Metode Amtsal dalam Pembelajaran menurut Perspektif Al-Quran

Tabrani Tabrani, Tabrani Muluk

Abstract


Pendidikan dalam proses pendidikan Islam tidak hanya dituntut untuk mengusai sejumlah materi yang akan diberikan kepada peserta didiknya, tetapi ia harus menguasai berbagai metode dan tehnik pendidikan guna kelangsungan transformasi dan internalisasi mata pelajaran. Keberadaan dan peranan Amtsal Al Quran terhadap penafsiran dari dalam dunia pendidikan cukup jelas dan mudah dipahami. Artinya,bahwa para pendidik dan peserta didik sangat membutuhkannya, sebab disamping memberikan informasi kepada penerimanya mengenai sesuatu yang belum pernah diketahuinya, juga dapat membantu memahami apa yang dirasa masih musykil (sulit) diterima oleh keterbatasan akal manusia.


Keywords


Kata Kunci : Metode, Amtsal, Perspektif Al-Quran

References


Abd.Rahman Dahlan, Kaidah-kaidahPenafsiran Al-Qur’an (Cet. II; Bandung: Mizan, 1998)

Abdul Mujib, IlmuPendidikan Islam, (Jakarta :Kencana, 2006)

Abdurrahman an-Nahlawi, Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, danMasyarakat, Terj.Shihabuddin, (Jakarta: GemaInsani Press, 1995)

Abu Ahmadi, StrategiBelajarMengajar, (Bandung :PustakaSetia, 2005)

AbuddinNata, Al-QurandanHadis(DirasahIslamiyahI), (Jakarta: PT Raja GrafindoPersada, 1998)

Ahmad Darbi, Ulumul Qur’an (Pekanbaru: Suska press, 2011)

Ahmad Izan, dkk.,TafsirpendidikanStudiAyat-ayatBerdimensipendidikan, (Tangerang: Shuhuf Media Insani, 2012)

Ahmad MunjinNasihdkk, MetodedanTeknikpembelajaranPendidikan Agama Islam, (Bandung: PT. RafikaAditama, 2009, cetakanpertama)

Ahmad Syadili, Ulumul Qur’an (Cet. I; Bandung PustakaSetia, 1997)

Ahmad SyadalidanAhlmlmmadRofi’i, Ulumul Qur’an II, (Bandung: PustakaSetia, 2000)

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya,2007)

Ahmad WarisonMunawwir, Kamus Al-Munawwir Arab Indonesia Terlengkap (Surabaya; PustakaProgressif, 1997)

Al-Sayuti, Jalaluddin.Al-Itqon fi Ulumil Qur’an, Juz IV. Beirut :Daar al Ifkar, t.th

ArmaiArief, PengantarIlmudanMetodologiPendidikan Islam, (Jakarta: CiputatPres, 2002)

Dahlan, Abd. Rahman.Kaidah-kaidahPenafsiran Al-Qur’an. Cet. II; Bandung: Mizan, 1998

Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemahlmannya(Semarang: PT Toha Putra, 2002)

EkoEndarmoko, TesaurusBahasa Indonesia, (Jakarta: GramediaPustakaUtama, 2006)

F.J. Monks, et.al.,PsikologiPerkembanganPengantardalamBerbagaiAspeknya, (Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1994)

Fitriah M. Suud, “Amsalal-Qur’an :SebuahKajianDalamPsikologiPendidikan Islam”, (Aceh : UniversitasSerambiMekah)

FuadKauma, Tamtsīl al-Qur‟an, MemahamiPesan-pesan Moral dalamAyat-AyatTamsil, (Yogyakarta, MitraPustaka, 2000)

John M EcholdanHasan Shadily, KamusInggris Indonesia, (Jakarta :GramediaPustakaUtama, 1995)

H.M. Arifin, IlmuPendidikan Islam: SuatuTinjauanTeoritisdanPraktisBerdasarkanPendekatanIndesipliner, (Jakarta: BumiAksara, 1994)

H. Zuhairidkk, MethodikKhususPendidikan Agama, (Surabaya: Biro IlmiyahFakultastarbiyah IAIN SunanAmpel Malang, 1981)

HadariNawawi, MetodePenelitianBidangSosial, (Yogyakarta: GadjahMada University Press, 1997)

HadawiNawawidan Mimi Martini, PenelitianTerapan(Yogyakarta: Gajah Mada University Press,1996)

Hamka, Tafsir al-Azhar, (Jakarta: PustakaPanji Mas,1994)

HarisHardiansyah, MetodePenelitianKualitatifUntukIlmu-IlmuSosial(Jakarta: SalembaHumanika, 2010)

HarunNasutiondanBakhtiarEffendy, HakAsasiManusiadalam Islam, (Jakarta: P ustakaFirdaus, 1987)

HasanLanggulung, ManusiadanPendidikanSuatuanalisisPsikologis, (Jakarta: Al- Husna, 1986)

HasanLanggulung, PendidikandanPeradaban Islam, (Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1985)

Hasbi Ash-Shiddieqy, SejarahdanPengantarIlmu Al-Quran / Tafsir, (Jakarta: BulanBintang, 1989)

Jalaluddin Al Sayuti, Al Itqon fi Ulumil Qur’an, Juz IV (Beirut ; Daar al Ifkar, t.th)

KaharMasyhur, Pokok-PokokUlumul Qur’an, (Jakarta:PTRineka Cipta,1992)

M. Dahlandkk, KamusIndukIstilahIlmiah, (Surabaya: Penerbit Target Press, 2003)

M.QuraishShihab, Wawasan Al-Qur’an,(Bandung: Mizan, 1996)

M. Zain ,Djambek, Kuliahlmlm Islam, (Jakarta: Tinta mas, 1994)

Manna Khalil al-Qattan, StudiIlmu-Ilmu Qur’an, , (penerjemah) Aisar Amir, Judulasli: Mahabits fi Ulum Al-Qur’an , (Jakarta: literaAntanusa, 1998)

Manna Khalil Al-Qattan, Studi-studi Islam Al-Qur’an (Cet. III; Bogor: PustakaLiteraAntar Nusa, 1996)

Manna Khalil Al-Qattan,StudiIlmu-ilmu Qur’an, terjMudzakirCet 13 (Jakarta :Halim Raya, 2009)

Manna’ Khalȋl al-Qattan, StudiIlmu-Ilmu Al-Qur’an, (Jakarta : PT. LiteraAntar Nusa), Cet. 5

Mardan, Al-Qur’an :SebuahPengantarMemahami Al-qur’anSecaraUtuh, (Jakarta: Penerbit, PustakaMapan, 2010)

Mestika ZEP, MetodePenelitianKepustakaan(Jakarta: YayasanObor Indonesia, 2004)

Mihtahul Huda, Interaksi Pendidikan 10 Cara Al-Qur’an Mendidik Anak, (Malang: UIN-Malang PRESS, 2008)

Moh Roqib, Kepribadian Guru, (Purwoketo: STAIN Purwoketo Press, 2011)

Muhammad Ali Ash-Shaabuuniy, StudiIlmuAlquran, (Bandung: PustakaSetia, 1991)

Muhammad Fu’ad Abd al-Baqiy, al- Mu’jam li Alfazhlmlm al-Qur’an al- Karim, (Indonesia: Dahlmlmlan, t.th)

NashruddinBaidan, TafsîrMaudhu’i, (Yogyakarta: PustakaPelajar, 2001)

NurulZuriah, MetodologiPenelitianSosialdanPendidikan(Jakarta: PT BumiAksara, 2006)

OemarMamalik, ProesBelajarMengajar ,(Jakarta : BumiAksara, 2001)

Omar Mohammad, FalsafahPendidikan Islam, (Jakarta :BulanBintang, 1979)

Omor Mohammad al-Tauomy al-Syaibany, falsafatPendidikan Islam, TerjemahanHasanLanggulung, (Jakarta, BulanBintang, 1979)

OomMukarromah, Ullumul Qur’an, (Jakarta : Raja Grafindo, 2013)

Ramayulis, IlmuPendidikan Islam, (Jakarta: KalamMulia, 2004

P. JokoSubagyo, MetodePenelitianDalamTeoridanPraktek(Jakarta: PT. Melton Putra, 1991)

Ramayulis, MetodologiPendidikan Agama Islam, (Jakarta :KalamMulia, 2008)

RamayulisdanSamsuNizar, FilsafatPendidikan Islam TelaahSistemPendidikandanPemikiran Para Tokohnya,( Jakarta : Kalammulia, 2009)

RamayulisdanSamsuNizar, FilsafatPendidikanIslam( Jakarta : Raja GrafindoPersada, 2002)

RestuKartikoWadi, AsasMetodologiPenelitian (SebuahPengenalandanPenuntunLangkah Demi LangkahPelaksanaanPenelitian)(Yogyakarta: GrahaIlmu, 2010)

RifatSyauqiNawawidan Ali M. Hasan, PengantarIlmuTafsir,(Jakarta: BulanBintang, 1998)

Rosdy roslan, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2004)

Soetomo, Dasar-dasarInteraksiBelajarMengajar, (Surabaya: Penerbit Usaha Nasional, 1993)

SutrisnoHadi, Metodologi Research, (Yogyakarta: Andi Offset, 1993)

Syahidin, Ilmu tafsir. ( Jakarta: Pustaka Panji Mas 2009)

Syahidin, MenelusuriMetodePendidikandalam Al-Qur’an, (Bandung: Alfabeta, 2009)

SyahminanZainiAnantoKusuma Seta, Wawasan Al-Qur’an tentang Pembangunan ManusiaSeutuhnya, (Jakarta: KalamMulia, 1996)

Trianto, pengantarPenelitianPendidikanBagiPengembanganProfesiPendidikandanTeangaPendidikan(Jakarta: KencanaPrenada Media Group, 2010)

Triyo Supriyatno, Humanitas Spritual dalam Pendidikan, (Malang: UIN-Malang Press 2009)

Usman, Metafora al-Qur’an dalamNilai-NilaiPendidikandanPengajaran, (Yogyakarta :Teras, 2010)

Winarno, Surakhmad, PengantarinteraksiBelajarMengajar, (Bandung : Tarsito,1998)

YuldiHendri, MutiaraTamsilDalam Al-Qur’an, (Yogyakarta :Biruni Press, 2009)

ZakiahDaradjat, IlmuPendidikan Islam, (Jakarta: BumiAksara, 1992)




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/af.v18i1.7712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office Board

Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. KH. Ahmad Dahlan, No. 94 Kode Pos : 28129.

 

Contact Person :

Khairunnas Jamal

khairunnasjamal@uin-suska.ac.id

0823 6130 7171

  

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats