Manajemen PHU (Penyelenggaraan Haji dan Umrah) Kanwil Kemenag Sumut dalam Upaya Pencegahan Penipuan Travel Haji dan Umrah

Azza Miftah Rao, M. Fachran Haikal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Kementerian Agama sebagai instansi pemerintah yang memiliki kewenangan untuk mengawasi penyelenggara perjalanan haji dan umrah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap pejabat Kemenag, biro travel, dan jamaah terdampak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kanwil Kemenag Sumut menerapkan strategi pengawasan melalui prosedur perizinan ketat, pengawasan berkala dan insidental, serta pemanfaatan aplikasi digital seperti UMRAH CERDAS dan SISKOPATUH. Pencegahan dilakukan secara preventif melalui edukasi dan koordinasi lintas sektor, serta secara represif melalui penindakan biro travel bermasalah. Kendala utama meliputi pelanggaran oleh biro tidak resmi dan rendahnya literasi digital jamaah. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan sistem pengawasan yang terintegrasi, serta memberikan kontribusi terhadap pengembangan model pengawasan yang adaptif dan responsif dalam konteks perlindungan jamaah.


Full Text:

PDF

References


Alwaly, A. (2022). EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI SISTEM PERIZINAN OPERASIONAL PENYELENGGARA PERJALANAN IBADAH UMRAH (PPIU) SECARA ELEKTRONIK TAHUN 2021 (Studi kasus Subdirektorat Perizinan, Akreditasi dan Bina PPIU Direktorat Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama RI) [Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/61996

Andrian, J., & Zarkasi, A. (2024). Pengawasan Kepala Kantor Kemenag Jambi Terhadap Perjalanan Umroh Berdasarkan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019. Limbago: Journal of Constitutional Law, 4(1), 120–131. https://doi.org/10.22437/limbago.v4i1.18757

Anwar, A. R., Rasyid, M. F. F., & Syahril, M. A. F. (2023). Kajian Yuridis Tindak Pidana Penipuan Pemberangkatan Haji dan Umrah. Jurnal Litigasi Amsir, 10(3), 209–221.

Azzahra, H., Saepuloh, U., & Yuliani, Y. (2022). Implementasi Manajemen Strategik dalam Mengoptimalkan Pelayanan Ibadah Haji di PHU Kemenag Kota Bandung. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 7(1), 85–104. https://doi.org/10.15575/tadbir.v7i1.33845

Enjang. (2020). Analisis Kriminologi Kejahatan Penggelapan Dan Penipuan Dana Umroh Oleh Biro Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh Pt.Nabila Travel Di Kota Medan. Jurnal Hukum Kaidah: Media Komunikasi Dan Informasi Hukum Dan Masyarakat, 19(2), 384–396. https://doi.org/10.30743/jhk.v19i2.2535

Fahrudin, M. I. & A. (2020). Pengaruh Pelaksanaan Pembinaan Dan Bimbingan Sosial Terhadap Perilaku Adaptif Klien Di Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 2 Budi Murni. KHIDMAT SOSIAL, Journal of Social Work and Social Service., 1 Nomor 1(April), 1–12.

Fitriani, E., Kusnadi, E., & Hasanah, N. (2024). Manajemen Bimbingan Manasik Haji Dalam Meningkatkan Kualitas Jemaah Haji Di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi. Qaulan Baligha: Jurnal Ilmu Manajemen Dakwah, 1(2), 86–96.

Hakim, M. M. (2024). Manajemen Ekonomi dan Bisnis Islam: Komodifikasi Agama dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah Perspektif Al-Qur’an. Journal of Accounting, Management, Economics, and Business (ANALYSIS), 2(2), 177–186. https://journals.eduped.org/index.php/analysis/article/view/1152

Hormuzan, D. (2020). Pengawasan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Terhadap Perusahaan Travel Haji Dan Umrah Di Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Imanah, F. D. (2017). Implementasi Manajemen Resiko Pembiayaan Dalam Upaya Meningkatkan Profitabilitas (Studi Kasus pada BPRS Khasanah Ummat Purwokerto). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 5(1 SE-Articles). https://doi.org/10.24090/jimrf.v5i1.972

Khairullah. (2021). Pembuktian Tindak Pidana Penipuan Yang Dilakukan Oleh Biro Perjalanan Umroh Di Indonesia. Program Pasca Sarjana Universitas Islam Riau Pekanbaru.

Latifah, L. K. (2023). Manajemen Konflik Pasca Penundaan Keberangkatan Ibadah Haji Di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga [Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto]. In Repository.Uinsaizu.Ac.Id. Https://Repository.Uinsaizu.Ac.Id/21189/1/Skripsi Lulu Khasna 1717103024 Fix.Pdf

Mufida, N. L. (2023). Pengawasan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (Ppiu) Oleh Bidang Penyelenggara Haji Dan Umrah (Phu) Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2022. Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Harfa Creative.

Nurfajriani, W. V., Ilhami, M. W., Mahendra, A., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2016). Triangulasi Data Dalam Analisis Data Kualitatif Wiyanda. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(17), 1–23. https://doi.org/: https://doi.org/10.5281/zenodo.13929272

Nurmasyithah. (2022). Strategi Pengawasan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh dalam Reduksi Tingkat Fraud pada Penyelenggara Travel Umrah dan Haji Khusus. UIN Ar-Raniry.

Nurmasyithah. (2022). Strategi Pengawasan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh Dalam Reduksi Tingkat Fraud Pada Penyelenggara Travel Umrah Dan Haji Khusus. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Qomaruddin, & Sa’diyah, H. (2024). Kajian Teoritis tentang Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif: Perspektif Spradley, Miles dan Huberman. Journal of Management, Accounting and Administration, 1(2), 77–84. https://doi.org/: https://doi.org/10.52620/jomaa.v1i2.93

Saifuloh, N. I. (2017). Manajemen Produksi Dan Pemasaran Kripik Singkong Dan Pisang Pada Home Industry Desa Di Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 5(2 SE-Articles). https://doi.org/10.24090/jimrf.v5i2.1000

Salleh, S. M., Hasan, A. S. M., Salleh1, N. M., Sapiai, N. S., Ghazali, S. A. M., Rusok, N. H. M., & Zawawi, M. Z. M. (2021). [Virtual Reality Technology Of Hajj Practice: An Innovation Of The Future] Teknologi Virtual Reality Amali Haji: Satu Inovasi Masa Hadapan. Jurnal Islam Dan Masyarakat Kontemporari, 22(2), 56–63. https://doi.org/https://doi.org/ 10.37231/jimk.2021. 22.2.577

Setiawan, N., & Soewarno, N. (2024). Protection of Hajj and Umrah Pilgrims from Fraud: Evidence from Indonesia. Share: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 13(1), 276. https://doi.org/10.22373/share.v13i1.22865

Sugandi. (2025). Akibat Lemahnya Pengawasan, DPR Desak Tindak Tegas Travel Nakal di Kasus Haji Ilegal. Realiatarakyat.Com. https://realitarakyat.com/2025/04/akibat-lemahnya-pengawasan-dpr-desak-tindak-tegas-travel-nakal-Di-Kasus-Haji-Ilegal/

Taufik, F. (2021). Taktik Penyidik Ditreskrimum Polda Sumbar Dalam Mengungkap Modus Operandi Tindak Pidana Penipuan Oleh Travel Biro Perjalanan Haji Dan Umroh. Unes Journal of Swara Justisia, 5(2 SE-Articles), 117–123. https://doi.org/10.31933/ujsj.v5i2.205

Wahid, Khairuddin Yarmunida, M. (2022). Strategi Perlindungan Jemaah Haji dan Umrah. Samudra Biru.

Wildan Ahmad Fisabililhaq. (2022). Tanggung Jawab Biro Travel Umrah Terhadap Calon Jemaah Pengguna Jasa Travel (Studi Pada Pt Shafwa Indonesia Wisata). Universitas Muslim Indonesia Makassar.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/af.v24i1.37268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office Board

Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. KH. Ahmad Dahlan, No. 94 Kode Pos : 28129.

 

Contact Person :

Khairunnas Jamal

khairunnasjamal@uin-suska.ac.id

0823 6130 7171

  

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats