisasi.v13i2.5892
Muhammad Imran, I., Mohd Nizam, S., & Suhaila, A. (2020). Pembangunan Remaja Masjid Masa Kini: Satu Tinjauan di Masjid Daerah Kinta, Perak [Current Development of Mosque Youth: A Study at Daerah Kinta, Perak]. BITARA International Journal of Civilizational Studies and Human Sciences, 3(3), 168–183.
Mustaqim, M., & Sofia, H. (2024). KEPIMPINAN MUFTI HARUSSANI DALAM INSTITUSI KEKELUARGAAN: ANALISIS PENDIDIKAN. Journal of Fatwa Management and Research, 29(2).
Najamunnisa, A., Darmawan, C., & Nurbayani K, S. (2018). Implementasi Model Kaderisasi Mahasiswa Untuk Membangun Karakter Unggul Di Masjid Salman. Sosietas, 7(2), 407–411. https://doi.org/10.17509/sosietas.v7i2.10357
Nurul Hidayati Murtafiah, Putri Intan Yulianti, Imam Nurjaman, & Ridwan. (2023). Konsep Dasar Struktur Organisasi. Jurnal Penelitian Progresif, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.61992/jpp.v3i1.97
Purwanto, Y., Sarbini, A., Abdullah, J., & Qadafi, A. (2019). Salman Mosque as a Center of Islamic Da’wah and Spiritual Laboratory for Campus Community. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 13(1), 1–24. https://doi.org/10.15575/idajhs.v12i1.5839
Putra, R. P., Rachmawati, I., & Cholifah, Y. W. (2021). Digital Information Media of the Salman ITB Halal Center in improving Marketing Performance of Halal Lecture Program. Mediator: Jurnal Komunikasi, 14(1), 42–53. https://doi.org/10.29313/mediator.v14i1.6992
Rambe, A. Z., Ritonga, S., & Nasution, K. (2024). Sejarah dan Fungsi Masjid Syekh Zainal Abidin di Pudun Julu, Kecamatan Batunadua, Kota Padangsidimpuan. Local History & Heritage, 4(1), 14–18. https://doi.org/10.57251/lhh.v4i1.1228
Ridwanullah, A. I., & Herdiana, D. (2018). Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Masjid. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 12(1), 82–98. https://doi.org/10.15575/idajhs.v12i1.2396
Samsirin. (2015). Konsep Manajemen Pengawasan dalam Pendidikan Islam. Jurnal At-Ta’dib, 10(2), 205–206.
Soprian Nurjanah, E., Saepudin, A., & Rachmah, H. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Program Pelatihan Kaderisasi Dasar SSC (Salman Spiritual Camp) di Masjid Salman ITB. 3, 42–51. https://doi.org/10.29313/bcsied.v3i1.5683
Sugiharto, B., & Syaifullah, M. (2023). Pengawasan dalam Perspektif Islam dan Manajemen Bambang. 7(1), 124–132. https://doi.org/https://doi.org/10.30631/iltizam.v7i1.1878
Sukma Rahayu, A., Budiyanti, N., Siti Nurhaliza, R., Khoirunnisa, Y., & Suci Fadillah, Z. (2023). Penggunaan Media Sosial Sebagai Trend Dakwah Pendidikan Islam di Era Digital Terhadap Generasi Z. Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 5(2), 56–74. https://doi.org/10.58194/pekerti.v5i2.3596
Suryani, Rindaningsih, I., & Hidayatulloh. (2023). Systematic Literature Review (SLR): Pelatiahan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan Dan Riset Ilmu Sains, 2(3), 363–370.
Syahputra, D. R., & Aslami, N. (2023). Prinsip-Prinsip Utama Manajemen George R. Terry. Manajemen Kreatif Jurnal (MAKREJU), 1(3), 51–56.
Tamuri, Ab. H. (2021). Konsep Dan Pelaksanaan Fungsi Masjid Dalam Memartabatkan Masyarakat. International Journal of Mosque, Zakat And Waqaf Management (Al-Mimbar), 1–12. https://doi.org/10.53840/almimbar.v1i1.11
Usman, A. M. (2023). Peran Masjid Kampus Dalam Melahirkan Generasi Emas Tahun 2045*. Prosiding Seminar Nasional Asosiasi Masjid Kampus Indonesia Jakarta, 12(April).
Uswatun, N., & Setiawan, M. R. (2021). Implementasi Fungsi Actuating dalam Pembinaan Santri di Pondok Pesantren. Jurnal Manajemen Dakwah, 9(1), 115–132.
Yusuf, H. sandeq, al iqlhas, I., Saputra, G. M., raditya esha, ragil rizki, & Suharyat, Y. (2022). KEPEMIMPINAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya(Religion), 1(6.11.2022), 17–28. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/religion.v1i6.15
Zahwa, R. N., & Supriadi, U. (2023). Penerapan Pembelajaran Fitrah dengan Metode Uswatun Hasanah dalam Menunjang Terciptanya Karakter Insan Kamil dalam Diri Siswa. Pendididkan Berkarakter: Fakultas Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, 6(3), 205–208.
Zarah, J. A., & Harianto, A. (2023). Memberdayakan masjid sebagai pusat pendidikan islam. 6(3), 1060–1067.
Zihad, A., Jauhari Ritonga, H., & Sei Tuan, P. (2024). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal Problematika Pengelolaan Masjid di Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan. 6, 3018–3032. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i5.2294
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jmm.v9i2.32474
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru
Email : madani@uin-suska.ac.id