IDEOLOGI DAN MORALITAS KEPENDIDIKAN ISLAM: Suatu Telaah Filosofis Arah Bangun Pendidikan Islam dalam Paradigma Pembebasan

Muhmidayeli Muhmidayeli

Abstract


Pendidikan berkenaan dengan keyakinan akan eksistensitas pengembangan sifat-sifat hakiki kemanusian yang sarat dengan nuansa moral. Dalam perkembangannnya kemudian, terutama setelah pendidikan telah menjadi sebuah ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri, para cendikiawan  mengelompokkannya kepada dua aliran besar, yaitu konservativisme dan liberalisme, kendatipun realitas sejarah menunjukkan bahwa aliran konservatif pun sesungguhnya adalah  liberal pada masanya, bahkan yang diakui sebagai liberalisme saat ini  juga akan menjadi konservatif dikemudian hari, sesuai dengan kondisi historisitas manusia sebagai subjek ayang terus berkembang dan berproses.

Keywords


Filosofis, Pindidikan Islam



DOI: http://dx.doi.org/10.24014/af.v2i1.3705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office Board

Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. KH. Ahmad Dahlan, No. 94 Kode Pos : 28129.

 

Contact Person :

Khairunnas Jamal

khairunnasjamal@uin-suska.ac.id

0823 6130 7171

  

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats